Santai

Perbedaan iPhone dan Android yang Menonjol untuk Jadi Pilihan yang Tepat

Perbedaan iPhone dan Android yang Menonjol untuk Jadi Pilihan yang Tepat

MOMSMONEY.ID - Sebelum memutuskan membeli iPhone atau Android, Anda perlu mengetahui perbedaan iPhone dan Android. Meskipun keduanya menawarkan banyak fitur hebat, iPhone dan Android sangat berbeda dalam beberapa hal.

Apa saja perbedaan iPhone dan Android yang menonjol? Tentu saja salah satunya yaitu software atau sistem operasinya. 

Perbedaan iPhone dan Android juga terletak pada aplikasi yang tersedia dan keamnanan. 

Baca Juga: Apa Beda iPhone Ori, Inter dan OEM? Wajib Tahu Sebelum Beli iPhone Second

Berikut ini perbedaan iPhone dan Android yang perlu Anda simak. 

1. Perangkat Keras

Perangkat keras adalah tempat pertama di mana perbedaan antara iPhone dan Android menjadi jelas.

Hanya Apple yang membuat iPhone, sehingga memiliki kontrol yang sangat ketat terhadap cara kerja perangkat lunak dan perangkat keras. Di sisi lain, Google menawarkan perangkat lunak Android ke banyak pembuat ponsel, termasuk Samsung, HTC, dan Motorola. 

Oleh karena itu, ponsel Android berbeda-beda dalam ukuran, berat, fitur, dan kualitas.

Ponsel Android dengan harga premium sama bagusnya dengan iPhone, namun perangkat Android yang lebih murah dengan fitur yang lebih sedikit mungkin adalah semua yang Anda perlukan.

Jika Anda membeli iPhone, Anda harus memilih modelnya. Karena banyak perusahaan yang membuat perangkat Android, Anda harus memilih merek dan model. 

Beberapa orang mungkin lebih menyukai pilihan tersebut, namun yang lain menghargai kesederhanaan Apple dan kualitas yang lebih tinggi.
 
2. Sistem Operasi

iOS 17

Ponsel Android berjalan pada sistem operasi Android Google, sedangkan iPhone menggunakan iOS Apple. 

Secara umum, cara kerjanya sama: Anda akan memiliki layar beranda dengan aplikasi terpopuler, termasuk permainan dan utilitas, aplikasi telepon untuk melakukan panggilan, aplikasi kamera untuk gambar, dan aplikasi perpesanan untuk mengirim teks. 

Mereka juga menggunakan antarmuka sentuh, termasuk perangkat keras seperti akselerometer atau giroskop, untuk fungsi lebih lanjut.

Baca Juga: Duh! iPhone X Resmi Jadi HP Jadul

Apple merilis versi baru iOS setiap musim gugur, dengan pembaruan tambahan sepanjang tahun. 

Namun belakangan ini, Android semakin memasuki siklus pembaruan tahunan. Beberapa pembuat perangkat Android, seperti Samsung, menggunakan versi sistem operasi yang sedikit dimodifikasi. 

Beberapa pembuat Android lambat memperbarui ponselnya ke OS Android versi terbaru dan terkadang tidak memperbarui ponselnya.

Apple biasanya mendukung ponsel berusia lima atau enam tahun, Samsung mendukung ponsel selama sekitar empat tahun, dan Google mendukung Pixel terbaru selama tujuh tahun.

3. Aplikasi

Apple App Store menawarkan lebih sedikit aplikasi dibandingkan Google Play, namun kita masih membicarakan jutaan aplikasi, dan pemilihan bukanlah faktor yang paling penting.

Apple sangat ketat dalam membolehkan aplikasi apa pun, sementara standar Google untuk Android lebih longgar. 

Kontrol Apple yang lebih ketat adalah alasan mengapa toko aplikasinya memiliki lebih sedikit penawaran dibandingkan Google, yang berarti kecil kemungkinan Anda mengunduh malware.

