Keluarga

Perbedaan Fungsi Rice Cooker, Magic Jar dan Magic Com untuk Kebutuhan Rumah Tangga

Perbedaan Fungsi Rice Cooker, Magic Jar dan Magic Com untuk Kebutuhan Rumah Tangga

MOMSMONEY.ID - Rice Cooker, Magic Jar dan Magic Com adalah 3 jenis alat yang berbeda. Meski tahu ketiganya berbeda, namun terkadang masih banyak orang yang tak tahu apa fungsi dan perbedaan masing-masing alat ini.

Hal yang paling utama mendasari perbedaan antara Rice Cooker, Magic Jar, dan Magic Com ialah karena fungsinya. Ada alat yang berfungsi memasak nasi, ada yang hanya untuk menghangatkan nasi, ada pula yang bisa memasak segala jenis makanan.

Mari kita simak perbedaan fungsi ketiga alat ini, yang dilansir dari Kompas dan Sinar Himalaya!

Rice Cooker

Rice Cooker adalah peralatan dapur yang punya fungsi untuk menanak nasi. Rice cooker juga merupakan alat elektronik pertama yang muncul sebagai penanak nasi, jauh sebelum munculnya Magic Jar maupun Magic com.

Rice cooker pun memiliki tahap perkembangannya tersendiri. Pada awalnya, rice cooker hanya punya 1 fungsi, yakni hanya untuk memasak nasi saja.

Seiring berjalannya waktu, muncul berbagai merek rice cooker yang tak cuma berfungsi untuk memasak nasi saja, tapi juga untuk menghangatkan nasi.

Baca Juga: Trik Rahasia Hempaskan Bau dan Bakteri yang Terjebak di Spons Cuci Piring

Cara kerja rice cooker adalah dengan mengatur suhu selama proses memasak nasi. Fungsinya adalah agar nasi yang dibuat tidak terlalu lembek atau malah terlalu kering.

Selain itu, Rice cooker juga memiliki pengatur waktu yang akan berjalan hanya ketika sedang memasak nasi saja. Ketika nasi yang dibuat telah matang, maka pengatur waktu tersebut akan secara otomatis menghentikan sistem “memasak nasi” dan mengaktifkan sistem “menghangatkan nasi”.

Rice cooker dapat menghangatkan nasi dengan rentang waktu 24 jam.

Perbedaan Fungsi Rice Cooker, Magic Jar, dan Magic Com

Baca Juga: Cegah Kerusakan, Ini 4 Cara Merawat Rice Cooker Supaya Awet Tahan Lama

Magic Jar

Berbeda dari rice cooker, magic jar merupakan alat elektronik yang berfungsi menghangatkan nasi, namun tidak bisa memasak nasi.

Magic Jar dahulu hadir sebagai solusi bagi orang-orang yang menggunakan rice cooker sebagai penanak nasi, namun nasi tersebut tak bisa dihangatkan.

Sayangnya karena kini rice cooker telah memiliki fungsi ganda: memasak & menghangatkan nasi, maka kini magic jar pun sudah tak dijual lagi di pasaran.

Baca Juga: 6 Cara Efektif Cegah Nasi Basi dalam Rice Cooker Agar Tak Berbau Tengik

Magic com

Rice cooker dengan fungsi ganda adalah alat elektronik tercanggih sebelum datangnya Magic Com.

Bagaimana tidak, Magic com punya lebih banyak fungsi yang berguna untuk keperluan rumah tangga mulai dari memasak nasi, menghangatkan nasi, hingga memasak lauk pauknya sekaligus!

Sebagai jenis makanan bisa dimasak dalam magic com, termasuk merebus, membuat kue, hingga mengukus aneka jenis makanan.

Sebab fungsi Magic Com lebih lengkap daripada Rice Cooker, maka biasanya harga Magic Com lebih mahal di pasaran, ketimbang harga Rice cooker.

Baca Juga: 6 Perbedaan Beras Basmati vs Beras Melati dari Tekstur hingga Nutrisi

Adapun cara kerja Magic Com untuk memasak nasi & aneka makanan dengan menggunakan tenaga listrik. Alat ini juga dilengkapi dengan pengatur suhu, waktu, dan tekanan.

Tekanan pada alat magic com mampu mengubah aneka makanan jadi lebih empuk dan matang. Tak heran apabila banyak orang berbondong-bondong membeli Magic Com ketimbang alat lainnya.

Magic com dapat menghangatkan nasi dengan rentang watu 48 jam. Tentu waktu ini lebih lama dibandingkan waktu menghangatkan nasi oleh rice cooker.

Itulah perbedaan Rice Cooker, Magic Jar, dan Magic Com. Sekarang sudah paham ketiga fungsi alat tersebut, kan?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News