M O M S M O N E Y I D
BisnisYuk

Mau Bikin Usaha Delivery Service? Ini 3 Kunci Kesuksesannya!

Mau Bikin Usaha Delivery Service? Ini 3 Kunci Kesuksesannya!
Reporter: Benedicta Prima  |  Editor: Benedicta Alvinta


MOMSMONEY.ID - Jika Anda ingin memiliki usaha yang dilengkapi delivery service atau jasa antar, yuk simak 3 kunci kesuksesan dinilai baik oleh konsumen. 

Saat ini, jasa layanan belanja online sudah menjadi bagian dari kehidupan. Awalnya, jasa ini lahir di awal milenium 2000-an, namun berkembang signifikan semenjak pandemi COVID-19. Hal ini bisa tampak dari usaha grocery misalnya.

Baca Juga: Ini lo Perbedaan Lampu Warm White vs Soft White

Data dari Statista menunjukkan bahwa pada 2019, pendapatan bisnis belanja online ada di angka US$ 190 miliar. Namun saat pandemi 2020 angka naik menjadi US$ 310 miliar. Di 2021 dan 2022, angka pendapatan usaha ini juga terus naik menjadi US$ 440 miliar di 2021 dan US$ 510 miliar di 2022.

Kondisi yang serba terbatas di kala pandemi COVID-19 membuat beberapa usaha grocery konvensional seperti pasar maupun supermarket harus putar otak untuk ikut serta memberi layanan belanja daring agar tidak tergerus kompetitor yang sudah go-online.

Bagi usaha yang punya modal berlebih dan SDM yang mumpuni, mereka bisa menyediakan sistem dan armada kurir sendiri. Namun, bagi sebagian usaha membutuhkan pihak ketiga.

Lalu bagaimana kunci sukses memiliki usaha yang dilengkai jasa delivery service alias pesan antar atau jasa pengiriman seperti yang ditawarkan oleh Delivery Service Titipku?

Baca Juga: Periksa 9 Penyebab Ruam Kulit beserta Cara Mengatasinya Sesuai Gejala

Usaha ini tentu menjanjikan kepraktisan dalam aktivitas belanja. Namun, jika tidak diimbangi dengan profesionalitas kerja dan layanan yang baik, usaha seperti ini tidak akan bertahan lama.

Sebuah riset yang dilakukan Faizal Ridho, Sri Hartono, dan Istiqomah pada 2021 menunjukkan bahwa setidaknya jasa layanan antar harus memenuhi tiga kriteria agar konsumen puas. Ketiga kriteria itu adalah: kemudahan, kualitas layanan yang diberikan, dan ketepatan waktu.

Bagi usaha grocery yang menggunakan jasa layanan pengantaran dari pihak ketiga, mereka hanya perlu mengusahakan faktor kemudahan. Sementara itu, kualitas layanan dan ketepatan waktu akan dijamin oleh jasa layanan pihak ketiga. Hanya saja, skema ini adalah skema yang ideal.

Pada praktiknya, usaha grocery tidak lepas tangan begitu saja. Mereka perlu berkomunikasi terus dengan kurir atau admin penyedia jasa untuk bisa memastikan pelayanan yang diberikan oleh pihak ketiga bisa baik dan pengantarannya tepat waktu sesuai dengan Service Level Agreement (SLA) yang ditentukan oleh masing-masing usaha grocery.

Adapun Titipku membagikan tipsnya untuk sukses dalam usaha delivery service. Salah satu layanan yang diberikan adalah Titipku menempatkan sejumlah kurir untuk berjaga di usaha grocery mereka.

Baca Juga: Tak Banyak yang Tahu, Ini 4 Manfaat Dry Brushing untuk Kecantikan dan Kesehatan

Kebanyakan jasa layanan pengiriman pihak ketiga adalah by-request. Artinya, udaha grocery perlu memesan terlebih dahulu layanan pengiriman ini. Sesudah dipesan, usaha grocery harus menunggu kurir datang untuk selanjutnya kurir mengantarkan pesanan.

Skema pemesanan kurir ini dianggap memperlama waktu pengantaran. Hal ini salah satunya diungkapkan Taufik selaku Head Online TipTop Supermarket.

“Sebelumnya, saat kami belum pakai jasa pengantaran dari Titipku, kita harus memesan jasa pengiriman dulu sehingga kita harus menunggu driver sampai lalu pesanan konsumen baru dikirim. Hal ini kadang membuat pengiriman lebih lama. Ketika menggunakan Delivery Service Titipku, driver selalu siap di toko sehingga pengiriman bisa cepat diproses dan konsumen bisa puas,” ungkap Taufik.

Selain adanya kurir yang berjaga di toko, Delivery Service Titipku juga memberi harga yang relatif tetap. Hal ini juga berbeda dari usaha pengantaran lainnya yang memiliki skema harga khusus untuk tiap berat dan volume.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

TERBARU

Dari Lokal ke Global, Ini 5 Kunci Sukses Ritel dalam Menjangkau Konsumen Pasar China

Inilah 5 strategi utama bagi ritel untuk menembus pasar China, termasuk segmentasi kota, media sosial, regulasi, dan pemanfaatan platform.

HP Infinix Note 60 Ultra Berkolaborasi dengan Pininfarina yang Pernah Desain Ferrari

Infinix Note 60 Ultra akan segera dirilis dengan desain yang berbeda. Infinix mengambil langkah berani untuk mendefinisikan kembali identitasnya.

Ganti iPhone 15 Pro ke iPhone 17 Pro Sekarang Juga, Bawa Apple 19 Pro yang Canggih

Beralih dari iPhone 15 Pro ke iPhone 17 Pro bisa jadi pilihan tepat. HP flagship dari Apple ini membawa chipset terbarunya yakni Apple 19 Pro.

Moto Pad 60 Pro Bawa Daya 10.200 mAh, Stylus Pen dan Pin Konektor untuk Keyboard

Motorola membawa Moto Pad 60 Pro  bersaing dengan Redmi Pad. Tablet ini gunakan daya super  jumbo 10.200 mAh & stylus pen.

Hasil Undian BWF Tour Finals 2025, Cek Wakil Indonesia Masuk Grup Mana

Hasil Undian BWF Tour Finals 2025 yang berlangsung Sabtu (13/12) lalu, cek wakil Indonesia masuk grup apa di masing-masing sektor. 

Berikan 6 Kado Self Care Ini untuk Self Reward Diri Sendiri Jelang Natal

Berikut ada beberapa ide kado self care yang bisa diberikan untuk diri sendiri sebagai self reward saat Natal tiba.

Simak Rekomendasi Saham dari BNI Sekuritas Senin (15/12)

​IHSG mengakhiri perdagangan akhir pekan dengan penguatan. Berikut rekomendasi saham pilihan BNI Sekuritas untuk perdagangan Senin (15/12/2025).

Aplikasi Jenius Tawarkan Proteksi Perjalanan Terbaru dari Zurich, Ini Manfaatnya

Bank digital Jenius menawarkan produk proteksi perjalanan terbaru, Zurich Travel Guard dan Zurich Visa Protection di aplikasi Jenius.

IHSG Bergerak di Dua Zona, Ini Saham-saham yang Jadi Top Gainers

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) bergerak fluktuatif pada perdagangan awal Senin, 15 Desember 2025. ​

Pentingnya Ruang Bermain Anak Di Tengah Pesatnya Era Digital

Aktivitas bermain anak penting untuk kemampuan motorik dan sosial, Buumi buka ruang bermain Playclub di Jakarta.