Bugar

Lima Hal yang Perlu Diperhatikan Saat akan Lari Maraton

Lima Hal yang Perlu Diperhatikan Saat akan Lari Maraton

MOMSMONEY.ID - Tak hanya soal ketahanan fisik dan mental, sebelum lari maraton harus dilengkapi dengan pendekatan yang tepat untuk mengutamakan kesealamatan. Jelang Maybank Marathon 2023, Maybank berbagi tips untuk mendukung pengalaman lari marathon. 

Pertama, melakukan pemeriksaan kesehatan. Sebelum berlatih, cek dahulu kesehatan Anda dan diri Anda. Apakah di riwayat keluarga ada gangguan kesehatan seperti jantung, kolestrol, tekanan darah atau gula darah yang tidak normal. 

Oleh karena itu perlu menemui doker dan berdiskusi untuk mendapat saran terbaik. Hal ini penting karena untuk mengetahui risiko lari jarak jauh dan antisipasi hal yang tidak diinginkan. 

Baca Juga: Tips Minimalisasi Risiko Saat Olahraga Lari

Kedua, nutrisi yang cukup. Dengan konsumsi nutrisi seimbang juga mendukung performa lari menjadi maksimal.

Khususnya lagi adalah cairan yang dikonsumsi. Sebagai gambaran, pelari bisa menghabiskan sekitar 180-210 ml cairan dari tubuh setiap 15 berlari, sehingga perlu cairan yang cukup. 

Ketiga, melakukan pemanasan dan perengangan. Tentu sudah banyak yang tahu bahwa pemanasan penting dalam olahraga. Nah, apalagi untuk ajang marathon. Otot perlu dipersiapkan agar bisa bergerak lebih baik. 

Anda bisa mengawali dengan berjalan cepat dan beberapa gerakan perlahan seperti mendekatkan lutut ke dada atau memutar bahu. 

Keempat, dengarkan tubuh. Saat sedang berlari, tubuh biasanya memberikan sinyal bahwa mengalami kelelahan. Baiknya melkaukan latihan dengan teknik dan peralatan yang tepat serta imbangi dengan istrahat yang cukup. 

Tanda kelelahan bisa dengan nyeri dada, sakit kepala, maupun sesak nafas. Saat berlari jangan samapi menghentikan rasa ini dan segera berhenti untuk mengambil posisi istirahat. 

Terakhir, gunakan sepatu yang tepat. Ada sepatu yang memiliki fitur khusus sehingga mempengaruhi  aspek performa lari. Oleh karena itu,lengkapi persiapan Anda dengan memilih sepatu yang paling ringan dan nyaman tanpa teknologi kontrol pronasi. Sesuaikan dengan kebutuhan, gaya lari, serta berat badan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News