AturUang

Moms, Bayar Pakai QRIS Bisa di Singapura

Moms, Bayar Pakai QRIS Bisa di Singapura

MOMSMONEY.ID – Ada kabar gembira buat moms yang suka jalan-jalan ke Singapura. Saat ini, metode pembayaran menggunakan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) yang ada di Indonesia sudah bisa dilakukan di Singapura lho, jadi ada alternatif lain selain dari kartu kredit. Sebaliknya, QR Network for Electronic Transfers Singapore (NETS) punya Singapura juga bisa ditransaksikan di Indonesia.

Transaksi QRIS di Singapura sekaligus sebaliknya NETS di Indonesia ini berkat kerjasama Bank Indonesia (BI) dan Monetray Authority of Singapore (MAS) yang terjadi pada pekan lalu. Bukan tanpa tujuan, interkoneksi pembayaran QR antarnegara ini untuk mendorong integrasi ekosistem ekonomi dan keuangan digital, serta meningkatkan hubungan perekonomian antara Indonesia dan Singapura.

Baca Juga: Berikut Cara Bikin Paylater BCA

Dengan kenyamanan pembayaran yang meningkat, interkoneksi ini akan mampu memperluas akses pasar bagi pelaku usaha kedua negara, khususnya usaha mikro dan kecil, melalui bertambahnya jumlah konsumen baru. Interkoneksi pembayaran QR lintas batas antara Indonesia dan Singapura akan mendorong pembayaran antarnegara yang lebih cepat, murah, transparan, dan inklusif, khususnya bagi UMKM.

Nah, inisiatif ini juga akan menguntungkan wisatawan kedua negara seiring kembali meningkatnya pariwisata pascapandemi – pada paruh pertama tahun 2023, terdapat 600.000 kedatangan dari Singapura ke Indonesia, dan 1,1 juta wisatawan dari Indonesia ke Singapura.

Terhubungnya pembayaran QR QRIS-NETS ini terwujud melalui kolaborasi industri yang kuat dengan dukungan dari BI dan MAS, serta didukung kerja sama yang erat dengan Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia (ASPI), RAJA (Rintis, Artajasa, Jalin, dan Alto), NETS, dan lembaga keuangan yang berpartisipasi.

Yuk moms bisa dicoba.

Baca Juga: Butuh Dana Rp 20 Juta, Bisa Lewat PayLater BCA

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News