Keluarga

Selain dari Indonesia, Inilah 5 Makanan Khas Asia Tenggara yang Wajib Anda Cicipi

Selain dari Indonesia, Inilah 5 Makanan Khas Asia Tenggara yang Wajib Anda Cicipi

MOMSMONEY.ID - Bikin ngiler, inilah makanan khas Asia Tenggara yang wajib Anda cicipi

Hampir seluruh wilayah Asia Tenggara memiliki makanan yang mirip satu sama lain.

Namun, ada pula sederet makanan khas Asia Tenggara yang jadi ciri khas dan wajib Anda coba ketika berkunjung ke negara tersebut. Berikut daftarnya:

Banh Xeo dari Vietnam

Banh Xeo dari Vietnam

Banh xeo atau vietnamese pancake merupakan salah satu makanan khas Asia Tenggara selanjutnya yang wajib Anda cicipi ketika berkunjung ke negara tersebut.

Baca Juga: Bikin Pusing hingga Mual, Ternyata Ini 6 Makanan Paling Bau di Dunia Selain Durian

Melansir dari The Broad Life, pancake tipis nan renyah ini terbuat dari campuran tepung beras, santan, dan bubuk kunyit. Adonan ini akan dimasak di atas teflon dan akan diisi aneka makanan seperti daging babi, udang, cumi, jamue, dan tauge.

Banh xeo paling lezat disantap bersama saus yang terbuat dari campuran gula, saus ikan, bawang putih cincang, perasan lemon, dan sambal.

Som Tum dari Thailand

Som Tum dari Thailand

Saat Anda sedang berkunjung ke Thailand, jangan lupa cicipi makanan yang satu ini. Ada som tum si rujak buah khas Thailand yang akan bikin dahi sedikit berkerut.

Baca Juga: Dijamin Super Pedas, Ini Dia 6 Jenis Sambal Khas Nusantara yang Wajib Dicoba

Mirip dengan rujak buah ala Indonesia, Som Tum menggunakan bahan-bahan seperti pepaya hijau yang dilengkapi kacang asin, tomat ceri, perasan jeruk lemon, gula merah, dan berkuah pedas asam.

Semua bahan ini nantinya ditumbuk hingga hancur dan disajikan bersama nasi ketan. Makanan khas Asia Tenggara ini biasa disantap saat cuaca sedang panas.

Amok dari Kamboja

Amok dari Kamboja

Saat berkunjung ke Kamboja, Anda wajib mencicipi Amok, salah satu makanan khas Asia Tenggara yang terbuat dari ikan.

Baca Juga: 7 Jenis Beras di Seluruh Dunia, Punya Warna dan Bentuk yang Unik

Amok trei atau fish amok adalah hidangan kari ikan kukus yang dianggap sebagai hidangan nasional khas negeri tersebut. Amok dari daging ikan dilumuri kuah kari kental dan dikukus cukup lama. Amok biasanya disajikan bersama nasi di atas daun pisang.

Hidangan populer khas Kamboja ini dapat dengan mudah ditemui di berbagai restoran serta acara khusus seperti festival.

Hot Chili Crab dari Singapura

Hot Chili Crab dari Singapura

Hot chili crab, makanan khas Asia Tenggara yang berasal dari Singapura sudah sangat terkenal di kalangan penduduk lokal maupun turis.

Baca Juga: Mengenal 8 Jenis Sate Indonesia dari Berbagai Penjuru Daerah, Sudah Coba Semua?

Hidangan klasik khas Singapura ini mengombinasikan daging kepiting dengan saus sambal dan saus tomat segar yang memberi rasa unik pedas lagi gurih ke dalam hidangan.

Kepiting dikukus terlebih dahulu sebelum akhirnya digoreng bersama saus sambal. Masyarakat Singapura biasa mengonsumsi hot chili crab bersama bakpao serta sayuran.

Kuih Bahulu dari Malaysia

Kuih Bahulu dari Malaysia

Baca Juga: Tak Ada di Negara Lain, Ini Dia 5 Jenis Teh Asli Indonesia yang Bisa Anda Coba

Jangan lupa cicipi kuih bahulu saat sedang berkunjung ke Malaysia! Makanan khas Asia Tenggara berupa kue mungil ini punya tekstur renyah dan bentuk yang khas karena dimasak di dalam cetakan khusus.

Melansir dari Norma Paradise, kuih bahulu secara umum terbagi menjadi 3, yakni bahulu gulung, bahulu cermai, dan bahulu lapis. Ketiga jenis kue bolu ini paling mudah ditemui di toko Malaysia.

Itulah berbagai makanan khas Asia Tenggara yang wajib Anda cicipi ketika berkunjung ke masing-masing tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News