Bugar

Pahami 5 Cara Mengatasi Bibir Kering dengan Benar, Gimana?

Pahami 5 Cara Mengatasi Bibir Kering dengan Benar, Gimana?

MOMSMONEY.ID - Terasa tidak nyaman, Anda bisa coba cara mengatasi bibir kering dengan benar di sini. Bibir kering salah satu masalah yang cukup mengganggu penampilan sehari-hari.

Bibir kering membuat wajah terlihat kusam, lesu dan saat mengaplikasikan lipstik ke bibir jadi tidak menyatu. 

Namun, tidak perlu khawatir! Simak cara mengatasi bibir kering dengan benar dilansir dari realfood.co.id, yaitu: 

1. Berhenti Menjilat Bibir

Cara pertama mengatasi bibir kering adalah berhenti menjilat bibir. Jika Anda berpikir bahwa membasahi bibir dengan cara menjilat akan membuat bibir menjadi lebih lembap dan bebas kering, itu cara yang salah. 

Menjilat bibir yang dilakukan dengan sering akan membuat bibir menjadi lebih kering. Pada dasarnya air liur mengandung enzim ptialin atau amilase yang berfungsi memecah gula makanan atau amilum menjadi gula.

Hal ini menyebabkan bibir menjadi kering dan bisa jadi membuat bibir menjadi bau tidak sedap. Selain itu, cara mengatasi bibir kering dengan menjilat bibir dapat menyebabkan bibir menjadi kusam dan akhirnya bibir terlihat gelap.Oleh karena itu, hentikan kebiasaan menjilati bibir sekarang juga. 

Baca Juga: Bisa Dicoba di Rumah! Ini 5 Manfaat Olahraga Freeletics untuk Kesehatan

2. Eksfoliasi Sel Kulit Mati di Bibir

Cara mengatasi bibir kering selanjutnya adalah eksfoliasi sel kulit mati di bibir. Penumpukan sel kulit mati di bibir juga bisa menyebabkan bibir menjadi kering dan pecah-pecah.

Anda bisa melakukan eksfoliasi lembut untuk bantu angkat sel kulit mati. Siapkan produk lip scrub untuk eksfoliasi atau Anda juga bisa gunakan sikat gigi yang halus.

Cara mengatasi bibir kering yang satu ini akan terasa instan dan sangat cepat karena bibir yang mengelupas dijamin langsung hilang.

Sebaiknya lakukan 2-3 kali seminggu, hindari eksfoliasi setiap hari karena kulit bibir adalah kulit yang tipis. 

3. Gunakan Pelembab dan Petrolatum

Kemudian, gunakan pelembab dan petrolatum di bibir. Lip balm umumnya terbuat dari shea butter atau petrolatum yang membentuk lapisan agar bibir tidak kering.

Namun, sejatinya bibir yang kering memerlukan lebih daripada sekedar lip balm. Cara paling mudah adalah menggunakan lip serum yang khusus untuk melembapkan kulit.

Bisa juga diakali dengan menggunakan pelembap wajah tanpa pewangi buatan di area bibir, pijat hingga meresap. Lanjutkan dengan menggunakan lip balm atau petrolatum sebelum tidur. Hasilnya bibit lembap seharian. 

Baca Juga: Bisa Dicoba! Inilah 4 Cara Menghilangkan Bau Badan dengan Bahan Alami

4. Kurangi Penggunaan Lipstik Cair

Berikutnya, Anda juga perlu mengurangi pemakaian lipstik cair. Menggunakan masker memang bisa menyebabkan lipstick transfer ke masker. Sehingga menggunakan lipstick cair yang tahan lama bisa menjadi solusi.

Namun, lipstick cair kebanyakan memiliki tekstur yang mengering di bibir dan tidak kaya akan kandungan pelembap. Hal ini dapat membuat bibirmu menjadi semakin kering.

Cobalah untuk mengurangi frekuensi penggunaan lipstick cair atau segera ganti dengan lipstick yang lebih melembapkan. Lip stain dan tinted lip balm bisa menjadi cara mengatasi bibir kering tanpa mengganggu penampilan Anda. 

5. Konsumsi Buah, Sayur dan Cairan

Cara mengatasi bibir kering lainnya adalah konsumsi buah, sayur dan penuh cairan tubuh. Konsumsi harian cairan juga sangat mempengaruhi kondisi bibir Anda.

Dengan meningkatkan konsumsi cairan harian, maka bibir bisa lembab dan sehat. Anda bisa mengonsumsi buah dan sayur yang kaya akan vitamin dan mineral, ataupun dengan minum lebih banyak cairan. 

Jadi, itulah beberapa cara mengatasi bibir kering dengan benar yang bisa Anda coba lakukan di rumah. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News