Bugar

Sifat Golongan Darah O: Kelemahan dan Tokoh Terkenal Bergolongan Darah O

Sifat Golongan Darah O: Kelemahan dan Tokoh Terkenal Bergolongan Darah O

MOMSMONEY.ID - Sifat golongan darah O dikenal memiliki kepribadian eksentrik. Selain itu, mereka optimis dan dapat dengan mudah bergaul dengan semua orang. 

Setiap kali dihadapkan dengan masalah, sifat golongan darah O dapat mengontrol emosi mereka untuk menghindari hubungan negatif di antara orang lain.

Dirangkum dari laman PsychCentral, sifat golongan darah O juga visioner, fokus pada tujuan, dan memiliki rasa percaya diri yang tinggi. 

Baca Juga: Gula Darah Tinggi Bisa Picu Komplikasi, Ini 10 Buah & Sayur untuk Penderita Diabetes

Hal ini membuat mereka seringkali dianggap sombong dan menjadi salah satu sifat buruk golongan darah O. Secara umum, sifat golongan darah O yang paling menonjol adalah memiliki bakat alami sebagai pemimpin. 

Pemilik golongan darah O ahli dalam mengungkapkan pikiran dan pendapatnya secara konstruktif yang menjadikan mereka pemimpin yang baik. Di sisi lain, mereka juga kesulitan mengungkapkan perasaannya karena takut ditolak. 

Lantas, sebenarnya seperti apa hubungan antara golongan darah dengan karakter seseorang? 

Baca Juga: Kemenkes Bocorkan Cara Melakukan Diet Dash, Bisa Bikin Hipertensi Tak Berkutik

Penemuan hubungan golongan darah dan karakter seseorang 

Pada 1930-an, konsep karakter dari golongan darah pertama kali dipopulerkan oleh profesor Jepang bernama Takeji Furukawa. 

Dirangkum dari laman Science Direct, dalam sebuah studi pertamanya tentang golongan darah pada 1927, Furukawa menyimpulkan bahwa golongan darah manusia adalah salah satu penentu temperamen yang paling penting.

Baca Juga: Banyak Zat Lilin Ditemukan dalam Darah Berarti Kolesterol Tinggi, Ini Gejalanya

Menurut teori, perbedaan permukaan sel darah pada setiap golongan darah dapat menciptakan respons biologis berbeda yang membentuk kepribadian.

Furukawa menemukan bahwa mayoritas sifat golongan darah O memiliki karakteristik temperamental seperti optimis, mudah bergaul dan berkemauan keras (phlegmatic).

Baca Juga: Apa Itu Asam Urat? Simak Pengertian, Penyebab, dan Cara Mencegah Asam Urat

Sifat golongan darah O 

Dirangkum dari buku "You Are Your Blood Type" (2017) dan Gramedia menyebutkan beberapa sifat golongan darah O antara lain:

1. Independen, memiliki jiwa kepemimpian dan mental juara

Sifat golongan darah O yang memiliki jiwa kepemimpinan dan mental juara ini membuatnya banyak berada di posisi puncak dalam setiap bidang kehidupan. Entah itu dalam olahraga, bisnis, perang, bahkan ranjang. 

Baca Juga: Inilah Standar Normal Kolesterol Wanita & Pria, Cek Cara Mengatasi Kolesterol Tinggi

Sifat golongan darah O ini terobsesi untuk sukses dan mencapai posisi kekuasaan sehingga mereka paling gigih sebagai pemimpin organisasi maupun lembaga lainnya.  

Orang bergolongan darah O akan menjadi pemimpin atau bos terbaik. Mereka memiliki segala syarat yang diperlukan untuk menjadi seorang pemimpin. 

Baca Juga: Info Lengkap Tentang Asam Urat, Penyebab, dan Cara Mencegah Asam Urat

2. Berkemauan kuat dan orang yang positif

Sifat golongan darah O juga memiliki sikap kompetitif bawaan. Dorongan untuk sukses membuat orang dengan golongan darah O lebih berorientasi pada tujuan dibanding semua tipe lain. 

Mereka mulai menetapkan tujuan sejak usia muda dan mulai mencoba meraihnya dengan konsentrasi besar.

Baca Juga: Daftar 10 Makanan yang Mengandung Vitamin C Tinggi, Sudah Tahu?

