HOME, Bugar

Sadari! 4 Dampak Lingkungan Terhadap Kulit Wajah

Sadari! 4 Dampak Lingkungan Terhadap Kulit Wajah

MOMSMONEY.ID - Perlu disadari bahwa lingkungan memiliki pengaruh pada kesehatan kulit. Setiap hari, Anda tentu akan terpapar lingkungan sekitar yang beberapa dampaknya bisa merusak kulit.

Paparan lingkungan yang dimaksud seperti polusi, paparan sinar UV, rokok dan ruangan ber-AC. Oleh karena itu, Anda perlu memahami efek buruk dan cara mengatasinya. Berikut penjelasannya untuk Anda dilansir dari id.oriflame.com, yaitu: 

1. Paparan Sinar UV

Dampak paparan sinar UV dari matahari yang berlebihan memberikan efek buruk untuk kulit. Efek buruk akibat sinar UV berpengaruh pada elastin dan kolagen pada kulit, menyebabkan munculnya kerut dan kekenduran pada kulit.

Efek buruk lainnya yaitu warna kulit yang memudar dan bintik gelap - segalanya tentang tanda penuaan dini. 

Oleh karena itu, pentingnya menggunakan sunscreen dengan SPF setiap harinya. Kemudian, jangan lupa untuk mengaplikasikan kembali sunscreen pada kulit. Untuk sehari-hari, pilih krim yang mengandung SPF 15 ke atas.

2. Polusi

Dampak polusi seperti debu dan emisi gas dapat merusak kesehatan tubuh secara topikal dengan memeberi dampak buruk pada kulit dan secara internal saat Anda menghirupnya. Seperti sinar UV, polutan merusak kulit, menyebabkan kekeringan dan penuaan dini. 

Polusi memiliki pengaruh besar pada kulit Anda. Jika Anda tinggal di kota besar, sulit untuk menghindari polusi, jadi sebaiknya memulai kebiasaan perawatan kulit yang baik.

Bersihkan kulit pagi dan malam untuk menghapus makeup dan penumpukan minyak serta kotoran, dilanjutkan dengan pemakaian produk yang bekerja mengatasi kekeringan dan kekusaman.

Baca Juga: Dapatkan Kupon Diskon Traveloka hingga Rp 150.000 Semua Produk Xperience

3. Rokok

Asap rokok memiliki dampak yang sangat buruk untuk kesehatan kulit Anda. Bahkan sebagai perokok pasif, Anda punya resiko kerusakan kulit yang hampir sama. Aktif maupun pasif, sama-sama bisa merusak kulit.

Seperti pengaruh buruk lingkungan lainnya, merokok menyebabkan penuaan dini dan lebih keriput. Hal ini juga akan membuat kulit Anda kehilangan cahaya dan meninggalkannya kusam dan abu-abu. Sebaiknya tinggalkan kebiasaan merokok dan mulai hidup sehat.

4. Pendingin dan Penghangat Ruangan 

Pendingin dan penghangat ruangan memberi pengaruh yang kurang baik untuk kulit Anda. Udara panas ataupun dingin buatan menurunkan tingkat kelembaban sehingga dapat membuat kulit terasa kering, ruam dan bersisik.

Oleh karena itu, Anda memerlukan produk skincare yang bisa menjaga hidrasi kulit seperti krim mata, serum wajah dan pelembab. Jangan lupa untuk selalu minum air putih juga!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News