Bugar

Manfaat Jahe Merah Bagi Tubuh

Manfaat Jahe Merah Bagi Tubuh

MOMSMONEY.ID - Kondisi cuaca belakangan mulai tak menentu. Terlebih jelang akhir tahun, musim hujan kerap melanda berbagai daerah. Dengan kondisi tersebut, tentu kondisi kesehatan bisa saja terganggu. Salah satunya gangguan kesehatan yang kerap terjadi adalah masuk angin. Untuk menangkal virus yang masuk ke tubuh, konsumsi jahe merah disebut menjadi solusinya.

dr. Christian I. Elim selaku Medical Officer of PT Bintang Toedjoe mengatakan bahwa sebenarnya dalam dunia medis masuk angin tidaklah ada. “Masuk angin itu sebenarnya dari kacamata medis tidak ada. Masuk angin itu yang kita artikan adalah suatu kumpulan gejala yang mirip dengan common cold kalau dibilang diagnosisnya, itu bisa disebabkan oleh virus atau pun bakteri. Gejalanya dapat berupa multi- symptomatic, bisa pusing, bisa pegal, bahkan bisa sampai demam dan mual,” ujarnya dalam Instagram Live @ptkalbefarmatbk.

Ia mengatakan, cara penyakit masuk ke tubuh tergantung dari imun tubuh masing-masing orang. Cuaca juga mempengaruhi pertumbuhan mikroba dan virus. Jika imun tubuh rendah, dengan kurangnya berolahraga, asupan nutrisi menjadi kurang, dan gaya hidup tidak sehat, maka memudahkan virus masuk menyerang tubuh.

Baca Juga: Mau Liburan Tahun Depan? Cek Dulu Daftar Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama 2023

“Kalau kita biarkan istirahat saja, tidak dikasih apa-apa, mungkin bisa sembuh. Tapi kalau lagi rentan, maka bisa masuk penyakit atau patogen yang lebih berbahaya. Jadi lebih baik jangan dibiarkan, lebih baik diperbaiki,” jelas dr. Christian.

Gejala yang kerap kali disebut masuk angin itu dapat dicegah. Di antaranya, menjaga stamina tubuh agar selalu fit, jangan terlalu lelah, istirahat yang cukup, mengonsumsi makanan yang bergizi, dan perlu asupan vitamin. Selain itu, mengonsumsi jahe merah, yang ada di dalam produk Bejo, juga dapat mengatasi kondisi masuk angin.

“Bejo ini produk masuk angin pertama yang ada jahe merahnya di pasaran. Kami memilih jahe merah karena immunomodulator itu untuk menjaga daya tahan tubuh, kemudian ada anti-bacterial, ada anti-inflamasi juga,” tutur Line of Business - 3 Group Manager PT Bintang Toedjoe, Febrian Adiputra.

Pada produk Bejo, jahe merah sebagai bahan utama untuk menghangatkan tubuh, sebaga anti-inflamasi saat tenggorokan mulai terasa tidak sakit atau mungkin badan sudah mulai pegal-pegal. Juga terdapat mint, yang fungsinya melegakan saluran napas ketika pilek. Ada juga adas yang dapat membantu menangani perut kembung. Kemudian, ada cabai Jawa sebagai analgesik.

“Jahe merah itu terdapat kandungan juga yang tidak dimiliki oleh jahe lain yaitu beta karoten. Beta Karoten juga merupakan salah satu senyawa yang bersifat sebagai antioksidan atau penangkal radikal bebas,” ungkap dr. Christian.

Baca Juga: 5 Manfaat Daun Sirih yang Masih Jarang Diketahui Banyak Orang

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News