Hemat

Mau Pasang PV Rooftop? Segini Potensi Penghematan PLTS Atap

Mau Pasang PV Rooftop? Segini Potensi Penghematan PLTS Atap

MOMSMONEY.ID - Simak, berikut ini hitungan potensi penghematan pembangkit listrik tenaga surya atau PLTS atap alias PV rooftop dari PLN Icon Plus.

Saat ini, PLN Icon Plus sebagai Subholding Beyond kWh PT PLN menawarkan layanan PLTS atap kepada masyarakat. Masyarakat yang berminat dapat mengajukan instalasi PV rooftop melalui aplikasi PLN Mobile.

Menariknya, PLN Icon Plus mem-bundling layanan PLTS atap dengan layanan smart home dalam kemasan Smart & Green Solution.

"Salah satu strategi kami untuk memonetisasi bisnis panel surya atap adalah mengintegrasikannya dengan layanan smart home," kata Direktur Utama PLN Icon Plus Ari Rahmat Indra Cahyadi dalam keterangan tertulis, dikutip Senin (27/11).

"Pelanggan akan mendapatkan pengalaman menggunakan PLTS atap sekaligus menikmati kemudahan dan kenyamanan dengan layanan smart home yang didukung oleh layanan internet andal," ujarnya.

Baca Juga: Promo Spesial HLN, PLN Icon Plus Beri Diskon 20% Pemasangan PLTS Atap

PLTS atap adalah pembangkit yang memanfaatkan energi terbarukan yang bersumber dari cahaya Matahari untuk menghasilkan energi listrik. 

Pemanfaatan energi terbarukan menjadikan PLTS salah satu solusi untuk mengurangi emisi karbon dan efisiensi biaya penggunaan listrik.

PLTS atap merupakan bentuk investasi jangka panjang yang dapat berproduksi dan memberikan manfaat sampai 25 tahun ke depan. Tidak hanya manfaat bagi pemiliknya, tetapi juga manfaat bagi kelestarian dan keberlanjutan lingkungan.

Sebagai ilustrasi, biaya instalasi PV rooftop berdaya 1 kWp adalah Rp 23,7 juta dengan potensi penghematan sebesar Rp 240.000 per bulan atau Rp 2,88 juta per tahun. 

Sementara untuk PV rooftop berdaya 2 kWp, investasinya Rp 37,6 juta. Potensi penghematannya Rp 470.000 per bulan atau Rp 5,64 juta per tahun. Penghematan juga sangat bergantung pada pemakaian listrik di siang hari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News