BisnisYuk

Perkuat Bisnis Brand Kecantikan Lokal, Sociolla Gelar Love Local 2025

Perkuat Bisnis Brand Kecantikan Lokal, Sociolla Gelar Love Local 2025

MOMSMONEY.ID - Tren kecantikan dalam negeri kian berkembang pesat. Pelaku usaha baru di industri ini pun terus bermunculan. Demi mendukung dan memperluas pasar pelaku usaha industri kecantikan, Sociolla, pionir omnichannel beauty retailer di bawah naungan Social Bella meluncurkan kampanye tahunan Love Local.

Tahun ini, Sociolla berkolaborasi dengan lima brand lokal inspiratif yang masing-masing merepresentasikan kecantikan autentik dari kekayaan budaya dan alam Indonesia, yaitu BOB & FROU, From This Island, Guéle, LUXCRIME, dan Rahasia.

Berdasarkan data internal Sociolla, hingga Juli 2025 pemilik brand lokal kini mendominasi ekosistem omnichannel Sociolla dengan kontribusi sebesar 57% atau setara dengan lebih dari 240 brand. Angka ini meningkat tajam, dimana pada tahun 2015 hanya 10 brand yang memasarkan produk kecantikannya. 

Kategori skincare dan makeup lokal mencatatkan pertumbuhan signifikan pada semester pertama 2025 dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya. Tak hanya itu, 100% produk parfum yang dijual di Sociolla kini juga berasal dari brand lokal.

Chrisanti Indiana, Co-founder & CMO Social Bella menyampaikan sejak 2021, Love Local menjadi wujud nyata komitmen Sociolla untuk memberdayakan brand lokal. Melalui ekosistem omnichannel, Sociolla hadir sebagai mitra strategis yang menjembatani brand dengan konsumen di Indonesia.

"Masing-masing punya filosofi, cerita, dan pendekatan khas dalam merespons kebutuhan konsumen modern–membuktikan bahwa brand lokal mampu bersaing dan terus relevan di industri kecantikan yang dinamis," ujar Chrisanti dalam keterangan resmi yang diterima Senin (18/8).

Baca Juga: Sociolla Bagi Empat Tren Produk Kecantikan 2025 Untuk Gen Z

Tahun ini, Love Local bukan sekadar kampanye promosi, tetapi merayakan filosofi dan semangat di balik setiap brand lokal yang lahir dari Indonesia. Lewat kolaborasi Sociolla ingin menunjukkan bahwa brand lokal tidak hanya memiliki keunikan dan pesan kuat bagi konsumen modern, tetapi juga mampu bersaing dengan brand global serta menjadi inspirasi bagi brand lokal lainnya untuk terus tumbuh dan tampil percaya diri di panggung yang lebih besar.

Lizzie Parra, Founder BOB & FROU, mengisahkan bagaimana brand-nya lahir untuk merayakan keunikan rambut orang Indonesia. Setelah membangun BLP yang fokus di makeup, ia melihat pentingnya menghadirkan produk haircare yang tidak berusaha ‘mengubah’ rambut, tetapi merawat karakter rambut alaminya.

“Dukungan Sociolla meningkatkan aksesibilitas dan visibilitas BOB&FROU, sehingga brand kami semakin dikenal luas oleh pasar yang menjadi sasaran dari Sabang hingga Merauke," tutur Lizzie.

Dari lini skincare, Maudy Ayunda, Founder From This Island, mengungkapkan bahwa brand ini lahir dari keinginan untuk menghadirkan skincare yang efektif, aman, dan berdaya melalui bahan botanikal lokal, kearifan tradisional dan sains modern.

“Kami ingin perempuan Indonesia merawat diri dengan cara yang lebih mindful dengan memanfaatkan kekayaan alam tanah sendiri. Kolaborasi dengan Sociolla yang dimulai pada 2024 membantu kami menyebarkan value ini lebih luas," jelas Maudy.

Baca Juga: Jawab Kebutuhan Pelanggan, Ini Cara Sociolla Jalankan Bisnis Selama 10 Tahun

Terinspirasi dari keindahan alam, Vanny Adelina, Founder Guéle, menjadikan makeup sebagai sarana membangun koneksi personal dengan penggunanya. Bagi Vanny esensi sebuah produk terletak pada pengalaman emosional yang dirasakan. Dan menurutnya hal tersebut sama penting dengan hasil akhirnya.

"Lebih dari sekadar distribusi, Sociolla juga menjembatani kebutuhan konsumen, seperti membantu menemukan shade yang tepat untuk kulit mereka," ungkap Vanny.

Kampanye Love Local berlangsung hingga 31 Agustus 2025 dan menghadirkan berbagai program spesial mulai dari flash sale, special bundle, serta diskon hingga 50% untuk seluruh brand lokal di toko dan aplikasi SOCO. 

“Kami percaya bahwa dukungan terhadap brand lokal adalah bentuk nyata cinta pada Indonesia. Dengan memilih produk-produk lokal dan ikut serta dalam kampanye Love Local, kita bisa memajukan industri kecantikan Indonesia,” tutur Chrisanti.

Baca Juga: Promo Sociolla Payday Party 25-30 April 2025, Cushion-Sunscreen Diskon sampai 60%

Selanjutnya: BNIdirect bisnis, Solusi Digital UMKM Kelola Keuangan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News