Santai

Siapkan 6 Hal Ini Sebelum Mulai Mudik Lebaran, Penting Semua Loh

Siapkan 6 Hal Ini Sebelum Mulai Mudik Lebaran, Penting Semua Loh

MOMSMONEY.ID - Penting untuk diperhatikan, persiapkan beberapa hal berikut ini sebelum mulai lakukan perjalanan mudik.

Perjalanan mudik biasanya dilakukan dalam durasi yang panjang. Maka dari itu, penting untuk menyiapkan beberapa hal-hal penting.

Ada beberapa hal penting yang perlu disiapkan sebelum mulai perjalanan jauh saat mudik Lebaran.

Apa saja? Berikut daftar hal-hal penting sebelum mudik yang telah dirangkum oleh Momsmoney:

Baca Juga: Ternyata Ini 6 Manfaat Buah Pisang Buat Kesehatan, Konsumsi Tiap Hari yuk

Uang tunai

Hal yang satu ini tentu kadang bisa terlupakan bagi yang ingin melakukan perjalanan jarak jauh. Menyiapkan uang tunai bisa menjadi hal yang mudah dilupakan karena kemudahan transaksi masa kini yang serba cashless dan hanya perlu menggunakan kartu.

Namun, tetap saja, siapkan beberapa lembar uang tunai di dompet. Sebab, tak semua tempat di Indonesia bisa menerima pembayaran secara online atau virtual.

Peralatan mengemudi

Tak hanya perlu memastikan keadaan mobil atau motor yang akan digunakan untuk mudik Lebaran. Menyiapkan beberapa peralatan mengemudi pun juga perlu untuk dilakukan.

Misalnya, menyiapkan jas hujan yang aman, payung, peralatan mengganti ban, dan juga perintilan-perintilan kecil lainnya. Tujuannya adalah untuk mempermudah perjalanan mudik sehingga menjadi aman dan lebih nyaman.

Baca Juga: 4 Tontonan Netflix Bernuansa Islami, Cocok Ditonton buat Ngabuburit

Cek kesehatan

Pastikan juga untuk mengecek kondisi kesehatan tubuh sebelum mudik. Periksa apakah tubuh sedang fit atau tidak. Jangan lupa untuk mengurangi kegiatan berat yang bisa membuat tubuh merasa lelah dan sakit.

Alhasil, mudik pun juga menjadi tidak lancar dan terbengkalai. Lakukan mudik dalam kondisi tubuh yang sehat, terutama jika menggunakan kendaraan pribadi.

Obat-obatan pribadi

Tak semua transportasi umum menyediakan peralatan obat-obatan yang memadai. Apalagi, jika memutuskan untuk mudik dengan menggunakan kendaraan pribadi. Pastikan untuk mengemas beberapa obat-obatan pribadi sebelum mudik.

Seperti minyak oles, vitamin, koyo, dan bahkan obat-obatan ringan yang bisa mengatasi mual atau sakit ringan saat di jalan. Jika sedang dalam pengawasan dokter, jangan lupa juga untuk mengemas obat-obatan seperti yang sudah diresepkan, ya.

Baca Juga: Bukan Cuma Atasi Bau Mulut Saat Puasa, Ini 4 Manfaat Obat Kumur Lainnya

Camilan

Jangan sampai lupa juga untuk menyiapkan hal yang satu ini sebelum mulai mudik, ya. Camilan juga merupakan hal penting yang bisa menunjang kenyamanan saat mudik jarak jauh. 

Siapkan beberapa jenis camilan ringan hingga berat yang mungkin dibutuhkan saat di jalan. Pastikan juga untuk mengemasnya dalam satu kontainer agar tidak kesulitan untuk mencari camilan di jalan.

Tiket

Hal utama yang perlu diperiksa dan disiapkan adalah tiket. Jika memutuskan untuk mudik dengan menggunakan transportasi umum, maka tiket perlu untuk disiapkan. 

Jangan lupa untuk mengecek kembali tanggal keberangkatan dan juga detail penting yang tertera di tiket perjalanan. Pastikan untuk menyiapkan tiket tersebut di dekat Anda, sebelum keesokan harinya digunakan.

Nah, itulah beberapa hal penting yang perlu disiapkan sebelum mulai mudik perjalanan jauh agar mudik jadi lebih lancar dan nyaman.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News