Santai

Peringatan Dini Cuaca BMKG: Hujan Lebat di Jakarta Sekitarnya 29 Januari-1 Februari

Peringatan Dini Cuaca BMKG: Hujan Lebat di Jakarta Sekitarnya 29 Januari-1 Februari

MOMSMONEY.ID - BMKG memberikan peringatan dini potensi hujan sedang-lebat di wilayah Jabodetabek pada 29 Januari–1 Februari 2024.

Berdasarkan analisis dan pemantauan data cuaca terkini, BMKG mengidentifikasi potensi hujan dengan intensitas lebat masih bisa terjadi di beberapa wilayah Indonesia. 

Menurut BMKG, dalam 24 jam terakhir hingga 28 Februari 2024 pukul 07.00 WIB, hujan dengan intensitas tinggi terjadi di beberapa wilayah seperti: 

  • Banten (118 mm)
  • Bali (73.9 mm)
  • Nusa Tenggara Timur (70.0 mm)
  • DKI Jakarta (62 mm)
  • D.I. Yogyakarta (56.4 mm)

Baca Juga: Provinsi Ini dengan Curah Hujan Tinggi Kategori Awas, Cek Peringatan Dini Cuaca BMKG

Kondisi tersebut dipicu aktivitas Monsun Asia, aktifnya gelombang ekuator Rossby & Kelvin di sekitar Indonesia bagian tengah, dan terbentuknya belokan dan pertemuan angin di selatan ekuator.

"Terdapat potensi hujan sedang-lebat di Jabodetabek pada 29 Januari hingga 1 Februari 2024," sebut BMKG, dikutip dari akun resmi Instragramnya, Senin (29/1).

"Waspada potensi hujan lebat dan angin kencang di beberapa wilayah Tangerang, Kabupaten Bogor, Jakarta Selatan, Jakarta Utara, dan Kepulauan Seribu," kata BMKG.

BMKG pun mengimbau agar masyarakat tetap waspada terhadap potensi hujan yang disertai kilat atau petir dan angin kencang hingga sepekan ke depan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News