M O M S M O N E Y I D
Santai

Sering Ikut Belanja Setelah Menonton Review Influecer? Ternyata Ini Penyebabnya

Sering Ikut Belanja Setelah Menonton Review Influecer? Ternyata Ini Penyebabnya
Reporter: Sanny Cicilia  |  Editor: Sanny Cicilia


MOMSMONEY.ID - Anda sering berbelanja barang atau check-out keranjang belanja setelah menonton ulasan dari influencer? Anda tidak sendirian. 

Rupanya, sebagian besar konsumen saat ini memang terpengaruh influencer saat membuat keputusan pembelian mereka.

Pendapat ini muncul dari survei Konsultan komunikasi Vero yang bekerja sama dengan grup riset pasar dan analisis data global YouGov kepada 2.000 responden dari berbagai latar belakang demografis. Ulasan influencer ternyata menjadi pertimbangan penting bagi konsumen di Indonesia saat ini. 

Hasil dari survei tersebut menyebutkan, 94% responden mengatakan bahwa influencer telah memberikan pengaruh dalam membentuk pola perilaku dan keputusan pembelian mereka. 

Lalu sebanyak 63% responden mengatakan, alasan utama mengikuti konten seorang influencer adalah untuk mempelajari hal baru. Sebesar 58% untuk mencari informasi terkini, dan 53% untuk mencari inspirasi. 

Sementara itu, 63% responden secara aktif mencari konten yang menawarkan saran dan tips dari para ahli. Sebanyak 47% menginginkan konten edukatif, dan 41% tertarik dengan cerita influencer

"Terlihat jelas bahwa potensi besar yang dimiliki influencer dalam memengaruhi pembentukan pola pikir dan perilaku masyarakat, telah melewati batas demografi. Sebagian besar masyarakat Indonesia, terlepas dari usia, tingkat pendapatan, dan lokasi geografis, mengakui bahwa mereka dipengaruhi oleh konten dari influencer," kata Brian Griffin, CEO Vero dalam rilis resminya. 

Alasan utama mereka berinteraksi dengan influencer adalah karena konten informatif, inspiratif, dan bermanfaat. Hal ini pun membuka lebar peluang bisnis yang besar untuk bekerja sama dengan influencer

Statista memperkirakan, pengeluaran untuk pemasaran influencer mencapai Rp 5,5 triliun atau sekitar US$ 349,8 juta pada tahun 2028 nanti. Terlihat peluang besar bagi bisnis di Indonesia untuk memanfaatkan interaksi dengan para influencer agar terhubung dengan audiens mereka. 

Tim influencer Vero merekomendasikan agar perusahaan memanfaatkan potensi pemasaran influencer sebagai pilar utama dalam strategi komunikasi dan pemasaran. Konten pemasaran influencer pun harus difokuskan pada storytelling yang autentik, bukan sekadar hiburan. 

Edward Hutaosoit, General Manager di YouGov melihat, influencer berkaitan erat dengan nilai budaya Indonesia tentang kebersamaan dan kepercayaan. "Penelitian ini menyimpulkan bahwa para kreator konten digital dapat berperan sebagai pembimbing yang memberikan saran sesuai dengan keahlian individu mereka," kata dia. 

Bagi pemegang merek, bermitra dengan influencer tidak hanya menjadi taktik pemasaran, tetapi juga terhubung dengan audiens secara autentik dan menciptakan dampak yang signifikan melalui kepercayaan terhadap influencer

Agung Karmalogy, influencer yang menjadi bagian dari META Creator of Tomorrow melihat pentingnya influencer tetap relevan dengan mengadaptasi strategi konten sesuai dengan harapan dan kebutuhan konsumen yang terus berubah. Cara agar tetap relevan  yaitu dengan berinteraksi dengan para pengikut atau followers dan mempresentasikan nilai-nilai serta kehidupan sehari-hari mereka dalam konten. 

"Di Indonesia yang sangat memegang erat budaya kebersamaan, influencer yang dapat terhubung secara tulis dan memberi kontribusi pada komunitasnya akan meraih kesuksesan," kata Agung. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

TERBARU

Promo Alfamart Kebutuhan Dapur 16-31 Desember 2025, Beli 1 Gratis 1 Kaldu Sedaap

Manfaatkan promo Alfamart Kebutuhan Dapur periode 16-31 Desember 2025 untuk belanja kebutuhan dapur lebih hemat.

Senin Depan, Kesempatan Terakhir Beli Saham BBRI Jika Mengincar Dividen Rp 137

Mereka yang berhak atas dividen akan menerima pembayaran dividen interim pada 15 Januari 2026.      

Promo Alfamidi Ngartis Periode 16-31 Desember 2025, CDR-Redoxon Beli 1 Gratis 1

Cek promo Alfamidi Ngartis periode 16-31 Desember 2025 untuk Beli 1 Gratis 1 dan Beli 2 Gratis 1.   

Bank Mandiri (BMRI) Bagikan Dividen Interim, Cek Timeline Pembagiannya!

Potensi dividen yield atau tingkat pengembalian dari modal yang diinvestasikan pada saham BMRI saat ini hampir 2%.

Promo Es Krim Alfamart 16-31 Desember 2025, Campina Korean Series Beli 2 Gratis 1

Cek promo es krim Alfamart Carnaval Ice Cream periode 16-31 Desember 2025 untuk belanja es krim.    

Rekomendasi 6 Drakor Tentang Nikah Kontrak Lucu dan Manis

Jika suka cerita drakor tentang pernikahan kontrak, coba tonton beberapa rekomendasinya berikut ini.

Promo Chatime Joyful Holiyay sampai 31 Desember, Beli 2 Chatime 1 Liter Gratis Tas

Chatime hadirkan promo Joyful Holiday hingga 31 Desember. Ada paket 2 Chatime ukuran 1 liter harga spesial plus gratis tas.

Promo Go!Go!Curry Khusus Kelahiran 2000-an, Nikmati Buy 1 Get 1 sampai 24 Desember

Go!Go!Curry hadirkan promo spesial khusus anak kelahiran 2000-an. Ada penawaran Buy 1 Get 1 selama periode 22-24 Desember 2025.

Daftar HP Tahan Banting dari Infinix dengan Prosesor yang Tangguh, Cek Selengkapnya

Mencari HP tahan banting dari Infinix ada banyak nama ponsel yang mampu menghadapi benturan, cipratan, dan kondisi ekstrem yang tak terduga.

Tecno Pova 7 Bawa Fitur Menarik, Ini 9 Alasan Harus Membelinya Sebelum 2025 Berakhir

Alasan untuk membeli Tecno Pova 7 yang diluncurkan pada pertengahan 2025 karena menawarkan value yang luar biasa.