BisnisYuk

Penuhi Kebutuhan Konsumen, Grab Tingkatkan Fitur Keamanan dan Layanan

Penuhi Kebutuhan Konsumen, Grab Tingkatkan Fitur Keamanan dan Layanan

MOMSMONEY.ID - Kehadiran transportasi online mempermudah aktivitas masyarakat khususnya di Ibukota. Untuk memenuhi kebutuhan pengguna transportasi online, Grab Indonesia mengumumkan sejumlah perbaikan layanan.

Perbaikan ini dilakukan untuk meningkatkan kenyamanan dan keamanan konsumen, khususnya bagi pengguna layanan transportasi roda empat. Selain terus memperketat seleksi Mitra Pengemudi, berbagai pembaruan juga dilakukan pada fitur-fitur dalam aplikasi, antara lain Trip Monitoring dan Audio Protect. Tak hanya itu, Grab juga meluncurkan dua inovasi baru, yaitu fitur Akun Keluarga dan layanan GrabCar Plus (NEW).

“Kami mengerti kalau keamanan dan kenyamanan konsumen jadi prioritas yang tidak dapat dikompromi. Kami telah mendengar langsung dan mempelajari apa saja prioritas utama konsumen terhadap layanan GrabCar,” kata Tyas Widyastuti, Director of Mobility & Logistics, Grab Indonesia.

Dalam kurun waktu satu minggu, Grab Indonesia telah menerima banyak masukan, termasuk perihal perekrutan Mitra Pengemudi. Selain pengetatan verifikasi data yang memastikan data identitas Mitra sesuai dengan data yang ada di sistem pemerintah.

Grab Indonesia juga menerapkan kewajiban tes psikologi tatap muka. Dua hal ini merupakan tambahan persyaratan umum yang sudah dilakukan seperti penyertaan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK).

Baca Juga: Promo Mandiri Terbaru 2024, Tiap Jalan Pakai GrabCar Dapat Bonus Voucher GrabFood

Radhi Juniantino, Director of Trust & Safety and Grab Support, Indonesia menambahkan sebagai pionir dalam industri ride hailing, Grab menerapkan tes psikologi tatap muka secara bertahap bagi Mitra Pengemudi. Tak hanya itu, Grab juga bekerja sama dengan pihak ketiga yang memiliki izin resmi, untuk melakukan validasi dan verifikasi seluruh dokumen identitas Mitra Pengemudi, baik yang akan bergabung maupun sudah bergabung, cocok dengan data kependudukan dari pemerintah.

"Mitra Pengemudi juga diwajibkan untuk melakukan verifikasi wajah secara berkala,” ungkapnya.

Adapun tambahan beberapa pembaruan fitur yang tersedia di layanan GrabCar antara lain:

Trip Monitoring

Grab memperketat proses pemantauan perjalanan (Trip Monitoring) untuk mendeteksi perjalanan secara real-time dan memperkecil kemungkinan terjadinya tindakan yang tidak diinginkan dengan adanya intervensi manual. Intervensi manual bersifat proaktif dimana tim Grab Support akan menghubungi penumpang dan pengemudi jika terjadi penyimpangan rute atau pemberhentian tidak wajar pada jam tertentu, terutama jika mereka tidak merespon notifikasi di aplikasi Grab.

Audio Protect

Fitur perekaman suara dengan persetujuan penumpang (Audio Protect) hanya dimiliki Grab di industri ride hailing. Perekaman suara akan otomatis dilakukan sejak Mitra Pengemudi menerima pemesanan dari penumpang yang sudah memberikan persetujuan. Selain itu, konsumen yang telah memberikan persetujuannya dapat mengakses Audio Protect melalui Pusat Keselamatan sehingga pengaturan perekaman dapat dilakukan dengan lebih mudah.

Tombol Darurat

Pada akhir tahun 2024, Grab akan memindahkan lokasi Tombol Darurat di aplikasi penumpang agar lebih terlihat dan lebih mudah diakses dalam keadaan darurat.

Akun Keluarga

Dengan persentase pengguna perempuan di Grab yang lebih dominan, salah satu masukan yang cukup banyak didapat adalah dari para Ibu yang menginginkan notifikasi otomatis jika terdapat anggota keluarga yang tengah menggunakan layanan transportasi dari Grab. Menjawab kebutuhan tersebut, Grab juga meluncurkan fitur Akun Keluarga.

Baca Juga: Promo Jenius Ekstra Diskon di Berbagai Layanan Grab dan Gojek 29 Mei 2024

Jika admin telah menambahkan anggota keluarga ke Akun Keluarga, ia akan mendapatkan notifikasi otomatis dan kemampuan melihat posisi mobil secara real-time saat mereka melakukan perjalanan bersama Grab. Tak hanya itu, anggota Akun Keluarga juga dapat menggunakan metode pembayaran yang dibebankan pada admin sehingga pembayaran lebih terpusat.

GrabCar Plus (NEW)

Grab juga melakukan uji coba GrabCar Plus dengan standar baru untuk menjawab kebutuhan para pengguna yang menginginkan perjalanan dengan armada yang lebih besar, baru dan nyaman. Beberapa keunggulan yang ditawarkan di layanan GrabCar Plus (NEW) antara lain:

Mobil non-LCGC

Tahun produksi kendaraan yang lebih baru. Seleksi kualitas kendaraan yang lebih ketat yang dilengkapi dengan pengecekan kendaraan secara berkala. Lalu implementasi tambahan identitas pelengkap bagi Mitra Pengemudi seperti seragam, kartu identitas dalam mobil, dan stiker pada armada dilakukan secara bertahap mulai dari Agustus 2024

“Dari dialog terbuka seperti yang kami lakukan sebelumnya, banyak pengguna yang menginginkan layanan lebih premium dan armada lebih nyaman. Hal ini yang melatarbelakangi hadirnya GrabCar Plus (NEW) yang saat ini tersedia di berbagai wilayah di DKI Jakarta dan wilayah tertentu di Bali. Tapi konsumen tidak perlu khawatir, apapun jenis layanan transportasi roda empat yang dipilih, semua fitur keamanan tetap dapat dimanfaatkan tanpa terkecuali,” tutur Tyas.

Baca Juga: Ini Cara Top Up OVO Lewat BCA Mobile

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News