Santai

Savior Complex Suka Bantu Orang Lain Walau Tak Diminta, Ini Ciri Lainnya

Savior Complex Suka Bantu Orang Lain Walau Tak Diminta, Ini Ciri Lainnya

MOMSMONEY.ID - Apakah Anda pernah merasa punya keinginan untuk selalu membantu orang lain walau tak diminta? Itu merupakan salah satu tanda dari savior complex loh.

Keinginan kuat untuk bisa menolong semua orang dan bisa diandalkan oleh orang lain bisa memiliki citra apik bagi diri sendiri.

Namun, ternyata keinginan tersebut bukanlah sesuatu yang baik jika dilakukan terus menerus.

Keinginan untuk selalu menolong orang ini secara terus menerus disebut dengan savior complex.

Baca Juga: Sebelum Mulai Tidur Telanjang, Perhatikan 5 Hal Berikut Ini ya

Savior complex merupakan suatu kondisi di mana seseorang selalu ingin membantu orang lain tanpa mempertimbangkan kondisinya sendiri.

Seperti yang disampaikan oleh seorang psikolog, Dr. Maury Joseph pada laman Heatlh Line, kondisi savior complex ini bisa menimbulkan tendensi fantasi seseorang.

Di mana penderitanya merasa bahwa di luar sana ada seseorang yang bisa membuat keadaan menjadi lebih baik, dan ia merasa bahwa itu adalah tugasnya.

Laman Psychology Today juga menyatakan bahwa kondisi savior complex ini merupakan sebuah konstruksi psikologi manusia di mana adanya keinginan yang kuat bagi seseorang untuk menyelamatkan orang lain.

Biasanya orang orang yang mengalami savior complex ini akan melakukan segala cara untuk membantu siapa pun yang meminta pertolongan.

Baca Juga: 5 Tips Mudah Meningkatkan Public Speaking, Bisa Dilatih Sendiri

Bahkan ekstremnya, mereka rela memberikan segala sesuatu miliknya untuk membantu orang lain yang dirasa membutuhkan bantuannya.

Orang dengan savior complex cenderung memiliki keinginan untuk bisa menemukan solusi atas permasalahan orang lain.

Parahnya, mereka akan merasa bersalah jika tidak dapat menolong dan membantu mengatasi masalah tersebut.

Ciri lain dari savior complex ini adalah adanya rasa tertarik untuk mendekati dan membantu orang yang memiliki banyak masalah.

Mereka juga percaya bahwa keberadaan mereka bisa mempengaruhi dan mengubah seseorang menjadi lebih baik.

Baca Juga: Sudah Kenal Ayurveda Belum? Pengobatan Tradisional Asal India Kuno

Kondisi ini juga bisa mempengaruhi mood seseorang. Rasa bersalah karena gagal membantu orang lain bisa memicu munculnya emosi yang tak terduga seperti frustasi, depresi, dan kehilangan kontrol diri.

Kondisi savior complex dalam jangka panjang bisa membawa seseorang pada kondisi burn out.

Burn out adalah kondisi saat mereka merasa kewalahan atas kondisinya sendiri serta keinginannya yang tak terbendung untuk membantu orang lain secara total.

Jika pernah mengalami kondisi tersebut, ada baiknya untuk menemui para profesional untuk mendapatkan perawatan yang tepat.

Itulah tadi penjelasan singkat tentang apa itu savior complex dan tanda-tanda dari gangguan tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News