Santai

Perlu Diketahui Berikut Keselamatan Mobil Pasif

Perlu Diketahui Berikut Keselamatan Mobil Pasif

MOMSMONEY.ID - Demi menjaga keselamatan penumpang, setiap mobil memiliki kelengkapan fitur keselamatan. Ada dua jenis fitur keselamatan mobil, yauti fitur aktif dan pasif.

Setalah membahas soal fitur keselamatan aktif, Co-Founder dan GM Lifepal, Benny Fajarai menjelaskan soal fitur keselamatan pasif. Nah, fitur keselamatan pasif berperan untuk mengurangi dampak jika kecelakaan tidak dapat dihindari.

Jika fitur keselamatan aktif berusaha mencegah kecelakaan, fitur keselamatan pasif dirancang untuk melindungi penumpang saat kecelakaan tidak bisa dihindari. Berikut ini adalah beberapa fitur keselamatan pasif yang umumnya ada pada mobil modern :

1. Airbag

Airbag adalah fitur keselamatan pasif yang berfungsi melindungi pengemudi dan penumpang dari benturan keras saat terjadi kecelakaan. Airbag umumnya terletak di bagian depan, samping, dan kadang di bagian belakang mobil.

Saat sensor mendeteksi benturan yang cukup keras, airbag yang berisi gas nitrogen akan mengembang dengan cepat untuk menyerap energi dampak dan mengurangi risiko cedera pada penumpang. Sebab, fitur ini melindungi bagian-bagian vital seperti kepala, leher dan dada.

Airbag saat mengembang akan melindungi penumpang agar tidak terbentur bagian-bagian interior mobil yang keras. Setelah itu, airbag akan mengempis secara perlahan. Airbag akan aktif dalam beberapa milidetik setelah bodi mobil mengalami benturan.

Baca Juga: Kenali Fitur Keselamatan Mobil Aktif

2. Sabuk pengaman

Sabuk pengaman adalah fitur keselamatan yang sederhana, namun sangat efektif dalam melindungi penumpang selama kecelakaan.

Dengan sabuk pengaman yang terpasang dengan benar, penumpang akan tetap berada di posisi yang aman saat terjadi benturan, sehingga mengurangi kemungkinan cedera serius. Karena itu, pastikan selalu menggunakan sabuk pengaman di setiap perjalanan.

3. Struktur bodyshell

Banyak mobil modern dirancang dengan bodyshell yang dapat menyerap energi benturan jika terjadi tabrakan.

Struktur ini membantu mengurangi kekuatan benturan yang diterima oleh penumpang dengan mengalihkan energi tabrakan ke bagian-bagian tertentu dari kendaraan yang dirancang khusus untuk menyerap dampaknya.

Fitur ini berfungsi sebagai untuk mencegah terjadinya cedera parah saat kecelakaan.

4. Sistem pengaman Isofix

International Standard Organizations Fix (Isofix) merupakan salah satu komponen yang ada pada mobil berupa kancing atau tuas yang memiliki dua besi pengait dan dapat dipakai untuk mendukung pemasangan child seat. Kehadiran fitur keselamatan ini sangat penting, terutama bagi mereka yang memiliki anak kecil.

Isofix car seat merupakan pengait pada child car seat yang terkoneksi dengan anchoring points yang terletak di bawah jok mobil agar anak dapat duduk dengan nyaman dan aman.

Pemakaian isofix car seat dinilai lebih aman dibandingkan jika anak hanya memakai sabuk pengaman saja. Sebab, didesain secara khusus dan disesuaikan ukuran bayi atau anak kecil. Dengan begitu, kehadirannya dapat mengurangi risiko cedera pada anak-anak saat terjadi kecelakaan.

Itulah beberapa fitur keselamatan mobil yang penting diketahui. Selain memastikan mobil sudah memiliki fitur keselamatan aktif dan pasif, pastikan juga kendaraan dilengkapi dengan asuransi mobil.

Salah satu jenis asuransi mobil terbaik yang menawarkan manfaat lengkap adalah asuransi All Risk, karena memberi perlindungan terhadap kerusakan kecil, berat, hingga kehilangan. Memiliki asuransi ini akan memberikan rasa tenang dan aman saat berkendara.

Baca Juga: Promo Diskon Traveloka Epic Sale Tinggal 2 Hari Lagi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News