Manfaat lain dari etalase terpusat Apple adalah perusahaan yakin bahwa semua yang ada di sana kompatibel dengan perangkat yang tersedia. 

Kombinasi dari beberapa produsen ponsel Android dan kurangnya penyaringan di Google Play Store berarti Anda mungkin tidak yakin bahwa aplikasi yang Anda inginkan akan berfungsi dengan ponsel Anda.

Selain itu, pilihan yang lebih banyak dan kemampuan untuk mengunduh aplikasi Android di luar Google Play Store resmi mungkin menarik bagi sebagian pengguna.

Baca Juga: 7 Cara Memperbaiki Layar Sentuh Android Bergerak Sendiri Beserta Penyebabnya

4. Harga

Meskipun Anda bisa mendapatkan ponsel Android dengan harga lebih murah, Anda mungkin mendapatkan apa yang Anda bayar. Perangkat Samsung kelas atas bisa berharga sama atau bahkan lebih mahal daripada iPhone jika Anda menginginkan Samsung Galaxy atau Google Pixel baru. 

Pada kisaran akhir ini, ada sedikit perbedaan kualitas antara Android dan iPhone. Android yang lebih murah mungkin cocok jika Anda tidak memerlukan kamera berteknologi tinggi atau fitur lainnya.

Namun, ketersediaan paket pembayaran yang luas dari Apple, Google, dan pengecer berarti Anda bisa dengan cepat mendapatkan telepon kelas atas dengan membayar bulanan, bukan sekaligus. Opsi-opsi ini menjadikan harga tidak terlalu menjadi masalah.

5. Keamanan

Jika Anda peduli dengan keamanan ponsel cerdas Anda, iPhone lebih aman dibandingkan Android. Alasan utamanya adalah desain sistem operasi.

Apple mengontrol unduhan. Salah satu cara paling umum untuk mengkompromikan keamanan digital adalah dengan mengunduh malware – perangkat lunak yang dirancang untuk mencuri informasi atau memengaruhi cara kerja perangkat.

6. Asisten Cerdas

Kecerdasan buatan dan antarmuka suara akan menjadi yang terdepan dalam fungsionalitas ponsel pintar. Android memiliki keunggulan yang jelas dalam hal ini.

Baca Juga: Tips Sebelum Membeli iPad Bekas yang Wajib Diperhatikan agar Tidak Menyesal

Pengguna iPhone yang tidak menyukai Siri juga dapat menggunakan Google Assistant, sedangkan pemilik Android tidak dapat mengakses Siri tanpa produk Apple.

7. Ekosistem

Banyak orang menggunakan tablet, komputer, atau perangkat wearable selain ponsel cerdas mereka. Bagi mereka, Apple menawarkan pengalaman terintegrasi yang lebih baik. 

Karena Apple membuat komputer, tablet, jam tangan, dan iPhone, Apple menyediakan fitur yang mungkin tidak dimiliki Android.

8. Kemudahan Servis

Apple menekankan keanggunan dan kesederhanaan pada iPhone di atas segalanya. 

Itu adalah alasan penting mengapa pengguna tidak dapat meningkatkan penyimpanan iPhone atau mengganti baterai (penggantian baterai iPhone dapat dilakukan, namun harus dipasang oleh petugas reparasi yang terlatih).

Baca Juga: 5 Aplikasi yang Tidak Boleh Dihapus di HP Android dan iPhone

Di sisi lain, produsen Android kerap membiarkan pengguna mengganti baterai ponsel dan menambah kapasitas penyimpanannya.

Kekurangannya adalah Android sedikit lebih kompleks dan kurang elegan, namun hal ini mungkin sepadan dibandingkan dengan kehabisan penyimpanan atau menghindari membayar penggantian baterai yang mahal.

Nah itulah beberapa perbedaan iPhone dan Android yang menonjol untuk jadi pilihan yang tepat. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News