Santai

Penyebab Kucing Sudah Disteril Masih Birahi yang Perlu Diketahui Pemilik

Penyebab Kucing Sudah Disteril Masih Birahi yang Perlu Diketahui Pemilik

MOMSMONEY.ID - Kenaoa kucing sudah disteril masih birahi? Beberapa pemilik berpikir bahwa kucing yang sudah disteril tidak bisa birahi. 

Artikel ini memberikan penjelasan penyebab kucing sudah disteril masih birahi. 

Perilaku ini disebabkan oleh hormon seks yang diproduksi untuk memfasilitasi kopulasi. Pengebirian dalam bentuk pengebirian atau pengebirian menghilangkan organ utama yang menghasilkan hormon ini. 

Baca Juga: Buah yang Tidak Boleh Dimakan Penderita Diabetes, Penderita Penyakit Gula Perlu Tahu

Pengebirian adalah proses pembuangan organ seksual hewan. Untuk kucing jantan, ini berarti pembuangan testis melalui pengebirian. 

Untuk kucing betina, prosedur yang dikenal sebagai ovariohisterektomi dilakukan. Ini lebih dikenal sebagai pengebirian. 

Nah mengutip Animal Wised, berikut ini penyebab kucing sudah disteril masih birahi :

1. Residu Hormonal

Mengebiri kucing berarti menghilangkan organ seksualnya, yang dapat menyebabkan tubuh kucing tidak dapat memproduksi hormon seks. Hormon seks utama adalah estrogen pada kucing betina dan testosteron pada kucing jantan, yang sebagian besar diproduksi oleh ovarium dan testis. 

Hormon-hormon ini mengendalikan dorongan hewan dan akan menghasilkan perilaku seperti menungganginya. Perilaku menunggang ini tidak selalu terjadi pada kucing lawan jenis.

Secara umum, kucing yang dikebiri tidak memiliki keinginan untuk kawin. 

Kucing rumahan

Saat kucing dikebiri, mungkin masih ada kadar hormon seks tertentu di dalam tubuhnya. Kucing jantan bahkan mungkin masih memiliki sperma untuk waktu yang singkat.

Karena alasan ini, kucing mungkin masih akan melakukan hubungan seks setelah dikebiri, tetapi perilaku ini akan melambat dan berhenti pada akhirnya.

2. Perilaku Bermain

Salah satu alasannya adalah agresi pura-pura atau dominasi bermain. Ini adalah perilaku saat kucing menggunakan permainan untuk meniru perilaku berburu kucing liar. 

Ini tidak berarti kucing benar-benar berpikir bahwa mereka sedang memburu objek, hewan, atau penjaga.  

Baca Juga: Ini Alasan Kucing Suka Tidur di Kamar Mandi

Ini hanyalah ekspresi perilaku yang digunakan di alam liar untuk berlatih menangkap mangsa. Dengan cara ini, ini bukanlah tindakan seksual, terlepas dari penampilannya.

3. Stres atau Kecemasan

Karena ini adalah perilaku yang digunakan untuk meredakan frustrasi, ada kemungkinan kucing masih membungkuk karena mereka dapat menggunakannya sebagai mekanisme penanggulangan. 

Tidak jelas apakah kucing yang dikebiri akan mendapatkan kesenangan dari perilaku ini, tetapi itu adalah suatu kemungkinan. 

Terlepas dari itu, tindakan itu sendiri dapat cukup untuk membantu kucing mengatasi stres dan kecemasan.

Kucing yang stres akan melakukan berbagai perilaku tanpa tujuan. Perilaku ini dikenal sebagai stereotip dan ada untuk membantu kucing melepaskan rasa frustrasi saat tidak tahu harus berbuat apa lagi. 

Baca Juga: Cara Mengetahui Kucing Demam Tanpa Termometer untuk Pertolongan Pertama

Bagi kucing yang dikebiri di kemudian hari, mereka mungkin akan senang menunggangi dan menindih, jadi wajar saja jika mereka mencari kesenangan dari perilaku ini saat mengalami stres.

4. Kepribadian 

Alasan terakhir mengapa kucing yang dikebiri masih suka bercinta adalah karena mereka menikmatinya. 

Beberapa kucing akan memiliki kepribadian yang membuat mereka menikmati perilaku ini. 

Hal ini khususnya umum terjadi pada kucing yang dikebiri setelah mencapai kematangan seksual. Kucing-kucing ini telah belajar menikmati perilaku ini dan mungkin masih melakukannya karena alasan ini.

Nah itulah beberapa penyebab kucing sudah disteril masih birahi. 

Selanjutnya: September 2024 Masih Gratis, Ini Rute BisKita Trans Depok

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News