Keluarga

Mau Mudik Pakai Bus atau Kereta Api? Ikuti 6 Tips Mudik dengan Kendaraan Umum Ini Ya!

Mau Mudik Pakai Bus atau Kereta Api? Ikuti 6 Tips Mudik dengan Kendaraan Umum Ini Ya!

MOMSMONEY.ID - Kali ini, MomsMoney akan membagikan 6 tips mudik dengan kendaraan umum. Simak, yuk!

Berniat mudik dengan kendaraan umum seperti bus, kereta api, pesawat, atau kapal laut tahun ini? Jika benar demikian, maka artikel dari MomsMoney ini sangat tepat untuk Anda baca sampai akhir.

Melansir laman Info Mudik Kabupaten Blitar, ada 6 tips mudik dengan kendaraan umum yang bisa Anda ikuti. Berikut keenam tips tersebut:

Baca Juga: 5 Tips Menjaga Rumah Tetap Aman Saat Mudik, Jangan Sampai Terlewat!

1. Rencanakan perjalanan dengan baik

Tips mudik dengan kendaraan umum yang pertama yaitu merencanakan perjalanan dengan baik.

Melakukan perjalanan dengan kendaraan umum membutuhkan perencanaan yang rinci sebelum berangkat. Seperti pilihan jalur yang ingin dilalui entah itu darat, laut, atau udara.

Selain itu, Anda juga perlu merencanakan waktu yang tepat untuk berangkat dan kembali pulang. Jika sudah memiliki tanggal mudik yang pasti, Anda bisa memesan tiket sedari jauh-jauh hari.

2. Bawa barang dan uang tunai secukupnya

Tips mudik dengan kendaraan umum yang kedua yaitu membawa barang dan uang tunai secukupnya.

Guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan terjadi selama perjalanan mudik dengan kendaraan umum, maka Anda perlu menyiapkan barang dan uang tunai secukupnya.

Sebaliknya, membawa barang secara berlebihan akan menyulitkan Anda untuk melakukan perpindahan. Sementara itu, membawa uang tunai terlalu banyak rentan memancing Anda untuk berbelanja barang yang tidak diperlukan sekaligus bisa mengundang tindakan kejahatan.

3. Jangan membawa atau memakai barang yang mencolok

Tips mudik dengan kendaraan umum yang ketiga yaitu tidak membawa atau memakai barang yang mencolok.

Barang yang mencolok terutama dengan nilai tinggi seperti perhiasan dan produk branded akan menjadi pusat perhatian bagi banyak orang.

Untuk menghindarinya, Anda tidak perlu membawa atau memakai barang yang mencolok atau berharga saat hendak mudik menggunakan kendaraan umum. Sebaiknya, cukup kenakan pakaian yang sederhana dengan warna dan aksesori yang jauh dari kesan mencolok.

Baca Juga: Ini 5 Hal yang Seharusnya Tidak Anda Lakukan Saat Menyambut Tamu

4. Bawa obat-obatan pribadi

Tips mudik dengan kendaraan umum yang keempat yaitu membawa obat-obatan pribadi.

Berbeda dengan mudik menggunakan kendaraan pribadi yang bisa berhenti kapan pun dan di mana pun Anda mau, kendaraan umum tidak selalu menyiapkan obat-obatan yang Anda perlukan.

Jadi, selalu ingat untuk menyiapkan obat-obatan pribadi sebelum berangkat mudik dengan kendaraan umum ya Moms.

5. Bawa perbekalan yang cukup

Tips mudik dengan kendaraan umum yang kelima yaitu membawa perbekalan yang cukup.

Perjalanan mudik jarak jauh terkadang mendatangkan rasa bosan. Untuk membantu melawan rasa bosan yang mungkin muncul selama mudik dengan kendaraan umum, Anda bisa membawa camilan, buku, atau jenis hiburan lainnya.

Apabila Anda mudik seorang diri, bekal yang cukup akan membuat Anda merasa lebih nyaman dalam perjalanan tanpa perlu repot mencari-cari lagi selama perjalanan.

6. Waspada dengan kondisi sekitar

Tips mudik dengan kendaraan umum yang keenam yaitu waspada dengan kondisi sekitar.

Perjalanan mudik dengan kendaraan umum akan mempertemukan Anda dengan banyak orang yang tidak pernah Anda temui sebelumnya. Itulah mengapa Anda harus selalu waspada dengan kondisi sekitar.

Misal, jangan menerima dengan mudah tawaran makanan atau minuman dari orang asing dan jangan berbicara dengan orang asing yang tampak mencurigakan.

Itulah 6 tips mudik dengan kendaraan umum yang patut Anda praktikkan pada momen mudik tahun ini. Semoga bermanfaat dan selamat mudik, Moms!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News