M O M S M O N E Y I D
Santai

Percepat Peningkatan Layanan di 37 Bandara, InJourney Airports Luncurkan ImpaCX

Percepat Peningkatan Layanan di 37 Bandara, InJourney Airports Luncurkan ImpaCX
Reporter: Lidya Yuniartha  |  Editor: Lidya Yuniartha


MOMSMONEY.ID - PT Angkasa Pura Indonesia (InJourney Airports) meluncurkan program Melayani Sepenuh Hati with ImpaCX untuk mempercepat peningkatan pelayanan di 37 bandara.

ImpaCX merupakan kepanjangan dari InJourney Airports Movement to Accelerate Perfomance in Customer Experience. Program yang diresmikan pada Jumat, 19 September 2025 ini dirancang agar bandara dapat selalu mendengar suara pelanggan juga memberikan layanan sesuai keinginan, kebutuhan dan ekspektasi penumpang pesawat maupun pengguna jasa bandara.

Direktur Utama InJourney Airports Mohammad R. Pahlevi  mengatakan, pada usia 1 tahun, InJourney Airports mencanangkan ImpaCX sebagai langkah strategis dalam menunaikan janji Melayani Sepenuh Hati.

"Program ini memastikan seluruh bandara InJourney Airports menyediakan journey experience atau pengalaman perjalanan berkelas dunia dengan menjaga keandalan fasilitas sarana dan prasarana, serta keramahtamahan khas Indonesia oleh para staf bandara," ujarnya dalam keterangan tertulis, Senin (22/9).

Baca Juga: Tak Cuma Titip Anak, Daycare Bantu Anak Kurangi Screen Time dan Kembangkan Karakter

Adapun, program yang baru diluncurkan ini memiliki 6 tujuan, yakni memastikan lingkungan bandara selalu aman (Safe Space), memastikan bandara selalu bersih dan nyaman (Clean Environment), memastikan penumpang pesawat dan pengguna jasa mendapat informasi jelas (Clear Information), menciptakan suasana hangat dan ramah di bandara (Positive Interaction), memastikan proses di bandara selalu efisien (Efficient Process) dan memastikan seluruh fasilitas berjalan sempurna (Reliable Facilities).

Sementara itu, Wakil Direktur Utama InJourney Airports Achmad Syahir menjelaskan tujuan-tujuan tersebut dapat dicapai melalui 4 inisiatif yang menuntut pola manajemen dari reaktif menjadi proaktif dan prediktif.

Inisiatif pertama adalah Employee on The Move di mana staf bandara lebih sering observasi dan screening layanan yang berjalan. Inisiatif kedua adalah Customer Immersion untuk berinteraksi langsung dengan pelanggan agar mengetahui kekurangan dan feedback yang ada.

Inisiatif ketiga adalah Airport CX Forum sebagai wadah ekosistem bandara untuk berkolaborasi mencari solusi atas komplain yang ada. "Inisiatif keempat adalah Impacxful Staff untuk mendorong staf bandara dapat memberikan upaya lebih atau extra mile dalam pelayanan,” ujar Achmad Syahir.

Untuk menjaga arah program ini dapat selalu memenuhi ekspektasi, InJourney Airports memanfaatkan teknologi informasi untuk membangun ImpaCX Analytics Dashboard yang menginformasikan secara real time mengenai pelayanan berjalan, komplain yang ada, solusi, serta perencanaan.

Melayani Sepenuh Hati with ImpaCX ini turut mendukung program transformasi yang dicanangkan InJourney Airports di seluruh bandara, mencakup transformasi Premises (infrastruktur bandara berkelas dunia), transformasi People (layanan staf bandara berkelas dunia) dan transformasi Process (operasional bandara berbasis ekosistem).

Bertepatan dengan peluncuran ImpaCX, InJourney Aiports turut menyalurkan bantuan 248 kaki palsu bagi yang membutuhkan, lalu 57 Al Quran braille, 136 braille, 34 kursi roda, 6 alat bantu dengar, 3 bola boce, 3 papan braille, serta tongkat tuna netra, ankle foot orthosis dan alat olah raga goldball. Kemudian, juga disalurkan sebanyak 1.220 kaca mata baca.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

TERBARU

578.108 Pelanggan Gunakan Layanan Kereta Api di Bandung Selama Nataru

KAI mencatat pada periode 18-23 Desember 2025, sebanyak 578.104 pelanggan KAI Group memanfaatkan layanan kereta api di kawasan Bandung.​  

Banyak Pemilik Rumah Menyesal, Ini Jenis Lantai Dapur yang Seharusnya Digunakan

Sebelum memilih lantai dapur, cek jenis lantai yang bisa bikin kamu menyesal, serta rekomendasi aman dari para ahli.

Cara Menyiapkan Uang Panai Besar Tanpa Harus Korbankan Uang Keluarga

Berikut cara mengatur uang panai besar secara mudah dan realistis agar tetap berjalan semestinya tanpa mengorbankan kondisi keuangan keluarga.

Memahami Tantiem Perusahaan, Penentuan Penerima hingga Contoh Hitungannya

Simak penjelasan tentang tantiem perusahaan, mulai dari cara menentukan penerima hingga contoh perhitungan yang mudah dipahami.

Perpaduan Unik Kimukatsu, Hadirkan Menu Baru Katsu Matcha di AEON Mall Deltamas

Kimukatsu hadirkan menu baru Katsu Matcha yang smooth dan umami. Ada 2 pilihan menu spesial yang bisa dinikmati langsung di AEON Mall Deltamas.

14 Fitur Tersembunyi WhatsApp yang Jarang Diketahui, Intip Daftarnya di sini

Fitur tersembunyi WhatsApp masih jarang diketahui oleh banyak pengguna. Padahal, banyak yang bermanfaat untuk berbagai aktivitas chatting.

8 Daftar HP Samsung Terbaik, Ada Fast Charging Nirkabel 45W dan PowerShare

HP Samsung terbaik biasanya didukung fast charging nirkabel dan PowerShare. Perangkat Samsung secara konsisten menawarkan kedua teknologi tersebut

Rekomendasi Sunscreen Anti Aging untuk Perlindungan Kulit di Usia 40 Tahun

Sunscreen anti aging sangat direkomendasikan di usia 40 tahunan. Selain mencegah sengatan matahari, sunscreen juga mencegah penuaan dini. ​

Traktir Keluarga Tanpa Khawatir, Promo Ramen 1 Hadirkan Menu Spesial Mulai Rp 16.000

Ramen 1 hadirkan promo spesial untuk traktir keluarga setiap hari. Ada ragam menu favorit dari Gyoza sampai Tsukemen Chicken Teriyaki yang lezat.

7 Cara agar Panjang Umur Menurut Pakar, Mau Terapkan?

Ternyata ini cara agar panjang umur menurut pakar. Tertarik menerapkannya? Yuk, intip di sini!