Bugar

Pemilihan Bahan, Begini Cara Mengecek Makanan yang Aman

Pemilihan Bahan, Begini Cara Mengecek Makanan yang Aman

MOMSMONEY.ID - Selain bergizi, makanan juga harus aman. Nah, berikut ini cara mengecek makanan yang aman.

Keamanan pangan mulai dari proses pengolahan hingga penyajian, karena terkadang masalah utama justru dari proses dan penyajian yang bisa menimbulkan penyakit. 

Widya Fadila, pakar kesehatan masyarakat, mengatakan, ada enam aspek keamanan pangan yang perlu diperhatikan dalam menyiapkan makanan:

  • Pemilihan bahan makanan
  • Penyimpanan bahan makanan
  • Pengolahan makanan
  • Penyimpanan makanan jadi
  • Pengangkutan makanan
  • Penyajian makanan

Baca Juga: Bisa Dicoba Moms, Inilah 4 Seafood yang Aman Dikonsumsi Ibu Hamil

Menurut Widya, apabila tidak memperhatikan aspek tersebut, ada bahaya yang mengintai seperti bahaya fisik. Jika makanan itu merupakan makanan yang dijual, bisa saja wadahnya tidak tertutup rapat. 

Kemudian, bahaya kimia adalah penggunaan bahan tambahan pangan yang tidak berizin atau melebihi batas risiko kesehatan yang berat. Terakhir, bahaya mikrobiologi, misalnya, tercemar virus, bakteri dan jamur. 

"Perhatikan waktu kedaluwarsa, perhatikan kondisi kemasa, kemanan produk, izin edar dari BPOM, dan bijak melihat komposisi makanan dan lebih bijak memilih porsi makanan," kata Widya dalam acara Buka Puasa Bersama Kata Oma Telur Gabus di kantor Unifam, Kamis (30/3). 

Widya menambahkan, penting mengecek kemasan dengan gerakan cek “KLIK”. Maksudnya, “K” adalah cek kemasan, “L” adalah cek label dalam kamasan, “I” adalah cek izin eder dari BPOM, dan “K” yang terakhir adalah cek kedaluwarsa.

Itulan cara mengecek makanan yang aman.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News