Santai

Ninja Xpress Bagikan Tips Berkendara Motor Agar Selamat Sampai Tujuan

Ninja Xpress Bagikan Tips Berkendara Motor Agar Selamat Sampai Tujuan

MOMSMONEY.ID - Di musim liburan seperti saat ini, berkumpul bersama keluarga dan menghabiskan waktu mengunjungi destinasi wisata bisa menjadi kegiatan yang dipilih. Berwisata dengan menggunakan sepeda motor pun menjadi opsi.

Ninja Xpress yang telah mengantongi sertifikasi safety riding dari BPJS Ketenagakerjaan ini pun membagikan sejumlah tips bagi pengendara sepeda motor agar perjalanan tetap aman dan menyenangkan. Ninja Xpress menyebut, keselamatan adalah prioritas utama, terutama saat berkendara jarak jauh.

“Keselamatan di atas segalanya saat berkendara motor. Setiap perjalanan adalah peluang untuk menerapkan tips safety riding, memastikan kita tiba tujuan dengan selamat dan penuh kenangan indah,” ujar Hendra Novan, Head of Health, Safety and Environment Ninja Xpress dalam keterangan tertulis, Rabu (27/12).

Nah, berikut ini sejumlah tips yang bisa Anda ikuti:

1. Merawat Kendaraan

Sebelum memulai perjalanan, pastikan motor Anda dalam kondisi baik. Periksa rem, lampu, ban, dan oli mesin. Pastikan bahwa semua komponen kendaraan berfungsi dengan baik untuk menghindari masalah teknis yang dapat terjadi di tengah perjalanan.

2. Beristirahat Secukupnya

Penting untuk menghindari kelelahan saat berkendara. Berhentilah untuk istirahat sejenak setiap 1-2 jam, terutama saat melakukan perjalanan jarak jauh. Hal ini membantu menjaga fokus dan kewaspadaan Anda di jalan.

Baca Juga: Tujuh Hal yang Bisa Picu Keungan Anda Sudah Sulit Makin Sulit

3. Mengenali Rute Perjalanan

Sebelum berangkat, kenali rute perjalanan Anda. Gunakan aplikasi navigasi atau peta untuk mengetahui jalan-jalan yang akan dilalui. Ini membantu Anda menghindari jalan yang sulit atau berbahaya, serta memberikan perkiraan waktu tiba.

4. Mengenakan  Perlengkapan Pelindung

Pastikan untuk selalu menggunakan perlengkapan pelindung seperti helm, jaket, sarung tangan, sepatu tahan air, dan perlengkapan pelindung lainnya. Perlengkapan ini tidak hanya melindungi Anda dari cuaca buruk, tetapi juga dari risiko cedera dalam kecelakaan.

5. Menjaga Jarak Aman dan Menghindari Kecepatan Berlebihan

Selalu patuhi batas kecepatan dan sesuaikan kecepatan Anda dengan kondisi jalan dan lalu lintas. Hindari kecepatan berlebihan, terutama di area yang tidak dikenal atau berliku. Dan jangan lupa untuk pertahankan jarak aman dengan kendaraan di depan Anda. Ini memberi Anda lebih banyak waktu untuk bereaksi jika terjadi kecelakaan atau situasi darurat. Jarak aman juga membantu mengurangi risiko tabrakan.

Hendra pun mengatakan dengan menerapkan tips keselamatan berkendara motor ini, pengguna sepeda motor tidak hanya mengamankan perjalanan liburan, tetapi juga memastikan setiap momen di atas sepeda motor menjadi kenangan yang penuh keceriaan dan keamanan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News