Keluarga

Mau Pulang Kampung? Ini lo Keuntungan Sewa Mobil untuk Mudik Lebaran

Mau Pulang Kampung? Ini lo Keuntungan Sewa Mobil untuk Mudik Lebaran

MOMSMONEY.ID -  Mudik Lebaran sudah menjadi tradisi masyarakat Indonesia. Banyak pilihan transportasi untuk mudik, salah satunya dengan sewa atau rental mobil. Berikut ini keuntungan sewa mobil untuk mudik.

Tahun lalu, angka pemudik membludak setelah dua tahun tidak bisa pulang kampung akibat pandemi Covid-19.

Berdasarkan data Kementerian Perhubungan, jumlah pemudik pada 2022 mencapai 85 juta orang. Angka ini merupakan rekor tertinggi dibanding periode mudik Lebaran dalam kurun waktu sepuluh tahun terakhir.

Rekor itu akan pecah tahun ini. Kementerian Perhubungan memperkirakan, jumlah pemudik pada musim mudik Lebaran 2023 mencapai 123 juta orang.

Baca Juga: Mengenal Safety Loading, Sebelum Memulai Persiapan Mudik Lebaran

Kendati demikian, antusiasme pemudik yang tinggi kerap menimbulkan tantangan, terutama bagi masyarakat yang menggunakan transportasi umum, mulai dari kehabisan tiket, berdesakan selama berjam-jam, hingga risiko keamanan selama perjalanan.

Tak jarang, hal-hal tersebut menyebabkan perantau mengurungkan niat untuk berlebaran bersama keluarga di kampung halaman.

Pilihan bagi masyarakat untuk mudik dengan mudah dan nyaman tidak terbatas pada transportasi umum. Menyewa kendaraan pribadi dapat menjadi salah satu pilihan yang patut dicoba.

Bukan hanya bagi yang tidak memiliki kendaraan pribadi, namun juga para pemilik mobil yang kemungkinan memiliki kebutuhan berbeda dari kendaraan yang sudah dimiliki.

Baca Juga: Simak Tips Mengatur Keuangan saat Bulan Ramadan dari Sequis Life Ini, yuk

Melansir Moovby, berikut beberapa keunggulan rental mobil sebagai moda transportasi mudik Lebaran:

1. Menghindari ticket war transportasi umum

Meski tiket mudik sudah dijual sejak jauh-jauh hari, kepastian mengenai hari libur Lebaran di tempat bekerja seringkali baru datang saat tiket sudah menipis bahkan terjual habis. 

Nah, keuntungan rental mobil adalah Anda tidak harus berebut mendapatkan tiket kereta, pesawat, atau bus. Daripada harus berebut mendapatkan tiket transportasi umum, Anda dapat menyewa mobil melalui Moovby agar perjalanan mudik lebih leluasa.

2. Fleksibel menjangkau beberapa destinasi sekaligus

Terdapat berbagai kegiatan yang dapat Anda lakukan saat pulang kampung, mulai dari mengunjungi kerabat, wisata kuliner, bermain ke pantai, atau sekadar jalan-jalan ke tempat baru. 

Terkadang, Anda ingin melakukan banyak kegiatan di kampung halaman. Tapi, sulitnya mendapatkan transportasi membuat mobilitas menjadi terbatas.

Jika ingin mengunjungi lebih dari satu tempat, maka mobil pribadi membuat perjalanan lebih mudah. Anda dapat menikmati libur lebaran ke berbagai destinasi dengan rental mobil pribadi yang aman dan nyaman.

Baca Juga: 6 Tradisi Lebaran Idul Fitri di Indonesia yang Dilakukan Hampir Setiap Tahun

3. Kondisi kendaraan pribadi tetap prima

Saat mudik, tak heran jika Anda harus menempuh jarak puluhan hingga ratusan kilometer untuk sampai ke kampung halaman. Tapi, tahukah Anda bahwa perjalanan jauh dapat menyebabkan performa mobil menurun? 

Mulai dari kondisi kopling hingga ketahanan shockbreaker, terdapat banyak hal yang harus diwaspadai untuk menjaga kondisi mobil pribadi Anda tetap prima. Jika terjadi kerusakan, maka Anda perlu merogoh kocek untuk keperluan servis. 

Hal ini dapat Anda hindari dengan menyewa mobil sehingga kondisi mobil pribadi tetap terjaga. Jika Anda bisa mendapatkan rental mobil dalam keadaan prima, maka ini juga salah satu keuntungan rental mobil untuk mudik. 

4. Bawa oleh-oleh lebih banyak

Keuntungan menyewa kendaraan pribadi saat mudik, Anda tidak perlu lagi khawatir dengan terbatasnya ruang penyimpanan angkutan umum.

Anda bisa membawa oleh-oleh lebih banyak untuk keluarga di kampung halaman dan juga sebaliknya, bisa membawa makanan khas kota kelahiran ke kota rantauan untuk mengobati homesick.

Baca Juga: Tips Merawat Tanaman Hias yang Ditinggal Mudik Lebaran agar Tetap Segar

5. Bepergian lebih nyaman bersama keluarga

Perjalanan keluarga berjarak ratusan kilometer dengan angkutan umum dapat membuat jenuh. Tak hanya membuat anak-anak bosan sepanjang jalan, Anda juga harus berhimpitan dengan banyak orang lainnya. 

Perlu diingat juga infrastruktur transportasi publik yang belum ramah lansia hanya akan menyebabkan perjalanan yang tidak nyaman bagi mereka. Nah, untuk menghindari hal-hal ini, ada baiknya Anda rental mobil sesuai dengan kebutuhan perjalanan. 

Misalkan, menggunakan Toyota Hiace atau Isuzu Elf untuk mudik bersama keluarga besar supaya tetap nyaman. Menariknya dua jenis kendaraan ini bisa Anda sewa di Moovby. 

Demikian 5 keuntungan sewa mobil untuk perjalanan mudik Anda. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News