Santai

Meski Lucu Nail Art Bisa Berbahaya Buat Kuku, Kok Bisa?

Meski Lucu Nail Art Bisa Berbahaya Buat Kuku, Kok Bisa?

MOMSMONEY.ID - Jangan terlalu sering dipakai, kenali beberapa efek samping nail art buat kesehatan kuku, yuk.

Nail art adalah perawatan yang sering digunakan perempuan untuk mempercantik tampilan kukunya.

Tak jarang, untuk memperoleh tampilan yang cantik, penggunaan pewarna kuku hingga kuku palsu kerap digunakan. Meski kini nail art menjadi tren yang tak bisa dilewatkan, ternyata nail art juga punya efek samping buruk bagi kesehatan kuku, loh.

Lalu, apa saja dampak atau efek buruk nail art bagi kesehatan kuku? Simak beberapa daftarnya ini:

Baca Juga: 4 Warna Rambut Sesuai Kulit Orang Asia, Bikin Seger dan Pangling

Alergi

Tak semua kuku mampu menahan produk-produk yang digunakan pada proses nail art. Dari mulai cat kuku hingga penggunaan lampu UV untuk mengeringkan cat kuku.

Seorang dermatologis di laman BBC, Dr. David Orton, menerangkan bahwa penting untuk mengetahui kandungan yang digunakan pada cat kuku dan bahan kuku palsu. Tentu saja agar efek alergi bisa dihindari dan tidak berlangsung dalam waktu lama.

Sementara itu, dermatologis lain, Dr. Deirdre Buckley, juga menambahkan agar memperhatikan penggunaan lampu UV yang sesuai untuk nail art. Tujuannya adalah untuk menghindari alergi dari cat kuku tadi.

Infeksi

Beberapa orang ada yang menggunakan kuku palsu untuk mempercantik tampilan kukunya dalam proses nail art.

Melansir dari laman Web MD, penggunaan kuku palsu tersebut bisa memicu infeksi pada kuku disebabkan karena kuman, bakteri, dan jamur yang berkembang biak di antara kuku palsu dan kuku asli.

Baca Juga: 4 Tips Cara Mudah Rawat Payudara dari Rumah Biar Tetap Kencang

Infeksi bakteri bisa membuat kuku berubah warna menjadi hijau sedangkan jamur pada kuku akan muncul dengan beberapa titik putih di kuku.

Kerusakan kuku

Nail art adalah treatment salon yang banyak menggunakan bahan kimia serta alat-alat canggih. Hal tersebut tentu bisa memicu kerusakan kuku jika dilakukan secara terus-menerus.

Laman News 18 menyatakan beberapa kerusakan kuku yang mungkin muncul karena nail art adalah kuku jadi mudah patah, rapuh, dan memicu kerusakan kuku.

Dalam beberapa kasus, ada juga kuku yang rusak parah karena efek nail art dan membutuhkan pertolongan medis.

Itulah tadi beberapa efek samping nail art yang penting untuk diketahui. Pastikan untuk selalu menggunakan alat dan produk nail art yang aman, ya.

Selanjutnya: Harga Emas Spot Naik Tipis, Pasar Tunggu Arah Bunga The Fed

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News