BisnisYuk

Live Shopping Jadi Tren Belanja Nasional, SIRCLO Resmikan SIRCLO Studio

Live Shopping Jadi Tren Belanja Nasional, SIRCLO Resmikan SIRCLO Studio

MOMSMONEY.ID - Tren berbelanja lewat live shopping kian berkembang, SIRCLO menghadirkan SIRCLO Studio

Tren pemasaran dan pola belanja konsumen di Indonesia terus berkembang. Terlebih, dengan munculnya berbagai metode penjualan inovatif yang dilakukan oleh para pemilik merek, animo berbelanja di kalangan masyarakat kian meningkat.

Salah satu metode yang kini mendapatkan popularitas tinggi adalah live commerce atau penjualan produk secara daring melalui sarana penyiaran langsung (live streaming), di mana pembeli dapat berinteraksi dengan penjual secara real-time.

Metode penjualan ini mendapatkan daya tarik yang kuat di kalangan masyarakat Indonesia melalui kemudahan akses serta beragam penawaran menarik.

Dengan pertumbuhan yang pesat dan tingginya minat masyarakat, live commerce telah menjadi bagian integral dari lanskap belanja di Indonesia, membuka peluang baru bagi pemilik merek untuk memperluas jangkauan pasar dan memperkuat hubungan dengan konsumen.

Dalam misi memanfaatkan potensi pasar besar ini, SIRCLO kini menghadirkan layanan live commerce demi mendukung pemilik merek dalam mengaktivasi pemasarannya di platform TikTok Shop. 

Baca Juga: Tak Harus Punya Keahlian, Membangun Bisnis Bisa Terinspirasi dari Masalah Pribadi

Danang Cahyono, CEO Enterprise Solutions SIRCLO, mengatakan, sebagai omnichannel commerce enabler yang terintegrasi dengan TikTok Shop melalui Application Programming Interface (API), SIRCLO telah membantu banyak pemilik merek dalam mengoptimasi fitur TikTok Shop.

"Oleh karena itu, kami tidak ingin melewatkan kesempatan untuk memudahkan pemilik merek dalam memanfaatkan peluang besar ini, guna memperluas jangkauan pasar mereka dan mencapai kesuksesan yang lebih besar," ujar Danang dalam keterangan tertulis, Selasa (18/7).

Selain menyediakan layanan produksi live commerce streaming yang memungkinkan pemilik merek untuk menjual secara langsung, SIRCLO turut menawarkan layanan pembuatan video singkat yang dikhususkan untuk kebutuhan pemasaran pemilik merek di platform media sosial.

Dengan memanfaatkan video singkat yang menarik minat, pemilik merek dapat menciptakan konten yang berhasil menarik perhatian konsumen dan meningkatkan minat terhadap merek mereka.

Penggabungan antara pemahaman mendalam tentang industri ini dan pengalaman yang luas dalam menjalankan aktivitas live commerce memainkan peran penting bagi SIRCLO.

Hal ini memungkinkan tim SIRCLO untuk menghasilkan wawasan yang berharga dan perspektif yang mendalam, yang dapat digunakan untuk memaksimalkan performa penjualan dan mencapai tujuan pemasaran bagi pemilik merek.

Dengan memahami secara mendalam perilaku konsumen dan tren terkini di pasar, SIRCLO dapat menjawab tantangan dengan strategi yang efektif untuk meningkatkan kinerja penjualan melalui live commerce.

Baca Juga: Dukung UMKM Implementasikan Ekonomi Hijau, SIRCLO Gelar Panen Omset

Dalam mengakomodir permintaan layanan live commerce yang mengalami peningkatan drastis, SIRCLO pun menghadirkan fasilitas terbarunya, yaitu SIRCLO Studio.

Berlokasi di Taman Tekno, Tangerang Selatan, SIRCLO Studio merupakan fasilitas inovatif yang dapat membantu pemilik merek dalam produksi live commerce streaming dan video singkat.

Saat ini, terdapat 8 mini studio yang dikhususkan untuk streaming dan 1 studio kolaboratif yang dapat digunakan dengan pengaturan yang lebih fleksibel, bahkan dapat diubah menjadi tata ruang yang lebih kompleks.

Danang menambahkan, SIRCLO akan terus mengoptimalkan kapabilitas tenaga kerja yang dimiliki dan memperluas jumlah studio sebagai sarana produksi streaming demi meningkatkan performa bisnis pemilik merek.

Setelah beroperasi selama kurang lebih satu tahun, layanan live commerce SIRCLO berhasil bekerjasama dengan lebih dari 50 pemilik merek terkemuka di Indonesia.

Salah satu kolaborasi yang signifikan adalah dengan merek Philips, di mana perusahaan multinasional ini mempercayakan SIRCLO untuk mengelola fitur live commerce untuk memasarkan produknya, yakni Philips E-store dan Philips Avent.

Baca Juga: Tips Jalankan Bisnis dengan Pasangan

Sejauh ini, Philips mengalami pertumbuhan massif secara konsisten dalam menjalankan live commerce streaming bersama SIRCLO, di antaranya peningkatan traffic rata-rata per bulan hingga 6x untuk Philips Avent dan 30x bagi Philips E-store.

Adapun 80% dari pengikut baru akun Philips Avent dan Philips E-store diperoleh secara organik melalui sesi live commerce.

Dion Purna Satwika Amudra, Country Consumer Marketing Manager Philips Personal Health, mengatakan, perusahaan memahami tantangan masyarakat saat ini, di mana mereka harus menyeimbangkan antara kesibukan diri dan keluarga serta lingkungan sosialnya.

"Kami senang dapat bekerja sama dengan mitra-mitra kami seperti SIRCLO untuk dapat memenuhi kebutuhan konsumen, baik melalui produk ataupun strategi pemasaran dan penjualan," tutur Dion.

Salah satu strategi pemasaran yang diimplementasikan oleh Philips dengan mengkombinasikan sesi live commerce streaming yang intensif serta program flash sale untuk periode terbatas sukses meningkatkan performa penjualan hingga dua kali lipat setiap bulannya.

Keberhasilan kolaborasi dan strategi live commerce yang diimplementasikan oleh SIRCLO menjadi wujud komitmennya untuk mendukung pemilik merek, seperti Philips, dalam mencapai hasil yang memuaskan dan meningkatkan performa penjualan merek.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News