3. Berpikiran logis dan berprinsip 

Sifat golongan darah O yakni berpikiran logis dan berprinsip. Sifat golongan darah O mempunyai sifat yang selalu bersemangat dalam mengejar cita–cita dan impian, sehingga membuat mereka dapat dikatakan idealis dan berprinsip.

Hal ini, sebagian orang dari golongan darah O enggan untuk meminta pendapat maupun saran dari orang lain. Orang bergolongan darah O juga merasa sangat kesal jika pendapat atau usulannya ditolak oleh orang lain. 

Mereka akan berusaha sebisa mungkin untuk membangun argumen pendukung agar pendapatnya dapat disetujui.

Baca Juga: Jangan Lengah, Simak Jenis Kanker yang Biasa Diderita Anak dan Penanganannya

4. Mudah bergaul

Mudah bergaul atau supel adalah salah satu sifat golongan darah O. Mereka biasanya merupakan orang yang ceria dan setia terhadap suatu hubungan.

Pemilik golongan darah O senang berkata jujur kepada semua orang serta mudah bergaul. Mereka tidak malu untuk berteman dengan segala tingkatan usia, baik yang tua maupun muda.

Dalam menempatkan diri di berbagai kalangan merupakan salah satu daya tarik yang mereka miliki. Oleh karena itu, tidak heran jika seseorang yang mempunyai golongan darah O memiliki banyak teman dan kehadirannya selalu dinanti oleh teman-temannya.

Baca Juga: Ini Pertanda Jika Anda Terserang Kolesterol Tinggi

5. Ambisius

Sifat golongan darah O salah satunya adalah ambisius, suka berusaha, dan tidak mudah putus asa. Mereka yang mempunyai golongan darah O tidak cepat merasa puas. 

Bahkan, terkadang mereka menganggap belum puas dengan apa yang telah mereka miliki saat ini. Selain itu, mereka juga serius dalam hal pertandingan atau kompetisi. 

Kemenangan menjadi hal “wajib” bagi golongan darah O. Oleh karena itu, mereka akan terlihat depresi dan sedih jika mengalami kekalahan.

Baca Juga: Padat Nutrisi, 5 Manfaat Bengkuang yang Telah Dibuktikan Dalam Penelitian

6. Suka menolong

Namun, salah satu kebaikan sifat golongan darah O adalah suka menolong. Golongan darah O mempunyai rasa solidaritas yang tinggi, mereka senang melakukan hal–hal yang bertujuan untuk kepentingan orang banyak. 

Mereka juga lebih sering mengesampingkan urusan pribadinya dan lebih mengutamakan kepentingan sosial. Hal ini yang membuat mereka terlihat sangat aktif di berbagai organisasi–organisasi kemanusiaan.

Baca Juga: 10 Buah dan Sayur Agar Gula Darah Tidak Melonjak, Apa Saja?

Untuk urusan berbagi, golongan darah O juga tidak pelit, terutama berbagi tentang pengetahuan. Hal tersebut yang selalu mendorongnya untuk menolong sesama dan membuat orang lain bahagia. 

7. Menyukai tantangan 

Kemudian, menyukai tantangan juga menjadi salah satu sifat golongan darah O. Dalam masalah percintaan, mereka lebih suka mengejar pasangannya serta melakukan segala pengorbanan untuk mendapatkannya.

Baca Juga: 4 Jenis Makanan Pantangan Penderita Diabetes Agar Gula Darah Tidak Melonjak

Sifat buruk golongan darah O atau kekurangannya

Meski banyak memiliki kelebihan, namun tidak bisa dipungkiri bahwa orang dengan golongan darah O juga memiliki sejumlah kekurangan. Nah, sifat buruk golongan darah O atau kekurangannya antara lain adalah: 

  • Cemburu
  • Tidak tepat waktu
  • Tidak peka dan dingin
  • Tidak dapat diprediksi
  • Egois
  • Sombong

Baca Juga: Waspada! Ini 5 Jenis Penyakit yang Sering Dialami Generasi Milenial

Tokoh dunia bergolongan darah O 

Perlu diketahui bahwa ada beberapa tokoh dunia yang bergolongan darah O. Berikut sejumlah tokoh dunia yang bergolongan darah O: 

  • Mantan Presiden Amerika Serikat, Ronald Reagan
  • Ratu Elizabeth II, Ratu Britania Raya
  • Raja Charles III, Raja Britania Raya
  • John Lennon
  • Elvis Presley

Demikian ulasan mengenai sifat golongan darah O, sifat buruk golongan darah O, dan tokoh dunia yang memiliki golongan darah O. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News