Keluarga

Meledak hingga Luka Bakar, Ini 6 Makanan yang Tak Boleh Dimasukkan dalam Microwave

Meledak hingga Luka Bakar, Ini 6 Makanan yang Tak Boleh Dimasukkan dalam Microwave

MOMSMONEY.ID - Siapa sangka, ada beberapa jenis makanan yang tak boleh dimasukkan ke dalam microwave.

Penyebabnya beragam, mulai dari nutrisi makanan yang berkurang, hingga makanan yang akan meledak dan akibatkan luka bakar pada tubuh. Mengerikan bukan?

Agar tak membahayakan diri sendiri, mari simak makanan-makanan apa saja yang patut Anda ketahui agar tak sembarangan dimasukkan ke dalam microwave. Melansir dari Food Network dan Real Simple, ini dia selengkapnya.

Baca Juga: 8 Negara yang Punya Makanan Paling Pedas di Dunia, Ada Indonesia Juga!

Saus tomat

Saus tomat tak boleh dimasukkan ke dalam microwave. Jika Anda melanggar hal ini, maka akibatnya microwave akan dipenuhi dengan cipratan saus yang akan sulit dibersihkan.

Yang lebih mengerikan lagi, pada beberapa kasus, microwave akan meledak dan menyebabkan luka bakar pada orang-orang di sekitarnya.

Telur rebus

Telur Rebus

Mungkin Anda pernah melihat video beberapa content creator luar negeri yang mencoba memasukkan telur rebus ke dalam microwave dan hasilnya meledak.

Meski pada awalnya tak ada masalah apapun yang terjadi di microwave, namun ketika Anda mengupas & memotong telur rebus, maka telur rebus tersebut akan meledak.

Ini diakibatkan telur melepaskan uap yang tak bisa dikeluarkan dari bagian putih telur. Hal tersebut membuat tekanan terbentuk dan melepaskannya saat Anda memotong telur.

Berhati-hatilah karena telur rebus yang dimasukkan ke dalam microwave bisa membuat mulutmu & bagian tubuh lainnya terkena luka bakar.

Baca Juga: Tak Mudah Layu, Ini 5 Tips Menjaga Kesegaran Sayuran Tanpa Kulkas

Air

Segelas air

Air bisa menjadi super berbahaya jika dimasukkan ke dalam microwave.

Secangkir air yang dimasukkan ke dalam microwave membuat suhu air jadi super panas, tapi tidak sampai mendidih. Namun yang membahayakan adalah air tersebut menyebabkan tekanan yang luar biasa & membuatnya terciprat ke segala arah.

Jika Anda tak berhati-hati, Anda bisa saja terkena luka bakar melepuh yang cukup parah.

Baca Juga: 5 Metode Memasak Makanan yang Bikin Gizi Tak Hilang Saat Dimasak

Brokoli

Brokoli juga ternyata tak boleh dimasukkan ke dalam microwave. Bukan karena bisa meledak seperti yang lainnya, namun karena ada hal lain yang jauh lebih penting.

Menurut Journal of the Science of Food and Agriculture yang dikutip dari Food Network membuktikan bahwa brokoli yang dimasukkan ke dalam microwave dapat merusak nutrisinya.

Jika ingin memasak brokoli, cara terbaik mempertahankan nutrisinya adalah dengan mengukus atau merebusnya.

Cabai & paprika mentah

Cabai terpedas di dunia: Scotch bonnet

Cabai & paprika memang tidak akan meledak dalam microwave. Hanya saja, cabai akan membuat mata Anda jadi sakit. Lantas, apa hubungannya cabai dengan mata Anda? Begini penjelasannya.

Cabai & paprika pedas yang masih mentah mengandung senyawa capcaisin yang akan menguap jika dipanaskan dalam suhu tinggi.

Apabila asap paprika & cabai ini tak sengaja terkena mata, atau bahkan terhirup hidung, maka akibatnya paru-paru, mata, tenggorokan, dan hidung akan teriritasi dan merasa seperti terbakar.

Baca Juga: 6 Jenis Cabai dan Tingkat Kepedasan di Dunia Berdasarkan Skala Scoville

Anggur

Anggur yang mengandung air dalam jumlah tinggi juga dapat meledak jika dimasukkan ke dalam microwave.

Anggur akan jadi sangat panas & bisa mengakibatkan luka bakar pada tubuh akibat ledakan yang tinggi, mirip dengan ledakan telur rebus yang dipanaskan ke dalam microwave.

Itulah deretan makanan yang tak boleh dimasukkan ke dalam microwave. Jangan lupa berhati-hati saat Anda akan menghangatkan berbagai bahan makanan dalam microwave, ya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News