Bugar

Simak 7 Cara Memilih Sunblock untuk Berenang yang Harus Anda Tahu

Simak 7 Cara Memilih Sunblock untuk Berenang yang Harus Anda Tahu

MOMSMONEY.ID - Jangan lupa menggunakan sunblock saat di luar ruangan, terutama berenang. Oleh sebab itu, Anda harus mencari tahu cara memilih sunblock untuk berenang. 

Seperti yang Anda tahu bahwa sunblock bisa melindungi kulit dari paparan sinar UVA dan UVB. Apalagi, saat berenang di air yang jernih, sinar UV yang dipantulkan akan lebih kuat sehingga kulit lebih rentan terhadap kerusakan.

Sangat diharapkan sunblock dapat mengatasi masalah tersebut. Maka dari itu, pahami cara memilih sunblock untuk berenang dilansir dari anessa.id

Berenang

Baca Juga: Pesan Sekarang, Dapatkan Vocuher Diskon Sandal Fipper hingga 10% dari Promo PegiPegi

1. Gunakan Sunblock SPF Tinggi

Pertama, cara memilih sunblock untuk berenang adalah gunakan sunblock dengan SPF tinggi. Perlunya Anda tahu bahwa SPF merupakan angka yang menunjukkan seberapa efektif sunscreen dalam melindungi kulit dari sinar matahari.

Angka yang lebih tinggi menunjukkan perlindungan yang lebih baik. Pilihlah sunblock dengan SPF minimal 30 dan maksimal SPF 50 untuk menghindari false sense of security yang menyebabkan kita lupa untuk re-apply sunscreen.

2. Pilih Sunblock Water Resistant

Selanjutnya, Anda bisa memilih sunblock water resistant. Memilih sunblock yang tahan air sangatlah penting karena saat berenang, hal ini karena air dapat melunturkan sunblock yang digunakan. Jadi, pastikan sunblock yang Anda pakai tahan terhadap air dan tidak akan hilang dengan mudah saat berenang. 

Baca Juga: Gunakan Promo Traveloka Rental Mobil dengan Diskon hingga Rp 50.000

3. Pilih Sunblock Tidak Mengandung Bahan Kimia Berbahaya

Pastikan Anda memilih sunblock yang tidak mengandung bahan kimia berbahaya. Beberapa bahan kimia dalam sunblock dapat menyebabkan iritasi pada kulit atau bahkan membahayakan kesehatan.

Hindari sunscreen yang mengandung bahan-bahan berbahaya seperti Paraben, Oxybenzone, Retinyl Palmitate, dan Homosalate karena dapat menyebabkan kulit kemerahan dan iritasi.

Carilah sunblock yang mengandung bahan-bahan alami atau yang diperkaya dengan antioksidan, seperti ekstrak green tea yang dapat melindungi kulit dari radikal bebas. 

4. Pilih Sunblock Bersifat Broad-Spectrum

Cara memilih sunblock untuk berenang berikutnya adalah pilih yang bersifat broad-spectrum. Sunblock dengan label broad spectrum mampu melindungi kulit Anda dari sinar UVA dan UVB secara optimal.

Baca Juga: Nikmati Promo Diskon Traveloka Xperience Aktivitas Yogyakarta & Jawa Tengah

5. Gunakan Sunblock Secara Merata ke Seluruh Tubuh

Kemudian, Anda harus menggunakan sunblock secara merata ke seluruh tubuh. Anda juga perlu mengulangi aplikasi setelah 80 menit beraktivitas di dalam air. Hal ini demi menjaga kekuatan perlindungan UV yang diberikan oleh kulit. 

6. Pilih Sunblock yang Ramah Lingkungan

Cara memilih sunblock untuk berenang terakhir adalah pilih sunblock yang ramah lingkungan. Jika Anda hendak berenang di pantai atau laut, pilih sunscreen yang memiliki formula ramah lingkungan.

Pasalnya, beberapa bahan pada sunscreen yang tidak ramah lingkungan bisa merusak biota laut seperti terumbu karang dan ikan-ikan di dalamnya. 

Jadi, itulah beberapa cara memilih sunblock untuk berenang. Selamat mencoba!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News