Keluarga

Perbedaan 2 Jenis Saus Klasik Italia: Marinara dan Bolognese

Perbedaan 2 Jenis Saus Klasik Italia: Marinara dan Bolognese

MOMSMONEY.ID - Bolognese dan marinara sama sama merupakan saus klasik asal Italia. Keduanya kerap kali disajikan bersama pasta.

Meski sekilas kedua saus Italia ini punya tampilan yang mirip, ada banyak perbedaan yang perlu Anda ketahui.

Untuk tahu apa saja deretan perbedaan keduanya, mari intip terlebih dahulu masing-masing definisi bolognese dan marinara, dirangkum dari Mashed, Leon Bistro, dan House Wife, selengkapnya.

Baca Juga: Spring Rolls vs Egg Rolls vs Summer Rolls, Inilah Perbedaan Sederet Lumpia Khas Dunia

Bolognese

Saus Klasik Italia: Bolognese

Bolognese merupakan jenis saus yang berbahan dasar daging, berasal dari kota Bologna di Italia. Saus ini punya tekstur kental karena ada campuran dari beberapa bahan seperti tomat, wortel, bawang merah, seledri, dan daging cincang.

Agar bisa menyatu, saus bolognese dimasak dalam api kecil selama beberapa jam hingga sleuruh bahannya meluruh dan menyatu menjadi saus yang lembut.

Bolognese tak cuma disajikan untuk pasta saja, tapi juga untuk lasagna hingga spaghetti.

Baca Juga: 5 Hidangan Klasik ala Italia yang Cerminkan Sejarah dan Budaya Negaranya

Marinara

Saus Klasik Italia: Marinara

Marinara adalah jenis saus berbahan dasar tomat, asli dari wilayah Napoli, Italia. Nama “marinara” sendiri di ambil dari bahasa Italia yang artinya “laut” atau “pelaut”.

Untuk membuat saus marinara, dibutuhkan beberapa bahan seperti tomat, minyak zaitun, perteseli, bawang merah dan putih, yang dihancurkan bersama. Tekstur saus marinara dikenal lebih encer daripada bolognese.

Karena tidak mengandung daging, saus marinara biasanya sering dihidangkan untuk sajian pasta, roti, spaghetti, ataupun makanan Italia lainnya.

Baca Juga: Perbedaan 2 Pizza Klasik Asal Italia: Pizza Neapolitan vs Pizza Margherita

Perbedaan Saus Marinara dan Bolognese

1. Bahan

Saus marinara maupun bolognese memiliki bahan yang berbeda.

Saus marinara tidak memakai daging. Selain itu, bahan lainnya biasanya memakai minyak zaitun, tomat, bawang-bawangan, basil, maupun oregano.

Sementara saus bolognese yang berbahan dasar daging biasanya dicampur juga dengan bahan lain seperti tomat segar, wortel, seledri, bawang bombay, susu, maupun wine.

2. Jenis tomat

Jenis tomat yang digunakan juga menjadi salah satu penentu perbedaan antara saus bolognese dengan saus marinara.

Saus marinara biasanya dibuat dari bahan tomat segar yang dihancurkan. Ini membuatnya bertekstur agak kasar. Sementara bolognese dibuat dari bahan saus tomat sehingga tekstur akhirnya jadi lebih lembut dan halus.

Baca Juga: Mengenal 5 Perbedaan Daun Basil dan Oregano untuk Dunia Kuliner

3. Waktu memasak

Karena dibuat dari bahan daging, bolognese memiliki waktu memasak yang jauh lebih lama, bahkan rata-rata waktu memasaknya adalah 4 jam. Ini sudah termasuk waktu seluruh bahan agar menyatu.

Sementara pembuatan saus marinara sangat singkat, bahkan seringkali disajikan untuk makan malam karena cara masaknya yang sangat mudah.

4. Rasa

Saus bolognese yang mengandung daging memiliki rasa yang lebih kaya daripada saus marinara. Ada juga campuran wine dan susu yang membuat saus bolognese terasa sedikit lebih manis.

Sebaliknya, saus marinara terbuat dari bahan-bahan yang lebih sederhana. Rasanya lebih lembut dan cenderung asam karena bahan utamanya adalah tomat segar.

Baca Juga: 5 Jenis Keju yang Bisa Meleleh, Cocok Dijadikan Saus Keju!

5. Tekstur

Saus bolognese punya tekstur yang lebih kental dan cenderung creamy karena penambahan daging dan susu di dalamnya. Sementara saus marinara biasanya lebih encer dan kurang creamy.

6. Rempah yang digunakan

Bahan rempah yang digunakan saus bolognese dengan saus marinara juga berbeda.

Saus bolognese terdiri atas rosemary, sage, dan thyme. Sementara saus marinara terdiri atas bawang putih, oregano, dan kemangi segar.

Itu dia sederet perbedaan saus bolognese dengan saus marinara yang perlu Anda ketahui agar tak salah pilih jenis saus saat ingin menyantap makanan Italia.

Selanjutnya: Simak Daftarnya, 5 Film Indonesia Mulai Tayang di Netflix Hari Ini (13/7)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News