Keluarga

Sebelum Ke Korea Selatan, Ini Cara Ajukan Visa Online!

Sebelum Ke Korea Selatan, Ini Cara Ajukan Visa Online!

MOMSMONEY.ID - Maraknya industri hiburan Korea Selatan yang digandrungi oleh penduduk Indonesia tentu membuat minat berlibur ke negara ginseng ini meningkat. Lalu bagaimana cara mengajukan visa untuk liburan ke Korea Selatan?

Meskipun sama-sama negara di Asia, sayang sekali Korea Selatan belum menerapkan bebas visa bagi warga negara Indonesia. Sehingga Anda harus mengurus visa untuk masuk ke Korea Selatan. 

Baca Juga: Mengenal Visa Hallyu, Visa Spesial untuk Para Pencinta Budaya Korea Selatan

Saat ini cara pengajuan visa Korea Selatan bisa dilakukan dengan mengisi formulir elektronik pada link ini. Nah dokumen yang perlu dipersiapkan adalah scan paspor Indonesia, foto diri digital, biaya aplikasi visa dan dokumen lain seperti surat undangan atau bukti hubungan keluarga jika Anda datang karena undangan instansi atau keluarga serta kerabat. 

Jika sudah mengajukan aplikasi visa Korea Selatan secara online dengan cara di atas, nantinya Anda akan mendapatkan konfirmasi. Jika berhasil, visa akan bisa Anda unduh untuk bukti kedatangan di Korea Selatan.

Nah jenis visa ke Korea Selatan yang bisa Anda akses adalah:

  • Visa single entry memiliki masa berlaku 3 bulan dan hanya bisa digunakan untuk satu kali kunjungan
  • Visa double entry memiliki masa berlaku 6 bulan dan hanya bisa digunakan dua kali kunjungan
  • Visa multiple entry adalah jenis visa untuk melakukan kunjungan masuk tanpa batas
  • Visa jangka pendek adalah izin tinggal di Korea Selatan selama 90 hari
  • Visa jangka panjang adalah izin tinggal di Korea Selatan lebih dari 91 hari

Baca Juga: Kabar Baik Bagi Penggemar K-Pop dan Drakor, Korea Selatan Rilis Visa Hallyu

Jenis visa ini akan mempengaruhi biaya aplikasi visa yang akan dikenakan. Untuk visa single entry kurang dari 90 hari biaya yang ditetapkan sebesar US$ 40, single entry lebih dari 91 hari US$ 60, double entry US$ 70 dan multiple entry US$ 90. 

Demikian informasi syarat mengurus visa untuk liburan ke Korea Selatan. Jika Anda hanya liburan dalam waktu singkat kurang dari 90 hari maka siapkan anggaran sebesar US$ 40 ya Moms untuk aplikasi visa ke Korea Selatan!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News