MOMSMONEY.ID - Menemukan tempat atau lokasi untuk berbisnis bukan perkara mudah. Tentu, banyak faktor yang harus dipertimbangkan dalam memilih lokasi bisnis agar tempat tersebut bisa mendukung bisnis dalam mendapatkan cuan.
Tempat bisnis memang menjadi faktor kunci kesuksesan bisnis. Apalagi, untuk usaha ritel, restoran atau bisnis yang bergantung pada pengunjung secar fisik.
Namun, tidak jarang, dalam berbisnis pengusaha salah memilih tempat usaha. Lokasi kurang strategis atau tidak sesuai dengan profil pelanggan berdampak buruk bagi kinerja bisnis. Belum lagi tantangan seperti harus mengalokasikan waktu untuk mencari tempat usaha yang membutuhkan waktu yang tidak singkat.
Kini, urusan dan tantangan dalam mencari tempat berbisnis bisa dimudahkan dengan menggunakan aplikasi yang memberikan layanan rekomendasi tempat bisnis. Aplikasi ini membantu pengusaha dalam menemukan tempat strategis. Biasanya, aplikasi ini memanfaatkan data analisis lokasi, pemahaman demografi dan faktor lainnya yang dapat mendukung kesuksesan bisnis termasuk memberikan rekomendasi tempat yang cocok.
Selain itu, aplikasi rekomendasi tempat bisnis juga dapat memberikan wawasan berdasarkan data real time dan analisis lokasi untuk membantu pengusaha dalam memilih tempat yang paling menguntungkan bagi bisnisnya. Dengan aplikasi ini juga bisa membantu mengurangi risiko, seperti salah dalam memilih lokasi dengan manganalisis berbagai faktor yang relevan. Sebab jika pengusaha sudah salah langkah dengan memilih lokasi yang kurang tepat maka kerugian finansial taruhannya.
Dengan memanfaatkan analisis data demografi dan pasar, beberapa aplikasi rekomendasi tempat bisnis juga dapat membantu pengusaha memahami apakah lokasi tersebut cocok dengan target audiens yang diinginkan, termasuk menganalisis potensi pasar berdasarkan tren konsumen, jumlah penduduk, usia pendapatan dan kebiasaan belanja di suatu wilayah.
Bayangkan jika pengusaha tidak memanfaatkan aplikasi ini, maka riset lokasi bisa memakan waktu berbulan-bulan. Dengan aplikasi maka proses ini bisa lebih efisien dari segi waktu dan biaya. Padahal, tepat dalam memilih lokasi yang strategis dapat langsung berpengaruh pada peningkatakan jumlah pelanggan dan penjualan. Dengan analisis yang tepat yang berusaha aplikasi rekomendasi tempat bisnis sediakan, pengusaha pun bisa berpotensi mendapatkan pengembalian investasi yang terbaik.
Berikut, salah satu pemain aplikasi rekomendasi tempat bisnis yang bisa Anda telusuri, apa fitur, layanan dan solusi yang aplikasi ini tawarkan.
Lokasi
PT Bhumi Varta Technology mengeluarkan aplikasi Lokasi Targetin untuk membantu pengusaha mendapatkan rekomendasi lokasi bisnis yang tepat. Perusahaan dan aplikasi ini berdiri sejak 2018.
Lokasi memetakan semua jenis big data dan menggunakan mesin pembelajaran untuk menganlisis dan memberikan prediksi yang dapat membantu keputusan bisnis. Rekomendasi yang diberikan seperti membantu pemilihan lokasi, perencanaan pasar, logistik, risiko asuransi, manajemen aset, pembuatan profil lingkungan sekitar dan hal lain yang terkait dengan lokasi.
Berdasarkan laman Lokasi, platform ini memanfaatkan data yang mencakup 6 juta points of interest di Indonesia dan lebih dari 300 data tematik seperti usia, jenis kelamin agama dan lainnya, dalam memberikan rekomendasi. Ada juga data dari 138 juta perangkat seluler yang menunjukkan lalu lintas orang dan data perilaku lainnya.
Martyn Terpilowski, CEO Bhumi Varta Technology mengatakan Indonesia memiliki data yang sangat kaya dan sangat sayang jika tidak digunakan dengan baik, apalagi jika tidak dikumpulkan di satu platform yang dapat membantu industri membuat keputusan bisnis yang tepat. Dari pandangan tersebut, Martyn akhirnya mengembangkan platform Lokasi yang kini memiliki 150 karyawan.
"Kami memiliki data yang sangat kaya dan selalu ter-update, data tersebut ada di dalam platform Lokasi yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan bisnis," kata Martyn, Selasa (24/12).
Sehingga, melalui Lokasi para pengusaha bisa menentukan parameter sesuai dengan target pasar dan platform Lokasi bisa memetakan lokasi yang tepat untuk ekspansi. Selain itu, platform ini juga dapat menggabungkan data internal perusahaan sehingga dapat memprediksi sales dan membantu meningkatkan penjualan.
"Platform kami tidak hanya untuk ekspansi, namun kami juga dapat membantu untuk manajemen aset, sales forecasting, dan sales monitoring," kata Martyn.
Salah satu produk unggulan Lokasi adalah Lokasi Intelligence, yaitu software as a service (SaaS). "Produk ini sangat mudah digunakan oleh user dan dapat memberikan hasil yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan bisnis dari berbagai industri," kata Martyn.
Hingga saat ini jumlah klien Lokasi sudah capai lebih dari 50 perusahaan dari berbagai sektor. Target pasar Lokasi adalah perusahaan di pasar FMCG, F&B, ritel, government dan banking.
Ke depannya, Martyn optimistis prospek bisnis platform ini akan lebih maju dan dibutuhkan oleh banyak industri. Martyn juga memandang permintaan pengembangan bisnis offline masih sangat populer dan ke depannya lebih diminati lagi oleh perusahaan besar di mana teknologi platform ini bisa membantu kemajuan bisnis mereka. Terlepas, kondisi transaksi online yang meningkat tetapi tidak dipungkiri bahwa banyak orang masih mau mengunjungi toko offline.
"Kami juga akan ekspansi ke Vietnam dan Jepang dan kami bangga menjadi perusahaan geospasial pertama yang membawa nama Indonesia secara global," kata Martyn.
Selanjutnya: Harga Pangan Terkini di Bali (2/1)
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News