Bugar

Sederet Faktor Tinggi Risiko Kanker Lambung yang Perlu Anda Ketahui

Sederet Faktor Tinggi Risiko Kanker Lambung yang Perlu Anda Ketahui

MOMSMONEY.ID - Kanker lambung masih belum diketahui pasti penyebabnya. Sebelumnya, kenali terlebih dahulu penjelasan kanker lambung berikut ini.  

Kanker lambung adalah penyakit yang disebabkan akibat munculnya sel abnormal yang tidak terkendali. Perubahan ini membuat sel abnormal muncul dan tumbuh secara tidak terkendali.  

Dilansir dari Cancer Care dan Very Well Fit, ada beberapa penyebab kanker lambung yang perlu diwaspadai, antara lain:  

Baca Juga: Wajib Dicoba! Ini Cara Efektif dan Aman Mengatasi Asam Lambung Naik

1. Infeksi bakteri

Penyebab kanker lambung yang perlu diketahui pertama adalah infeksi bakteri. Waspada terhadap paparan infeksi yang dialami.  

Infeksi Helicobacter pylori yang tidak diatasi dengan baik dapat meningkatkan risiko kanker lambung terutama di bagian bawah perut.   

2. Kebiasaan merokok dan minum alkohol

Penyebab kanker lambung yang perlu diketahui kedua adalah kebiasaan merokok dan minum alkohol. Mengonsumsi alkohol secara berlebihan bisa meningkatkan risiko kanker lambung.  

Selain itu, seseorang dengan kebiasaan merokok memiliki risiko lebih tinggi mengalami kanker lambung dibandingkan orang yang tidak merokok.  

3. Riwayat keluarga dengan kanker lambung

Penyebab kanker lambung yang perlu diketahui ketiga adalah memiliki keluarga yang beriwayat kanker lambung.   

Jika Anda memiliki riwayat keluarga dekat mengalami kanker lambung, Anda berisiko lebih tinggi mengalami penyakit serupa.

Baca Juga: Ketahui Ini Sederet Manfaat Buah Zaitun Jika Dimakan Langsung

4. Pola diet yang kurang tepat

Penyebab kanker lambung yang perlu diketahui keeempat adalah pola diet yang kurang tepat. Banyak manfaat yang bisa dirasakan ketika menjalankan pola diet sehat.

Sebaiknya tanyakan langsung pada dokter untuk mengetahui jenis diet yang tepat untuk kesehatan Anda agar terhindar dari berbagai gangguan kesehatan.

5. Obesitas

Penyebab kanker lambung yang perlu diketahui terakhir adalah obesitas. Sebaiknya waspada terhadap kondisi berat badan yang berlebihan.  

Obesitas dikaitkan dengan peningkatan risiko munculnya sel kanker pada bagian atas perut dekat dengan kerongkongan.  

Itulah beberapa penyebab kanker lambung yang perlu Anda ketahui.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News