MOMSMONEY.ID - Saat mudik, Moms bisa jadi meninggalkan rumah cukup lama. Saat mudik, tentu Moms menginginkan listrik di rumah dalam kondisi aman.
PLN pun membagikan sejumlah tips agar pelanggan bisa merayakan Hari Raya Idul Fitri di kampung halaman dengan nyaman dan tenang.
Executive Vice President Komunikasi Korporat dan TJSL PLN, Gregorius Adi Trianto meminta pelanggan memperhatikan beberapa tips sebelum mudik demi kenyamanan masyarakat saat melaksanakan mudik.
"Yang pertama, pelanggan perlu memastikan instalasi listrik di rumahnya dalam keadaan baik agar saat rumah ditinggal dalam kondisi aman,” kata Gregorius dalam keterangan tertulis, Jumat (5/4).
Kedua, PLN mengimbau masyarakat untuk mematikan aliran listrik yang tidak terpakai dengan mencabut peralatan elektronik dari stop kontak.
Ketiga, hidupkan lampu penerang seperlunya, seperti lampu teras dan halaman, untuk memastikan keamanan bangunan yang ditinggalkan.
“Bila perlu pasang sensor penerangan agar penggunaan listrik berjalan dengan efisien," kata Gregorius.
Baca Juga: Mudik Sudah di Depan Mata, Perhatikan Tips Keuangan Berikut
Keempat, PLN meminta pelanggan listrik pascabayar untuk memastikan tagihan listrik sudah lunas sebelum waktu tenggat agar terhindar dari denda dan pemutusan listrik akibat keterlambatan.
Kelima, pelanggan listrik prabayar memastikan token listrik sudah terisi cukup hingga akhir masa mudik supaya lampu penerangan rumah tetap menyala dan alarm token kWh meter tidak berbunyi.
Keenam, apabila kebutuhan listrik di kampung halaman semakin bertambah, pelanggan dapat melakukan penambahan daya. PLN telah menyediakan promo diskon tambah daya program 'Listrik di Bulan Berkah’ dengan cukup melakukan transaksi di marketplace PLN Mobile.
Menurut Gregorius, masyarakat juga bisa memanfaatkan aplikasi PLN Mobile yang untuk memenuhi berbagai kebutuhan kelistrikan sebelum atau saat mudik.
Gregorius bilang, melalui SuperApp ini masyarakat bisa mengakses layanan kelistrikan dari mana saja, mulai dari pembelian token, pembayaran tagihan listrik, pengajuan pasang baru, tambah daya, memonitor pemakaian listrik pascabayar hingga kemudahan pengaduan gangguan dan keluhan listrik.
Dia menjelaskan, bila pelanggan mengalami gangguan dan keuhan listrik di rumah sebelum atau selama mudik, pengaduan gangguan dan keluhan tersebut bisa disampaikan lewat aplikasi PLN Mobile. “Petugas PLN akan segera menindaklanjuti pengaduan gangguan dan keluhan pelanggan," ujar Gregorius.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News