Keluarga

Selain Susu Sapi, Ini 4 Susu Terbaik untuk Menurunkan Berat Badan

Selain Susu Sapi, Ini 4 Susu Terbaik untuk Menurunkan Berat Badan

MOMSMONEY.ID - Selain susu sapi, ini 4 susu terbaik untuk menurunkan berat badan.

Menurunkan berat badan memang bukan perkara mudah bagi sebagian besar orang. Selain harus rajin berolahraga, orang-orang yang ingin menurunkan berat badan juga harus bisa menjaga pola makannya dengan baik.

Tak sekadar mengurangi karbohidrat dan memperbanyak konsumsi sayuran serta buah-buahan, sangat disarankan juga bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan untuk mengonsumsi susu. Susu telah dipelajari secara ekstensif untuk manfaat penurunan berat badan.

Selain susu sapi, ada pilihan susu lainnya yang direkomendasikan oleh ahli diet untuk membantu menurunkan berat badan. Apa sajakah itu? Dilansir dari Livestrong.com, inilah 4 susu terbaik untuk menurunkan berat badan.

Baca Juga: 4 Cara Merespons Kesalahan Anak dengan Tepat, Jangan Langsung Marah-Marah

1. Susu kedelai

Susu terbaik untuk menurunkan berat badan yang pertama adalah susu kedelai. Kendati penelitian tentang susu kedelai tidak seluas susu sapi perah, namun sebagian besar manfaat susu kedelai berpusat pada kemampuannya untuk membantu Anda merasa kenyang.

Adapun rasa kenyang tersebut berasal dari kandungan protein dalam susu kedelai yakni sekitar 7 gram protein dalam satu cangkirnya.

Anda bisa memilih produk susu kedelai tanpa pemanis dan minimal diperkaya dengan kalsium, vitamin D, serta vitamin B12 untuk manfaat terbaik.

2. Susu almond

Susu terbaik untuk menurunkan berat badan yang kedua adalah susu almond. Susu almond dikenal dengan kandungan kalorinya yang rendah. Dalam satu cangkir susu almond tanpa pemanis, terdapat sekitar 30 kalori saja.

Itulah mengapa susu almond dapat menjadi pilihan yang tepat untuk memberikan hidrasi sekaligus membantu menurunkan berat badan.

Berbeda dengan susu sapi, susu almond tidak mengandung protein yang tinggi karena hanya ada 1 gram protein saja per cangkirnya. Jadi, pastikan Anda mendapatkan cukup protein dari makanan lain saat mengonsumsi susu almond untuk menurunkan berat badan ya.

Baca Juga: 5 Ide Kegiatan Sederhana tapi Bermakna untuk Merayakan Natal bersama Keluarga

3. Susu kelapa

Susu terbaik untuk menurunkan berat badan yang ketiga adalah susu kelapa. Susu kelapa bisa menjadi alternatif susu nabati yang bagus untuk dikonsumsi saat Anda sedang menjalankan program menurunkan berat badan.

Hal ini dikarenakan kandungan lemak dalam susu kelapa mampu membuat Anda merasa kenyang dengan jumlah kalori yang minimal.

Cocok dijadikan sebagai alternatif non-susu yang bagus untuk krimer kopi tradisional, pastikan produk susu kelapa yang Anda pilih benar-benar berlabel susu kelapa siap minum dan bukan santan untuk masak ya.

4. Susu kambing

Susu terbaik untuk menurunkan berat badan yang keempat adalah susu kambing. Memiliki profil nutrisi yang mirip dengan susu sapi, susu kambing mengandung banyak protein dengan jumlah kalsium yang sama.

Meskipun demikian, susu kambing kekurangan vitamin B12, B6, dan asam folat dalam jumlah yang cukup dibandingkan dengan susu sapi.

Beberapa orang mungkin mampu mencerna susu kambing lebih baik daripada susu sapi. Menurut penelitian tahun 2017 di Korean Journal for Food Science of Animal Resources, fenomena tersebut tidak ada hubungannya dengan laktosa karena susu kambing dan susu sapi sama-sama mengandung laktosa. Yang membedakan adalah susu kambing memiliki protein A1 dengan jumlah yang lebih kecil dibandingkan susu sapi.

Itulah 4 susu terbaik untuk menurunkan berat badan selain susu sapi. Sebagai variasi, Anda juga bisa memilih susu nabati lainnya yang terbuat dari biji rami, oat, serta beras karena rendah kalori dan sangat bagus untuk hidrasi. Namun, selalu ingat bahwa sebagian besar susu nabati memiliki protein yang rendah sehingga Anda harus mencukupi asupan protein Anda dengan mengonsumsi makanan tinggi protein.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News