Santai

Praktikkan Yuk, Ini 5 Cara Mudah Untuk Detox Pikiran di Bulan Ramadan

Praktikkan Yuk, Ini 5 Cara Mudah Untuk Detox Pikiran di Bulan Ramadan

MOMSMONEY.ID - Cocok dilakukan di bulan Ramadan, ini cara untuk lakukan detoks pikiran agar terhindar dari stres.

Pikiran merupakan hal yang rentan menyebabkan stres, apalagi ketika banyak pikiran menumpuk.

Untuk mengurangi stres, maka perlu dilakukan detox pikiran. Ada beberapa cara mudah untuk melakukan detox pikiran yang bisa dilakukan secara rutin.

Berikut ini adalah beberapa cara untuk melakukan detox pikiran yang telah dirangkum oleh Momsmoney:

Baca Juga: Bisa Dicoba, 4 Website Ini Sediakan Latihan Psikotest Gratis

Coba menulis

Detox pikiran juga bisa dilakukan dengan kegiatan menulis. Kegiatan menulis bisa memberi manfaat yang baik untuk mengurangi stres dan pikiran yang menumpuk jika dilakukan secara rutin.

Cobalah untuk mulai menulis jurnal atau diary secara bebas. Ungkapkan segala macam pikiran maupun emosi yang sedang dirasakan pada saat itu. Maka perasaan dan pikiran yang lega serta nyaman pun bisa diperoleh sebagai output-nya.

Berlatih meditasi

Meditasi juga merupakan cara untuk melakukan detox pikiran. Selama melakukan meditasi, pusat kan perhatian dan fokus pada keinginan pribadi. Jauh kan pikiran-pikiran yang mengganggu dan menjadi penyebab stres.

Proses meditasi sendiri memiliki manfaat baik untuk meningkatkan fungsi emosional, intelektual, fisik, dan spiritualitas dalam diri seseorang.

Baca Juga: Cocok Dilakukan saat Ramadan, Ini 3 Tips Ampuh Lakukan Defisit Kalori

Mulai unfollow

Hal eksternal yang bisa menambah pikiran adalah media sosial. Peran media sosial kini semakin powerful terutama dalam mempengaruhi pikiran dan kehidupan orang lain.

Agar pikiran tetap sehat, cobalah untuk mulai berhenti mengikuti akun atau orang-orang yang kurang memberikan dampak baik bagi diri. Mulailah untuk mengikuti akun atau orang-orang yang bisa memberikan inspirasi bagi diri.

Instrospeksi

Cara untuk detox pikiran selanjutnya adalah dengan melakukan instrospeksi. Cobalah untuk mengenali diri dengan memahami apa keinginan pribadi yang ingin dicapai, apa pelajaran yang bisa dipetik dari kegagalan, dan cara untuk mengatasinya.

Instrospeksi diri tak hanya melulu tentang menerima kesalahan atau kegagalan. Namun, juga berusaha menemukan cara untuk bangkit dan menghilangkan semua pikiran buruk dalam diri serta pikiran.

Lakukan afirmasi

Tuliskan beberapa hal baik maupun impian yang ingin dicapai. Afirmasi merupakan salah satu cara melatih diri dan pikiran untuk selalu berada pada pikiran positif dan tidak berfokus pada kegagalan penyebab stres.

Sebelum melakukan afirmasi, tanyakan pada diri terlebih dulu impian dan tujuan baik yang ingin dicapai. Jika terasa susah, ada banyak video di YouTube yang menyediakan banyak afirmasi positif untuk didengar saat dibutuhkan.

Mudah, bukan? Itulah tadi beberapa cara dan tips yang bisa dilakukan untuk detox pikiran di bulan Ramadan ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News