MOMSMONEY.ID – Perbankan terus menghadirkan fitur terbaru pada aplikasi mobile banking mereka. Salah satunya, PT Bank Mandiri Tbk (BMRI) yang mengembangkan fitur digital di aplikasi Livin’ Merchant khusus untuk pengguna usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM).
Bagi Anda nasabah Bank Mandiri, dapat menikmati opsi baru di fitur Pencairan yang memungkinkan pelaku usaha bebas mencairkan sesuai kebutuhan atau pilihan opsi pencairan secara real-time langsung ke rekening. Inovasi ini juga dilengkapi notifikasi suara otomatis yang menyebutkan nominal transaksi secara real-time, guna mengoptimalkan keamanan, kenyamanan dan fleksibilitas saat berjualan.
Direktur Network & Retail Funding Bank Mandiri, Jan Winston Tambunan menyampaikan, bahwa pengembangan fitur Pencairan dana di Livin’ Merchant merupakan bagian dari strategi digitalisasi Bank Mandiri untuk menghadirkan solusi keuangan bagi pelaku usaha ritel.
Dengan adanya tambahan opsi fitur Pencairan di Livin’ Merchant, Bank Mandiri ingin menghadirkan solusi dan nilai tambah yang sesuai kebutuhan pelaku usaha. Inovasi ini untuk menjadi mitra finansial utama dalam mendukung aktivitas operasional usaha mereka sehari-hari termasuk mengelola arus kas dengan lebih efisien.
Selain fitur Pencairan, Livin’ Merchant juga menghadirkan fitur lain untuk pelaku usaha. Diantaranya, fitur Pembayaran QRIS memungkinkan merchant menerima transaksi pelanggan lebih mudah karena QRIS langsung aktif setelah registrasi akun, tanpa perlu proses tambahan. Dengan satu kode QRIS, merchant dapat menerima pembayaran dari berbagai bank maupun e-wallet sehingga transaksi lebih praktis dan cepat.
Sementara itu, fitur PoS (kasir digital) memberikan kemudahan dalam mengelola operasional usaha sehari-hari.
Baca Juga: Bank Mandiri Genjot Penyaluran KPR, Begini Strateginya
Fitur ini dilengkapi dengan pengaturan katalog produk, pencatatan serta pelaporan transaksi secara otomatis, hingga notifikasi transaksi real-time. Dengan adanya sistem kasir digital ini, merchant dapat mengelola penjualan dengan lebih efisien tanpa harus menggunakan aplikasi tambahan.
Tak hanya itu, aplikasi Livin’ Merchant kini juga dilengkapi dengan fitur Belanja, yang memungkinkan pelaku usaha melakukan pembelian ke distributor resmi secara langsung dari aplikasi. Fitur ini hadir untuk mempermudah pedagang menambah stok berbagai barang dagangan langsung ke distributor hanya dalam satu aplikasi.
Jan menambahkan, pendekatan berbasis teknologi dan pemahaman mendalam terhadap kebutuhan pelaku usaha, Bank Mandiri optimis Livin’ Merchant akan menjadi katalisator dalam mengakselerasi inklusi keuangan.
Sebagai tambahan informasi, hingga September 2025, Livin’ Merchant telah digunakan oleh hampir 3 juta pengguna atau tumbuh 35% YoY dengan pertumbuhan total nilai transaksi secara YoY hingga 166%.
Baca Juga: Bunga Deposito Bank Mandiri di Bulan Oktober 2025, Naik atau Turun?
Selanjutnya: Saham Big Banks Terbilang Murah, Investor Turunkan Ekspektasi
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News