Bugar

PLN Electric Run 2024, Misi Pangkas Emisi Karbon 14.363 Kg

PLN Electric Run 2024, Misi Pangkas Emisi Karbon 14.363 Kg

MOMSMONEY.ID - PT PLN besama Harian Kompas siap menggelar PLN Electric Run 2024 yang menjadi salah satu cara mewujudkan target pengurangan emisi karbon 14.363 kilogram CO2. 

PLN Electric Run 2024 berlangsung di Scientia Square Park, Gading Serpong, Tangerang.

Harapannya, ajang lari ini juga bisa semakin memantik semangat kontribusi masyarakat dalam menjalani gaya hidup sehat serta mendukung upaya-upaya keberlanjutan demi kelestarian lingkungan.

EVP Komunikasi Korporat & TJSL PLN Gregorius Adi Trianto menuturkan, angka tersebut nantinya akan dikonversi menjadi nilai konkret untuk diimplementasikan dalam kegiatan-kegiatan pengurangan emisi ke depan.

Tak hanya dengan gerakan mengurangi emisi karbon, PLN Electric Run 2024 menggalakkan berbagai cara unik untuk menggalakkan spirit penghijauan. Salah satunya, pembagian suvenir berupa pohon lidah mertua yang dapat dibawa pulang oleh peserta. 

Pemberian suvenir ini menjadi simbol komitmen PLN dalam melestarikan lingkungan secara berkelanjutan.

Baca Juga: PLN Mendorong Net Zero Emission Lewat PLN Electric Run 2024

Sementara program Bring Your e-Waste, kolaborasi antara PLN dengan PT Global Olah Andalan (GOA) yang fokus pada pengelolaan sampah elektronik, guna memajukan semangat penggunaan energi terbarukan. 

Melalui program ini, PLN mengajak masyarakat mengumpulkan sampah elektronik mereka, agar bisa dikelola secara bijak dan ramah lingkungan, sekaligus mendukung upaya pengurangan limbah berbahaya. 

Pelari yang ingin mengikuti program ini bisa membawa sampah elektronik mereka saat pengambilan race pack pada 4-5 Oktober 2024 atau Race Day pada 6 Oktober 2024.

Untuk memantik antusiasme para pelari dalam membangun semangat Power Up Togetherness, PLN juga telah menyediakan total hadiah podium sebesar Rp 730 juta. 

Khusus pelari yang berhasil memecahkan rekor timing half marathon Indonesia, akan mendapat hadiah berupa mobil Wuling Air EV. 

Selain itu, akan ada berbagai undian dengan hadiah spektakuler, yakni 5 sepeda motor listrik, Apple Watch, Airpods, dan beberapa hadiah menarik lainnya.

Wakil Pemimpin Redaksi Harian Kompas Adi Prinantyo bilang, visi PLN untuk menciptakan lingkungan yang lebih sehat melalui PLN Electric Run 2024 sejalan dengan prinsip keberlanjutan yang konsisten diemban Harian Kompas.

Baca Juga: PLN Electric Run 2023, Misi Mengurangi Emisi dan Momen Pecah Rekor Nasional

"Pada event ini, kami pun merancang kegiatan race sedemikian rupa sehingga runners di PLN Electric Run 2024 bisa turut berkolaborasi bersama-sama untuk menghidupi semangat Power Up Togetherness," katanya dalam konferensi pers, Jumat (4/10).

Sekjen Pengurus Besar Persatuan Atletik Indonesia (PB PASI) Tigor Tanjung menjelaskan, pemilihan Gading Serpong yang menjunjung konsep kota hijau adalah sesuatu yang baru dan menarik bagi PASI. Terlebih, tantangan untuk menghadirkan rute half marathon.

"Kami juga memastikan rute ini sangat potensial bagi para pelari bisa memecahkan rekor mereka maupun menghasilkan podium," jelasnya.

Selain pemilihan rute yang bertempat di kota hijau, penggunaan fuel cell generator-green hydrogen sebagai sumber listrik juga menjadi langkah inovatif PLN pada PLN Electric Run 2024. 

Produk genset ramah lingkungan dari PLN ini akan digunakan saat Race Day demi memastikan kegiatan berlangsung tanpa emisi karbon yang berlebih. 

Teknologi ini menjadi contoh dan langkah konkret PLN dalam mewujudkan transisi energi menuju energi terbarukan.

Selanjutnya: Kolaborasi Renos dan Homedec Tingkatkan Pengalaman Belanja Online

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News