Santai

Libur Sekolah, Wonderful Indonesia Co-Branding School Break 2024 Diluncurkan

Libur Sekolah, Wonderful Indonesia Co-Branding School Break 2024 Diluncurkan

MOMSMONEY.ID -  Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) melalui brand Wonderful Indonesia meluncurkan program Wonderful Indonesia Co-Branding School Break 2024 bertajuk Co-branding: Travel Responsibly.

Program ini diluncurkan untuk memperkenalkan pariwisata hijau dan berkelanjutan pada momentum libur sekolah. 

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan, program School Break ini menawarkan wisata edukasi sebagai pilihan alternatif selama libur sekolah.

Kegiatan ini berupaya memberikan pengalaman edukatif kepada wisatawan, khususnya mereka yang berusia muda mengenai dampak lingkungan dan pengolahan produk bekas menjadi sesuatu yang kreatif.

Menurutnya, akan ada empat kota yang akan dikunjungi pada Juni-Juli. " Jakarta AQuarium dan Safari, Saung Angklung Udjo Bandung, HeHa Stone Valley Yogyakarta, dan Beachwalk Shopping Center Bali,” kata Sandi, dalam keterangan tertulis, Senin (25/6).

Baca Juga: Moms Harus Tahu, Ini Cara Tepat Mencuci Sayuran Tanpa Bikin Gizi Jadi Hilang

Mengingat periode libur sekolah ini tidak hanya berlangsung di Indonesia, tapi juga di luar negeri, Sandiaga melihat ini sebagai potensi wisata alternatif bagi wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Indonesia.

Aktivasi ini melibatkan 21 mitra co-branding yang berkolaborasi sebagai penyedia venue, penyedia sampah produk, penyedia layanan waste management hub, penyedia layanan kargo, penyedia hadiah games, hingga pelaku upcycle pasca-event. 

Co-branding tersebut di antaranya Jakarta AQuarium dan Safari, Saung Angklung Udjo, HeHa Stone Valley, Beachwalk Shopping Center, Aice, Paxel, Dagadu Djokdja, Dama Kara, Bodypack, Pipiltin Cocoa, Finna Food, Lokalate, BEJO Jahe Merah, El Hotel Group, AVO Group, Rumah Atsiri Indonesia, homLiv, Gofress, Grab, Pala Nusantara, dan Bank Sampah Bersinar.

Deputi Bidang Pemasaran Kemenparekraf Ni Made Ayu Marthini, mengatakan bahwa pengunjung acara ini dapat melihat pameran instalasi upcycle yang menampilkan karya seni kreatif yang terbuat dari produk bekas pakai hasil aktivitas bisnis para mitra co-branding. 

“Kami juga punya bank sampah, ini juga akan membuat instalasi dengan sampah-sampah yang dikumpulkan, jadi akan banyak kegiatan yang kita lakukan bersama dengan mitra co-branding,” kata Made. 

Selain Pameran Instalasi Upcycle, pengunjung juga bisa belajar tentang waste management dan bermain games berhadiah. Event ini diharapkan menginspirasi terciptanya wisata hijau dan berkelanjutan bagi wisatawan.

Co-Founder Paxel, Zaldy Ilham Masita  pun ikut mendukung program Wonderful Indonesia yang berkaitan dengan isu keberlanjutan lingkungan. Paxel pun memiliki  Paxel Recycle yang sudah berjalan hampir tiga tahun. Setelah dihitung, program ini bisa mengumpulkan 9 juta karbon dari sampah-sampah bekas pengemasan e-commerce yang diserahkan ke bank sampah.

"Jadi ini kami support, sirkular ekonomi ini kita bisa buktikan memang benar-benar bisa berjalan, karena masalah lingkungan ini tidak hanya bagian dari sosial, jadi win-win secara bisnis bisa berputar,” kata Zaldy. 

Selanjutnya: Dikepung Sentimen Negatif, Cermati Prospek dan Rekomendasi Saham Emiten Ritel

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News