AturUang

Lifepal Dukung Literasi dan Akses Asuransi Masyarakat

Lifepal Dukung Literasi dan Akses Asuransi Masyarakat

MOMSMONEY.ID - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) telah menerbitkan serangkaian Surat Edaran OJK (SEOJK) 2025 yang menjadi tonggak transformasi industri asuransi nasional. Dalam keterangan resminya, Kepala Eksekutif Pengawasan Perasuransian, Penjaminan dan Dana Pensiun OJK Ogi Prastomiyono, menyampaikan bahwa penerbitan SEOJK bertujuan untuk membangun ekosistem asuransi kesehatan yang lebih berkualitas, mempercepat pelayanan bagi pemegang polis, serta memperkuat tata kelola perusahaan asuransi.

Dalam konteks asuransi kesehatan, beberapa poin penting yang diatur dalam SEOJK 2025 antara lain, kapabilitas digital, kapabilitas medis, Pembentukan Dewan Penasihat Medis (DPM), kebijakan co-payment, pemeriksaan kesehatan (MCU), dan koordinasi manfaat dan kampanye kesehatan.

Gayung bersambut, Benny Fajarai, Co-Founder marketplace asuransi Lifepal mengatakan, kebijakan OJK melalui SEOJK 2025 ini sebagai upaya strategis untuk memperkuat kepercayaan masyarakat terhadap asuransi. “Selain meningkatkan standar perlindungan konsumen, regulasi ini juga mendorong seluruh pelaku industri untuk mempercepat digitalisasi dan memberikan layanan yang lebih informatif, mudah dipahami, serta sesuai kebutuhan masyarakat,” kata Benny dalam siaran pers, Rabu (4/6).

Baca Juga: SEOJK Asuransi Kesehatan Terbit, Peserta Wajib Tanggung 10% Klaim Biaya Berobat

Sebagai bagian dari ekosistem distribusi asuransi digital, Lifepal memiliki peran strategis dalam memastikan masyarakat mendapatkan akses terhadap informasi produk yang akurat dan sesuai regulasi. Melalui fitur perbandingan produk, pengguna dapat memahami manfaat, risiko, dan biaya dari berbagai polis asuransi yang tersedia, sehingga dapat mengambil keputusan yang tepat.

Lebih dari itu, Lifepal secara aktif mendorong digitalisasi menyeluruh di industri asuransi. Bersama mitra asuransi, Lifepal menghadirkan proses pembelian dan pengelolaan polis yang sepenuhnya daring, mulai dari e-policy (polis elektronik) hingga layanan inspeksi online untuk asuransi mobil. Inisiatif ini sejalan dengan semangat SEOJK 2025 untuk mempercepat efisiensi dan memperluas akses terhadap layanan asuransi berbasis teknologi.

Proses di Lifepal dirancang sesederhana mungkin, ykni cukup jawab beberapa pertanyaan singkat di website, pengguna akan mendapatkan rekomendasi produk sesuai kebutuhan. Jika dibutuhkan, tersedia juga konsultasi gratis bersama konsultan berpengalaman yang siap membantu memilih perlindungan terbaik.

Dalam mendukung literasi publik, Lifepal telah menerbitkan lebih dari 1.000 artikel informatif di situs resminya. Materinya mencakup panduan menjaga kesehatan, pentingnya asuransi, hingga ulasan manfaat berbagai polis. Selain itu, edukasi terus diperkuat lewat konten media sosial yang dapat menjangkau masyarakat luas. Tujuannya tak hanya untuk menaikkan kesadaran, tapi juga mendorong inklusi keuangan melalui teknologi.

Harapannnya, kehadiran SEOJK 2025 menandai era baru bagi industri asuransi Indonesia yang lebih transparan dan berorientasi pada kepentingan konsumen. Sebagai marketplace asuransi digital, Lifepal siap menjadi mitra masyarakat dalam menghadapi perubahan ini, sekaligus memastikan bahwa setiap keluarga Indonesia dapat menikmati manfaat perlindungan asuransi secara optimal.

Baca Juga: Perusahaan yang Punya Produk Asuransi Kesehatan Perlu Miliki Dewan Penasihat Medis

Selanjutnya: Prediksi Susunan Pemain Indonesia untuk Lawan China di Kualifikasi Piala Dunia 2026

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News