Bugar

Panduan Cara Mengatasi Kulit Kering dengan Alami, Pakai Lidah Buaya hingga Buah

Panduan Cara Mengatasi Kulit Kering dengan Alami, Pakai Lidah Buaya hingga Buah

MOMSMONEY.ID. Intip sederet vitamin dan mineral yang berguna untuk mengatasi kulit kering. Kondisi kulit yang tidak sehat ditandai dengan berbagai masalah salah satunya kulit kering.

Kulit kering adalah kondisi kulit yang ditandai oleh kekurangan kelembaban alami pada kulit, sehingga kulit menjadi kering, kasar, dan sering kali terasa tegang atau gatal.

Ini adalah masalah umum yang dapat memengaruhi siapa saja, terlepas dari usia atau jenis kulit.

Pastikan Anda perlu mengenali beberapa gejala hingga karakteristik dari masalah ini.

Baca Juga: Awas Jadi Gejala Anemia, Inilah 4 Tanda Tubuh Kekurangan Vitamin B Kompleks

kulit kering di sekitar mulut

Karakteristik dan gejala kulit kering

Berikut adalah beberapa karakteristik dan gejala kulit kering:

  • Kulit Kering dan Kasar: Kulit tampak kering dan terasa kasar saat disentuh. Ini dapat terjadi di seluruh tubuh atau hanya pada area tertentu.
  • Ketidaknyamanan: Kulit kering sering kali disertai dengan rasa ketidaknyamanan seperti gatal, terasa tegang, atau terbakar.
  • Pelekatan atau Pecah-pecah: Di beberapa kasus, kulit kering dapat mengelupas atau pecah-pecah, terutama pada bagian tangan, siku, lutut, atau tumit.
  • Warna yang Terlihat Pucat: Kulit kering dapat terlihat pucat atau kusam, dan beberapa bagian kulit bahkan dapat mengelupas atau terasa terlalu tipis.
  • Garis-garis Halus: Kulit kering juga dapat membuat garis-garis halus atau kerutan menjadi lebih terlihat.

Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan kulit menjadi kering, termasuk:

  • Cuaca Ekstrem: Cuaca dingin, angin kering, atau paparan sinar matahari yang berlebihan dapat mengeringkan kulit.
  • Pencucian yang Terlalu Sering: Pencucian berlebihan atau menggunakan sabun yang keras dapat menghilangkan minyak alami kulit.
  • Penuaan: Proses penuaan alami dapat mengurangi produksi minyak alami oleh kulit, yang dapat menyebabkan kulit menjadi lebih kering.
  • Paparan Bahan Kimia: Paparan bahan kimia seperti deterjen atau produk perawatan kulit yang mengandung alkohol dapat mengiritasi kulit dan menyebabkan kekeringan.
  • Penyakit Kulit: Beberapa kondisi kulit, seperti dermatitis atopik (eksim) atau psoriasis, dapat menyebabkan kulit menjadi kering.

Daftar vitamin dan mineral yang berguna untuk mengatasi kulit kering dengan mujarab dilansir dari Independent Pharmacy.

Baca Juga: Ada 5 Manfaat Konsumsi Ikan Belut, Mulai Kesehatan Otak hingga Jantung

Vitamin dan mineral untuk kulit kering

1. Minyak hati ikan kod

Minyak ikan (khususnya minyak hati ikan kod) terkenal karena kemampuannya membantu menjaga kelembapan alami kulit, yaitu stratum korneum. Suplemen minyak hati ikan kod dapat membantu meningkatkan hidrasi kulit dan meningkatkan pertahanannya terhadap peradangan dan kerusakan akibat sinar matahari.

Lebih baik lagi, minyak hati ikan kod juga telah terbukti memperbaiki gejala psoriasis – suatu kondisi kulit tidak menyenangkan yang menyebabkan kulit pecah-pecah, bersisik, dan kering. Jadi, jika Anda sering menderita kulit kering, pertimbangkan untuk memasukkan kapsul minyak hati ikan kod ke dalam makanan Anda.

2. Seng

Selain menjaga fungsi DNA dan RNA (asam ribonukleat) serta memperkuat sistem kekebalan tubuh, zinc juga membantu menyembuhkan luka, dan sangat bermanfaat bagi siapa saja yang menderita kulit kering.

