Santai

Pengguna Commuter Line Jabodetabek Tembus 14 Juta Penumpang Hingga Hari ke-17 Puasa

Pengguna Commuter Line Jabodetabek Tembus 14 Juta Penumpang Hingga Hari ke-17 Puasa

MOMSMONEY.ID - Hingga hari ke-17 puasa Ramadhan, volume pengguna Commuter Line Jabodetabek mencapai lebih dari 14 juta orang. Bila ditotal, jumlah pengguna commuter line sepanjang Maret 2024 sudah mencapai 23,86 juta orang.

Volume tertinggi sepanjang Ramadhan pada Kamis (28/3) atau sebelum libur panjang perayaan Paskah, yaitu sebanyak 1.006.320 orang.

Pada Jumat (29/3) sore bertepatan dengan libur panjang perayaan Paskah, situasi operasional Commuter Line Jabodetabek pun terpantau ramai, terutama di stasiun-stasiun sekitar wilayah perbelanjaan dan daerah wisata seperti Stasiun Tanah Abang dan Stasiun Bogor.

“Per pukul 17.00 WIB tercatat volume pengguna Commuter Line Jabodetabek sebanyak 423.944 orang,” Anne Purba Corporate Secretary KAI Commuter dalam keterangan tertulis, Sabtu (30/3).

Baca Juga: Layani Pemudik Pengguna Mobil Listrik, PLN Siagakan 1.124 SPKLU di Seluruh Indonesia

Berdasarkan pantauan KAI Commuter pada lintas Tanah Abang - Rangkasbitung, pengguna didominasi pengguna musiman yang hendak berbelanja di Pasar Tanah Abang.

Hingga pukul 17.00 WIB volume pengguna yang turun di Stasiun Tanah Abang sebanyak 72.764 orang. Sedangkan di Stasiun Bogor tercatat sebanyak 19.681 orang yang didominasi dengan pengguna yang hendak liburan menuju tempat wisata.

Lebih lanjut, KAI Commuter berharap dapat membantu berputarnya roda perekonomian masyarakat di seluruh lintas layanan. Salah satu indikatornya adalah banyaknya pengguna yang menggunakan layanan Commuter Line di Stasiun Tanah Abang untuk berbelanja di wilayah pusat perbelanjaan Pasar Tanah Abang.

Setelah sempat meredup karena pandemi, pasar ini kembali menunjukkan geliatnya lantaran masih eksisnya puluhan ribu kios di pasar tersebut.

Geliat Pasar Tanah Abang juga disebut ditopang dengan integrasi antar-moda transportasi, salah satunya Commuter Line yang menunjukkan peningkatan penumpang setiap harinya.

Sementara itu, volume pengguna Commuter Line Basoetta tercatat sepanjang Maret 2024 ini sebanyak 154.651 orang. Sedangkan total volume pengguna Commuter Line Basoetta selama bulan Ramadan ini sebanyak 86.025 orang. Dengan mengoperasikan sebanyak 56 perjalanan, Commuter Line Basoetta diharapkan bisa sebagai alternatif pilihan masyarakat.

Sedangkan untuk pelayanan Commuter Line Merak, sepanjang Maret ini telah melayani 273.271 orang dengan total volume selama Ramadan sebanyak 128.099 orang. Hingga kini, KAI Commuter mengoperasikan sebanyak 14 perjalanan Commuter Line Merak per harinya mulai pukul 05.05 WIB sampai dengan pukul 21.22 WIB.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News