HOME, Keluarga

Pahami Bahaya Kucing Mengonsumsi Tulang Ikan

Pahami Bahaya Kucing Mengonsumsi Tulang Ikan

MOMSMONEY.ID - Beberapa orang berpendapat bahwa kucing liar biasanya akan memakan sisa-sisa makanan seperti tulang ikan, sehingga mereka menyukainya. Padahal, kenyataannya tidak seperti itu.

Di alam liar, kucing akan memakan apa yang sekiranya bisa mereka makan bila tak mendapat hewan buruan. Sebagai hewan karnivora, mereka tentu saja akan memakan apapun bagian dari daging hewan lain, termasuk tulang.

Kucing yang dipelihara tentu tak bisa disamakan dengan kucing yang terbiasa hidup liar. Jadi, jangan sampai Anda memberikan kucing peliharaan tulang ikan. Memakan tulang ikan bisa sama berbahayanya seperti kucing menelan racun.

Baca Juga: Resep Masakan untuk Pakan Kucing yang Rendah Kalori

Dilansir dari Cat Time, masalah utamanya adalah kucing bisa tersedak tulang saat memakannya, terutama pada kucing peliharaan yang mungkin sudah terbiasa dengan makanan basah. Masalah ini bukan disebabkan tulang sudah dimasak atau masih mentah, karena keduanya sama-sama berisiko membuat kucing tersedak.

Ikan yang dimasak akan membuat tulang lebih lunak memang benar. Namun, ada hal-hal lain yang perlu tetap dipertimbangkan ketika hendak memberikan ikan utuh dengan tulang kepada kucing. Pertama, tulang yang telah lunak dapat pecah karena gigitan kucing, tetapi Anda tak pernah tahu apakah kucing dapat menelannya dengan baik atau tidak.

Kedua, pecahan yang tertelan mungkin aman di tenggorokannya, tetapi itu bisa melukai sistem pencernaannya yang rentan.

Pemilihan jenis dan ukuran ikan juga penting. Sebab, ada beberapa jenis ikan memiliki tulang keras dan tulang lunak. Ikan berukuran kecil adalah pilihan yang aman. Ikan yang telah dimasak, baik direbus atau dikukus presto, membuat Anda lebih mudah memisahkan tulang yang keras dengan yang lebih lembut.

Ada baiknya jika ikan presto diberikan setelah mencacahnya dalam ukuran-ukuran kecil supaya kucing lebih mudah melahapnya. Namun, Anda perlu tetap mengawasinya terkait kemungkinan-kemungkinan yang tidak diinginkan. Apalagi jika kucing belum terbiasa memakan ikan utuh sebelumnya.

Baca Juga: Ingin Tahu Apakah Kucing Peliharaan Menyukaimu? Ini Tanda-Tandanya

Cara mengatasi kucing tersedak tulang ikan

Kucing yang tersedak, biasanya akan berusaha memuntahkan makanannya kembali ketimbang menelannya. Proses ini bisa jadi menyakitkan untuk kucing.

Cara mengambil penghalang di tenggorokan kucing dapat dilakukan dengan langkah pertama membuat kucing berbaring menghadap Anda, kemudian buka rahangnya hati-hati. Lihat di dalam tenggorokannya apakah terlihat tulang atau tidak. Jika ini cukup mudah diambil, Anda dapat mengambilnya dengan bantuan pinset. Lakukan dengan hati-hati. Jika Anda berhasil, tetap pantau kucing dan bawa ke rumah sakit hewan setelahnya.

Namun, bila Anda belum pernah melakukannya dan ragu, hal yang perlu Anda lakukan adalah membawa kucing ke dokter hewan atau menghubunginya. Mintalah instruksi dokter untuk mengatasi tersedak tulang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News