Keluarga

Orang Tua Wajib Ajarkan, Ini 5 Etika Bertamu Saat Lebaran yang Harus Dilakukan Anak

Orang Tua Wajib Ajarkan, Ini 5 Etika Bertamu Saat Lebaran yang Harus Dilakukan Anak

MOMSMONEY.ID - Sebentar lagi Lebaran tiba. Tradisi bersilaturahmi atau saling mengunjungi rumah kerabat pasti dilakukan. Agar tak memalukan, mari ajarkan anak sederet etika bertamu yang wajib diingat dan dilakukan.

Meski anak Moms masih kecil, namun tak ada salahnya untuk mulai mengajarkan & mencontohkan bagaimana etika bertamu yang wajib dilakukan.

Dengan melakukan berbagai hal sopan, maka anak akan mudah disukai karena mengerti akan sopan & santun.

Nah, berikut ini MomsMoney hadirkan berbagai etika bertamu yang wajib diajarkan orang tua kepada anak, dilansir dari Kimbo, berikut ini.

Baca Juga: Wajib Tersedia, Inilah 5 Bumbu Dasar Siap Pakai untuk Menghemat Waktu Masak

Ucapkan salam

Salah satu etika bertamu yang wajib diajarkan para orang tua pada anaknya adalah mengucapkan salam.

Saat sedang bertamu ke rumah orang lain, ajarkan anak untuk selalu mengucapkan salam, tersenyum, dan menyapa terlebih dahulu.

Etika ini juga harus diterapkan ke dalam perilaku sehari-hari, tidak hanya saat-saat tertentu seperti silaturahmi di momen Lebaran, tetapi juga kapanpun.

Baca Juga: Tetap Terjamin Higienis, Ini 5 Cara Mencuci Sayuran Tanpa Hilangkan Nutrisinya

Meminta izin sebelum melakukan sesuatu

Etika bertamu lainnya yang wajib diajarkan kepada anak salah satunya adalah meminta izin.

Penting untuk meminta izin kepada pemilik rumah. Misalnya pada saat ingin ke toilet, anak harus bertanya & meminta izin untuk diarahkan menuju toilet.

Berlaku hal yang sama, apabila anak ingin melihat-lihat ke rumah seseorang, ataupun meminjam barang yang bukan miliknya, penting diajarkan untuk meminta izin pemiliknya terlebih dahulu.

Ini akan membuat orang-orang berpikir bahwa sang anak merupakan anak yang sopan dan dididik dengan baik.

Baca Juga: Mudah Diterapkan, Ikuti 7 Tips Agar Anak Mau Makan Ikan Tanpa Banyak Menolak

Tahu waktu

Etika bertamu saat Lebaran yang wajib orang tua ajarkan pada anak salah satunya adalah tahu waktu atau sadar akan waktu.

Meski rumah yang kita kunjungi merupakan rumah dari kerabat/sahabat karib, namun bukan berarti anak diperbolehkan untuk berlama-lama dalam bertamu. Sebab, terkadang ada kondisi tertentu di mana anak betah dan tak ingin pulang.

Meski pemilik rumah bersikap ramah tamah kepada kita sebagai tamu, namun bukan berarti pemilik rumah senang dikunjungi dalam waktu yang lama. Bisa jadi pemilik rumah kesulitan untuk “mengusir” kita secara halus.

Jadi, ajarkan pada anak tentang etika waktu saat bertamu. Cukup sebentar dalam bertamu dan tak usah terlalu lama.

Baca Juga: Penuh Makna, Ini 7 Kegiatan Ramadan Seru yang Bisa Dilakukan Bersama Anak

Berpamitan

Etika bertamu lainnya yang harus diketahui anak adalah berpamitan saat akan pulang kepada pemilik rumah.

Jika pada saat berkunjung ke rumah orang lain anak diharuskan mengucapkan salam, maka pada saat pulang pun anak harus berpamitan.

Berpamitan tak hanya dilakukan kepada pemilik rumah saja, tetapi pada orang tua, guru, ataupun teman ketika hendak pergi.

Baca Juga: 6 Cara Bikin Sayuran Jadi Makanan yang Lezat Tanpa Rasa Pahit dan Hambar

Selalu ucapkan terima kasih

Terakhir, etika bertamu yang tak boleh dilupakan untuk diajarkan oleh orang tua kepada anaknya adalah selalu mengucapkan kata terima kasih.

Ini mengajarkan anak untuk selalu mengucapkan rasa syukur/terima kasih kepada siapapun yang menyambut kehadirannya & menjamunya dengan baik.

Itulah sederet etika bertamu yang wajib diajarkan orang tua kepada anaknya, terutama saat akan bersilaturahmi / Halal bi Halal Lebaran nanti.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News