Bugar

Masih Sama! Waspadai Ciri-ciri Covid Terbaru dan Segera Vaksin

Masih Sama! Waspadai Ciri-ciri Covid Terbaru dan Segera Vaksin

MOMSMONEY.ID - Yuk simak ciri-ciri Covid-19 terbaru yang menyebabkan lonjakan kasus dalam beberapa bulan ini!

Sebelum lonjakan kasus Covid-19 ditemukan di Indonesia, Singapura telah mengalami terlebih dahulu. Melansir berbagai sumber di Singapura kasus pasien Covid-19 tercatat hingga 22.094 kasus selama 15-24 November 2023. 

Baca Juga: 7 Manfaat Daun Salam Bagi Kesehatan Tubuh, Catat Ini Khasiatnya!

Melansir Kementerian Kesehatan, pasien COVID-19 yang dirawat di rumah sakit tercatat antara 60-131 orang per 6 Desember, dengan tingkat keterisian rumah sakit saat ini sebesar 0.06% dan angka kematian 0-3 kasus per hari.

Kenaikan kasus ini didominasi oleh subvarian Omicron XBB 1.5 yang juga menjadi penyebab gelombang infeksi COVID-19 di Eropa dan Amerika Serikat. Selain varian XBB Indonesia juga sudah mendeteksi adanya subvarian EG2 dan EG5.  Lalu bagaimana ciri-ciri Covid-19 terbaru? 

Meski ada tiga subvarian virus yang ditemukan dan menyebabkan Covid-19 terbaru ini, gejalanya semua hampir sama. Berikut ciri-ciri jika Anda terkena Covid-19 terbaru!

  • Nyeri tenggorokan
  • Hidung berair atau beringus
  • Hidung tersumbat
  • Bersin
  • Batuk tanpa dahak ataupun dengan dahak
  • Sakit kepala
  • Suara serak
  • Otot nyeri dan pegal
  • Perubahan indera penciuman

Segera periksakan diri apabila mengalami gejala di atas disertai dengan demam dan sesak nafas. Selain itu, dengan lonjakan kasus baru-baru ini masyarakat diharapkan segera melakukan vaksinasi Covid-19 bagi yang belum melengkapi tahapan vaksinasi. 

Baca Juga: Golden Globe Awards 2024, Berikut Daftar Nominasi Lengkapnya

Vaksinasi dosis lengkap maupun booster bisa didapatkan secara gratis di puskesmas, rumah sakit atau pos vaksinasi terdekat di daerah masing-masing. Cara mendapatkannya pun mudah, Moms hanya perlu menunjukkan KTP atau identitas lainnya kepada petugas vaksinasi.

Jenis vaksin yang dapat digunakan oleh masyarakat adalah vaksin buatan dalam negeri yakni Inavac dan Indovac. Keduanya telah mendapatkan izin penggunaan darurat (EUA) dari Badan POM sehingga dipastikan aman, bermutu, dan berkhasiat.

Meskipun sudah vaksinasi, masyarakat tetap perlu menerapkan protokol kesehatan seperti menggunakan masker saat sakit, menjaga jarak, dan mencuci tangan pakai sabun guna memberikan perlindungan optimal dari penularan Covid-19.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News