Seng juga merupakan anti-inflamasi yang kuat, dan dikenal dapat mencegah kerusakan akibat sinar UV. Jika dioleskan secara topikal, zinc merupakan antibakteri dan antioksidan yang kuat, serta sangat baik dalam meredakan kulit merah dan meradang.

Kebanyakan formulasi multivitamin mengandung zinc, namun mineral ini juga dapat ditemukan pada makanan seperti Alpukat, Blackberry, buah kiwi selain itu ada daging merah dan ayam.

3. Vitamin C

Vitamin C sangat bagus untuk kulit Anda, dan inilah alasannya: mengandung sifat antioksidan dan anti-inflamasi, membantu memperbaiki kerusakan pada kulit, dan melindungi kulit Anda dari paparan sinar matahari. Vitamin C hadir dalam berbagai macam buah dan sayuran adalah Jeruk, buah kiwi, Jeruk lemon, Jeruk bali, Tomat hingga buah Stroberi.

Vitamin C tidak mahal dan banyak tersedia sebagai suplemen makanan. Suplemen ini tersedia dalam berbagai bentuk, mulai dari permen karet kunyah hingga pil dan tablet effervescent.

Jumlah vitamin C harian yang direkomendasikan adalah 90mg untuk pria, dan 75mg untuk wanita, dan memastikan Anda menerima dosis harian dapat membantu tubuh Anda untuk:

4. Vitamin D

Vitamin D berperan penting dalam menjaga integritas pelindung alami kulit Anda, yang bertindak sebagai garis pertahanan pertama melawan bakteri berbahaya.

Apabila Anda tidak mendapatkan cukup vitamin D, kulit Anda akan segera menderita eksim atau psoriasis – keduanya terkait dengan kulit kering. Vitamin D juga membantu mengatur tingkat kelembapan kulit, dan mirip dengan vitamin C, suplemen tersedia dalam berbagai bentuk.

Kekurangan vitamin D ternyata sangat umum terjadi, terutama di Inggris. Biasanya, kita menerima sebagian besar vitamin D dari sinar matahari, namun bagi siapa pun yang tinggal di belahan bumi utara, sedikit sinar matahari yang berhasil diserap kulit kita tidaklah cukup, terutama selama bulan-bulan musim dingin.

5. Vitamin E

Dengan konsumsi vitamin E tentu berperan penting jika Anda ingin mendapatkan kulit yang sehat dan lembab. Sebagai bahan umum dalam produk perawatan kulit, vitamin E adalah antioksidan, dan selain tersedia secara luas sebagai suplemen, vitamin E juga banyak ditemukan dalam makanan seperti:

Biji bunga matahari, Kacang kacangan, buah labu, Paprika merah, hingga kacang almond

Mirip dengan vitamin C, vitamin E membantu melindungi kulit Anda dari sinar UV matahari yang berbahaya, dengan mencegah kerusakan akibat radikal bebas akibat sinar UV. Ini juga telah terbukti membantu tubuh Anda pulih dari sengatan matahari.

6. Kolagen

Kolagen adalah protein yang secara alami ditemukan di kulit dan jaringan ikat merupakan salah satu protein paling melimpah di tubuh. Kolagen membantu menyatukan otot, tulang, tendon, ligamen, dan organ Anda.

Namun, salah satu fungsi kolagen yang paling penting adalah membantu memberikan struktur dan elastisitas pada kulit.

Sayangnya, seiring bertambahnya usia, produksi kolagen tubuh kita semakin berkurang. Bubuk kolagen adalah suplemen populer yang dapat membantu mengembalikan kekenyalan dan elastisitas kulit Anda.

7. Lidah buaya

Tanaman lidah buaya telah digunakan selama berabad-abad untuk mengobati luka bakar, ruam, dan kulit kering. Apabila dioleskan secara topikal, gel lidah buaya dapat meningkatkan pertumbuhan sel kulit baru, dan sebagai suplemen, merupakan antioksidan yang hebat.

Tentunya, lidah biaya bisa menjadi salah satu cara untuk mengatasi kulit kering secara langsung maupun dikonsumsi.

Saat kulit kering Anda terus-menerus atau sangat mengganggu, konsultasikan dengan seorang ahli kulit atau dokter untuk diagnosis dan perawatan yang lebih lanjut.

Itulah beberapa informasi terkait vitamin dan mineral yang berguna untuk mengatasi kulit kering yang bisa dikonsumsi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News