BisnisYuk

Peluang Ekspor Produk Indonesia Besar, Ini Tips Bagi UMKM yang Ingin lakukan Ekspor

Peluang Ekspor Produk Indonesia Besar, Ini Tips Bagi UMKM yang Ingin lakukan Ekspor

MOMSMONEY.ID - Coach Ekspor Certified BNSP Sekolah Ekspor, Titan Sabtian mengatakan, produk Indonesia memiliki potensi yang besar untuk diekspor ke berbagai negara. Menurutnya, hal ini lantaran tersedianya sumber daya alam yang besar, ditambah banyaknya produk-produk kreatif yang dihasilkan oleh masyarakat Indonesia.

Titan juga menyebut, bila dilihat dari potensi pasar, pasar ekspor untuk produk Indonesia pun masih tinggi, mulai dari negara-negara Asia hingga Eropa.

"Tetapi kembali lagi UMKM kita ini harus naik kelas dulu, artinya harus sudah siap naik kelas, karena ekspor ini saingannya global. Pesaing terbesar kita di wilayah Asean ini adalah Thailand dan Vietnam khusus untuk produk-produk UMKM. Belum lagi bicara China. Tetapi tidak usah khawatir karena potensi produk kita jauh lebih banyak, bagus dan berkualitas," ujar Titan, Rabu (20/9).

Baca Juga: Ini Lo Ide Memanfaatkan Ruangan di Bawah Tangga!

Titan pun membagikan tips bagi UMKM yang ingin melakukan ekspor produknya. Pertama, dia mengatakan UMKM harus benar-benar menguasai produk yang dia jual (product knowledge).

"Jadi harus tahu produknya kelebihannya apa, unique selling pointnya apa yang bisa dijual," tambahnya.

Kedua, dia pun menyarankan agar UMKM terus belajar. Dalam ekspor, ini berarti pelaku UMKM harus melakukan riset lebih dulu untuk mengetahui apakah produk yang dijualnya memang memiliki pasar di luar negeri.

Setelah riset dilakukan dan memang ada pasarnya, dia pun menyarankan agar pelaku UMKM mencari calon pembeli. Menurutnya, cara ini ada banyak seperti melalui pameran, menjalin relasi (networking) atau bekerja sama dengan platform seperti Mallindo, yakni platform yang dikelolanya yang fokus pada penjualan produk-produk Indonesia di Malysia.

"Ini bisa menjadi jalan tol, mau display offline di Johor atau di Melaka atau mau online melalui Mallindo.com," ujar Titan.

Titan juga menambahkan, bila pelaku UMKM memang ingin mengetahui apakah produknya diminati pasar luar negeri atau tidak, maka harus mencoba memasarkan. Sementara, menurutnya masih banyak UMKM yang takut-takut untuk mencoba. Meski begitu, dia juga mengingatkan bahwa untuk ekspor pun terdapat berbagai regulasi yang harus dipatuhi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News