Santai

Percepat Peningkatan Layanan di 37 Bandara, InJourney Airports Luncurkan ImpaCX

Percepat Peningkatan Layanan di 37 Bandara, InJourney Airports Luncurkan ImpaCX
Reporter: Lidya Yuniartha  |  Editor: Lidya Yuniartha


MOMSMONEY.ID - PT Angkasa Pura Indonesia (InJourney Airports) meluncurkan program Melayani Sepenuh Hati with ImpaCX untuk mempercepat peningkatan pelayanan di 37 bandara.

ImpaCX merupakan kepanjangan dari InJourney Airports Movement to Accelerate Perfomance in Customer Experience. Program yang diresmikan pada Jumat, 19 September 2025 ini dirancang agar bandara dapat selalu mendengar suara pelanggan juga memberikan layanan sesuai keinginan, kebutuhan dan ekspektasi penumpang pesawat maupun pengguna jasa bandara.

Direktur Utama InJourney Airports Mohammad R. Pahlevi  mengatakan, pada usia 1 tahun, InJourney Airports mencanangkan ImpaCX sebagai langkah strategis dalam menunaikan janji Melayani Sepenuh Hati.

"Program ini memastikan seluruh bandara InJourney Airports menyediakan journey experience atau pengalaman perjalanan berkelas dunia dengan menjaga keandalan fasilitas sarana dan prasarana, serta keramahtamahan khas Indonesia oleh para staf bandara," ujarnya dalam keterangan tertulis, Senin (22/9).

Baca Juga: Tak Cuma Titip Anak, Daycare Bantu Anak Kurangi Screen Time dan Kembangkan Karakter

Adapun, program yang baru diluncurkan ini memiliki 6 tujuan, yakni memastikan lingkungan bandara selalu aman (Safe Space), memastikan bandara selalu bersih dan nyaman (Clean Environment), memastikan penumpang pesawat dan pengguna jasa mendapat informasi jelas (Clear Information), menciptakan suasana hangat dan ramah di bandara (Positive Interaction), memastikan proses di bandara selalu efisien (Efficient Process) dan memastikan seluruh fasilitas berjalan sempurna (Reliable Facilities).

Sementara itu, Wakil Direktur Utama InJourney Airports Achmad Syahir menjelaskan tujuan-tujuan tersebut dapat dicapai melalui 4 inisiatif yang menuntut pola manajemen dari reaktif menjadi proaktif dan prediktif.

Inisiatif pertama adalah Employee on The Move di mana staf bandara lebih sering observasi dan screening layanan yang berjalan. Inisiatif kedua adalah Customer Immersion untuk berinteraksi langsung dengan pelanggan agar mengetahui kekurangan dan feedback yang ada.

Inisiatif ketiga adalah Airport CX Forum sebagai wadah ekosistem bandara untuk berkolaborasi mencari solusi atas komplain yang ada. "Inisiatif keempat adalah Impacxful Staff untuk mendorong staf bandara dapat memberikan upaya lebih atau extra mile dalam pelayanan,” ujar Achmad Syahir.

Untuk menjaga arah program ini dapat selalu memenuhi ekspektasi, InJourney Airports memanfaatkan teknologi informasi untuk membangun ImpaCX Analytics Dashboard yang menginformasikan secara real time mengenai pelayanan berjalan, komplain yang ada, solusi, serta perencanaan.

Melayani Sepenuh Hati with ImpaCX ini turut mendukung program transformasi yang dicanangkan InJourney Airports di seluruh bandara, mencakup transformasi Premises (infrastruktur bandara berkelas dunia), transformasi People (layanan staf bandara berkelas dunia) dan transformasi Process (operasional bandara berbasis ekosistem).

Bertepatan dengan peluncuran ImpaCX, InJourney Aiports turut menyalurkan bantuan 248 kaki palsu bagi yang membutuhkan, lalu 57 Al Quran braille, 136 braille, 34 kursi roda, 6 alat bantu dengar, 3 bola boce, 3 papan braille, serta tongkat tuna netra, ankle foot orthosis dan alat olah raga goldball. Kemudian, juga disalurkan sebanyak 1.220 kaca mata baca.

Selanjutnya: Tok! DPR RI Resmi Memutuskan Anggito Abimanyu Jadi Ketua LPS

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News