Santai

Rebahan di Kasur Terus Ternyata Bahaya, Kenali Gangguan Clinomania

Rebahan di Kasur Terus Ternyata Bahaya, Kenali Gangguan Clinomania

MOMSMONEY.ID - Suka tidur dan rebahan terlalu lama di kasur ternyata bisa dikaitkan dengan gangguan tidur, loh.

Apakah Anda salah satu orang yang sangat suka menghabiskan waktu di kasur? Suka rebahan berjam-jam dengan nyaman di kasur?

Kondisi yang nyaman di atas kasur, bisa membuat orang enggan melakukan aktivitas di luar ruangan terutama saat sedang musim dingin.

Jika Anda mengalami hal serupa, bisa jadi Anda mengalami gangguan tidur yang disebut dengan clinomania.

Baca Juga: Tim Mandi Air Panas atau Dingin? Sudah Tahu Beda Manfaatnya Belum?

Laman Psychology Today menjelaskan, clinomania adalah keinginan yang kuat atau obsesi untuk tidur dan menghabiskan waktu di atas kasur.

Kondisi tersebut bisa memicu munculnya kelainan atau ketagihan pada tidur yang di mana hal tersebut ditandai dengan sikap atau tindakan dari seseorang yang terlalu banyak tidur.

Orang dengan clinomania tak hanya memiliki keinginan kuat untuk tidur saja, namun juga tidak sanggup untuk bangun dari atas kasur karena keinginan yang kuat tersebut.

Penelitian dari Rhode Island Medical Journal menyebutkan, clinomania adalah perilaku kumpulsif untuk tetap berada di atas kasur.

Kumpulsif merupakan istilah yang digunakan sebagai ukuran seseorang mengalami ketagihan atau tanda-tanda perilaku yang berlebihan.

Laman Marie Claire, menjelaskan bahwa kondisi tersebut memang belum disadari secara medis, tapi kebanyakan orang-orang yang mengalami kondisi tersebut memiliki gejala yang sama.

Baca Juga: Meski Tak Biasa, Ternyata Ini 4 Manfaat Tidur Telanjang Buat Kesehatan

Dalam penelitian tersebut, orang-orang dengan clinomania atau orang-orang yang ketagihan tidur diminta untuk menjelaskan perasaan mereka ketika bangun tidur di pagi hari.

Jika jawaban yang diberikan adalah seperti membuat stres, merasa cemas, memusingkan, dan hal-hal negatif muncul di kepala, maka hal tersebut bisa dikaitkan dengan gejala clinomania.

Tanda-tanda clinomania itu disebabkan karena ada banyak pikiran akan ketakutan yang terjadi tentang dunia luar dan membuat orang tersebut memutuskan untuk tetap berada di dalam rumah, tepatnya di atas kasur saja untuk tidur sehari penuh.

Selain itu, tanda lain dari seseorang yang mengalami clinomania adalah munculnya perasaan butuh tidur secara konstan hingga menyebabkan orang tersebut menjadi ketagihan tidur.

Kesulitan untuk mengontrol kebutuhan tidur juga kerap dialami orang-orang yang mengalami clinomania atau ketagihan tidur. Padahal, waktu tidur yang dimiliki sudah lebih dari anjuran waktu tidur yaitu 8 jam/hari.

Jika merasakan tanda-tanda ketagihan tidur yang tidak bisa dikontrol seperti clinomania, maka sebaiknya segera kunjungi dokter atau ahli untuk menangani gangguan tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News