Bugar

Simak 4 Cara Menghilangkan Ketombe Basah Pada Rambut Berhijab

Simak 4 Cara Menghilangkan Ketombe Basah Pada Rambut Berhijab

MOMSMONEY.ID - Berhijab ataupun tidak, ketombe basah dapat dialami oleh siapa saja. Oleh sebab itu, kenali cara menghilangkan ketombe basah di sini.

Melansir dari Very Well Health, ketombe basah adalah ketombe yang menjadi basah atau berminyak karena produksi sebum yang berlebihan di kulit kepala. 

Saat penumpukan minyak bercampur dengan kotoran dan sel kulit mati, maka saat itu ketombe basah terbentuk. 

Kelebihan sebum di kulit dan tidak keramas dengan benar menjadi penyebab utama ketombe basah. Ditambah lagi untuk Anda yang memiliki kulit berminyak dan berhijab sepanjang hari. 

Namun tidak perlu khawatir, masih ada cara untuk menghilangkannya. Mengutip dari cnfstore.com, berikut empat cara menghilangkan ketombe basah pada rambut berhijab, yaitu: 

Baca Juga: Promo Kredivo dengan Diskon Semua Produk Mister Aladin Hingga Rp 100.000

1. Pilih Shampo yang Tepat

Hal pertama yang harus dilakukan adalah memilih shampo yang tepat. Mungkin sulit untuk menentukan apakah sampo yang digunakan justru memperburuk ketombe basah sampai Anda berhenti menggunakannya.

Namun, menggunakan jenis sampo yang tepat dapat membantu mengatasi kondisi kulit kepala yang dapat menyebabkan ketombe basah.

Jika Anda memiliki kulit kepala yang sangat berminyak dan menyebabkan ketombe basah, Anda mungkin perlu keramas lebih sering. Karena akan membantu mencegah sebum menumpuk di kulit kepala penyebab ketombe basah

2. Batasi Pemakaian Hair Styling

Cara menghilangkan ketombe basah selanjutnya adalah batasi pemakaian hair styling. Jika ketombe basah terjadi karena kondisi kulit, hindari menggunakan produk penataan rambut. Bahan kimia yang digunakan dalam banyak produk penataan rambut sangat keras untuk kulit kepala.

Hal ini jelas dapat memperburuk kondisi kulit kepala dengan menyebabkan iritasi atau dermatitis kontak, yaitu ruam kulit yang disebabkan oleh kontak dengan zat tertentu.

Baca Juga: Siap-Siap Musim Hujan! Ini 5 Vitamin untuk Meningkatkan Imun Tubuh di Musim Hujan

3. Konsumsi Makanan Sehat

Kemudian, konsumsi makanan sehat. Makanan sehat dapat berperan dalam menuntaskan penyakit kulit.

Jadi jika ketombe basah disebabkan oleh dermatitis seboroik atau psoriasis, makan makanan yang sehat dapat membantu menghilangkan wet dandruff yang disebabkan oleh kondisi ini.

Batasi atau menghindari makanan olahan dan menggantinya dengan makanan utuh seperti biji-bijian, buah-buahan dan sayuran, dan protein tanpa lemak.

4. Gunakan Scrub Kulit Kepala

Cara menghilangkan ketombe basah terakhir adalah gunakan scrub kulit kepala. Meskipun tidak ada bukti klinis yang mendukung penggunaan scrub kulit kepala untuk ketombe basah, eksfoliasi kulit kepala telah populer.

Langkah eksfoliasi ini dapat mengurangi penumpukan minyak yang berlebihan dan membuang sel kulit mati berlebih di kulit kepala.

Karena produksi minyak yang berlebihan pada kulit kepala berhubungan dengan kulit kepala yang sensitif, menggunakan jenis scrub yang paling lembut adalah yang terbaik.

Pilih scrub yang mengandung sea salt, seng, atau bubuk biji kelapa sawit. Selalu konsultasi dengan dokter sebelum menggunakan scrub kulit kepala untuk menghilangkan ketombe basah.

Jadi, itulah beberapa cara menghilangkan ketombe basah pada rambut berhijab yang bisa Anda lakukan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News