MOMSMONEY.ID - Ninja Xpress, salah satu perusahaan logistik di Indonesia telah melakukan riset mengenai "Suara UKM Negeri Vol. 3" yang bekerja sama dengan Geopost. Studi ini dilakukan pada lebih dari 1.500 pembeli online dan melalui wawancara mendalam pada 65 pembeli online.
Tak hanya membahas tentang masa depan pembelanja online. Melalui riset ini, didapatkan seperti apa karakter kelompok pembelanja aktif (e-shopaholics).
Head of Trade Marketing Ninja Xpress, Subarkah Dwipayana mengatakan, hasil ini didapatkan dari hasil survei mendalam terhadap 65 pembeli online. "Kami coba mengklasifikasikan 4 karakter atau 4 jenis e-shopaholics ini. Ada apa saja? Ada impressionable, invested, savvy dan loyal, " terang Subarkah.
Subarkah menerangkan, karakter pembeli impressionable adalah mereka yang keputusan pembeliannya dipengaruhi oleh media sosial dan influencer. Dari hasil riset pada 1.500 peserta, 91% dari para e-shopaholics membeli dari rekomendasi influencer dan brand yang mereka ikuti di media sosial.
Kedua, pembeli Invested adalah mereka yang menghabiskan waktu untuk meriset produk dan membaca ulasan di berbagai platform. Hasil riset menunjukkan, tiga kategori teratas yang dibeli oleh para e-shopaholics adalah kecanntikan dan perawatan kesehatan, fashion, dan elekktronik.
Ketiga, jenis pembeli savvy adalah mereka yang sering berbelanja online, di berbagai kategori produk dan sangat mahir menggunakan berbagai jenis platform.
Keempat, Loyal merupakan jenis e-shoppaholics yang memiliki standar lebih tinggi dibandingkan pembelanja online lainnya.
"Kalau loyal ini, dia akan stick ke satu brand atau produk. Dia akan mengikuti. Biasanya pemikirannya atau analisisnya tidak terlalu mendalam," terang Subarkah.
Baca Juga: Cara Membagikan Profil Threads di Instagram Story biar Diikuti Banyak Orang
Subarkah pun mengatakan, penting bagi pelalku usaha UKM untuk menggetahui karakter para e-shopaholics ini. "Tujuannya unntuk kita tahu mana pasa dan apa yang bisa kita lakukan terhadap pembeli online ini," katanya.
adapun, solusi yang bisa dilakukan untuk mendapatkan para pemmbeli online aktif ini antara lain: bagi impressionable merek harus memiliki strategi media sosial yang kuat, tampil berbeda dari yang lain dengan konten media sosial dan penggunaan influencer.
Bagi pembeli invested, brand harus membangun reputasi dan memberikan pelayanan yang terbaik bagi pelanggan untuk mendapatkan bintang 5, mulai dari ketepatan barang hingga kecepatan pengemasan.
Bagi pembeli Savvy, adalah menggunakan multi platform dan menggunakan berbagai platfform untuk memastikan semua pelanggan mendapatkan akses membeli produk.
Untuk mereka yang loyal, meningkatkan berbagai aspek mulai dari situs website yang baik, pengiriman cepat dan lainnya
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News