Santai

Museum Kebangkitan Nasional Akan Gelar Muskitnas MUN 2024, Pendaftaran Hingga 31 Juli

Museum Kebangkitan Nasional Akan Gelar Muskitnas MUN 2024, Pendaftaran Hingga 31 Juli

MOMSMONEY.ID - Museum Kebangkitan Nasional akan menyelenggarakan kegiatan Muskitnas Model United Nation (MUN) 2024, yakni salah satu kompetisi debat nasional dengan mengadopsi format sidang Perserikatan Bangsa-Bangsa.

Muskitnas MUN tahun ini mengangkat tema "Honoring the Past, Inspiring the Future". Dengan tema ini, Museum Kebangkitan Nasional mengajak pelajar dari seluruh wilayah Indonesia untuk merasakan pengalaman lomba debat sejarah yang menyenangkan dan interaktif di lingkungan museum yang sarat akan nilai-nilai sejarah.

Penanggung Jawab Museum Kebangkitan Nasional Nur Khozin menjelaskan, Muskitnas MUN 2024 merupakan rangkaian dari kegiatan Festival Bangkit Berkelanjutan yang dilaksanakan sejak Mei 2024.

"Selain dalam rangka peringatan Hari Kebangkitan Nasional, penyelenggaraan kegiatan Muskitnas MUN merupakan salah satu inovasi kami di museum untuk mengembalikan marwah bangunan Museum Kebangkitan Nasional yang dulunya merupakan bangunan sekolah kedokteran STOVIA sebagai pusat pendidikan, diskusi akademik, dan juga rumah pergerakkan anak muda dalam hal pendidikan," ujar Nur dalam keterangan tertulis, Jumat (6/7).

Lewat kegiatan ini dia menginginkan agar pelajar yang hadir dapat memahami nilai dan semangat para pemuda Indonesia di masa lalu yang memperjuangkan kebangkitan nasional dengan berbagai gagasan serta ilmu yang mereka miliki.

“Kami juga berharap melalui kegiatan Muskitnas MUN, Museum Kebangkitan Nasional tetap menjadi ruang di mana pelajar dapat mendalami isu-isu sejarah Indonesia dan dunia, serta mengasah dan meningkatkan kemampuan literasi mereka.” tambah Nur Khozin.

Baca Juga: Mall Alam Sutera Hadirkan Wahana Bermain Keluarga

Adapun, dengan tema "Honoring the Past, Inspiring the Future", peserta diberikan kesempatan untuk mendiskusikan bagaimana sejarah masa lalu mempengaruhi masa depan dari perspektif negara yang mereka wakili.

Setiap sekolah akan mengirimkan tim yang terdiri dari empat perwakilan: tiga delegasi pelajar dan satu guru pendamping. Para delegasi akan ditempatkan di tiga dewan yang berbeda, masing-masing membahas isu-isu yang beragam dan relevan.

Nah, pendaftaran Muskitnas MUN 2024 telah dibuka sejak 21 Juni 2024 dan akan berakhir pada 31 Juli 2024 melalui bit.ly/MuskitnasMUN2024. Informasi lebih mendetail bisa didapatkan lewat akun Instagram @muskitnasmun dan @muskitnasofficial.

Model United Nation merupakan kegiatan simulasi konferensi sidang PBB yang populer di kalangan institusi pendidikan dan komunitas yang peduli dengan isu-isu global.

Dalam MUN, para delegasi berperan sebagai perwakilan negara, diplomat, atau tokoh penting lainnya yang berkaitan dengan isu tertentu. Mereka bernegosiasi, menyampaikan argumen, dan menyusun resolusi yang disepakati bersama.

Kegiatan Muskitnas MUN 2024 bukanlah yang pertama diselenggarakan, pada tahun 2023, Museum Kebangkitan Nasional telah menyelenggarakan kegiatan MUN yang diikuti oleh lebih dari 80 pelajar dari berbagai daerah di Jabodetabek.

Pada tahun 2024, Muskitnas MUN akan diselenggarakan di Museum Kebangkitan Nasional, Jakarta Pusat. Melalui kegiatan Muskitnas MUN, Museum Kebangkitan Nasional menawarkan kesempatan unik bagi para pelajar untuk tidak hanya mempelajari sejarah, tetapi juga untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis, komunikasi, diplomasi, dan negosiasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News