MOMSMONEY.ID - Pembayaran menggunakan Quick Response Code Indonesian Standard alias QRIS sudah makin umum digunakan saat ini. Mulai dari perbankan hingga dompet digital menyediakan fasilitas ini, termasuk DANA.
Saat ini, DANA mencatat terdapat sekitar 650.000 merchant DANA yang menggunakan QRIS DANA. "Tapi, DANA bisa dipakai di lebih dari 20 juta merchant QRIS di seluruh Indonesia juga," ujar Putri Dianita, VP of Communications DANA Indonesia.
DANA juga mencatat, transaksi QRIS dengan DANA terus meningkat. Dari Oktober 2021 hingga Oktober 2022 saja, transaksinya tumbuh 5 kali lipat dengan nilai transaksi yang tumbuh 4,5 lipat.
Melihat pertumbuhan penetrasi pengguna dompet digital yang terus meningkat di Indonesia, Putri pun optimistis penggunaan QRIS masih akan tumbuh hingga akhir tahun maupun tahun-tahun berikutnya. DANA pun melakukan berbagai upaya untuk mendorong penggunaan QRIS.
Baca Juga: Diluncurkan Ulang, Ini Tarif Baru Twitter Blue dan Bedanya dengan Versi Biasa
Putri mengatakan, sesuai dengan komitmennya, DANA mengedepankan edukasi dan kolaborasi untuk mengoptimalkan manfaat yang dimiliki QRIS kepada seluruh pengguna.
Selanjutnya, keunggulan DANA dengan konsep open platform ecosystem atau platform ekosistem terbuka, memungkinkan DANA untuk berintegrasi dengan seluruh ekosistem ekonomi digital.
"Dengan ekosistem terbuka, dapat menjangkau lebih dari 130 juta pengguna, 650.000 UMKM, hingga 5.000 mitra online, termasuk mitra global," kata Putri.
Menurutnya, konsep ekosistem terbuka yang dimiliki DANA juga mampu menghasilkan banyak manfaat untuk seluruh ekosistem ekonomi digital, agar terus tumbuh beriringan seraya, menyesuaikan diri dengan perubahan pasar, atau menangkap peluang baru yang hadir di era digitalisasi.
Baca Juga: Dukung Pencegahan Penyakit Tidak Menular, Roche Keluarkan Inovasi Ini
DANA pun mendukung berbagai inisiatif regulator dan pemerintah yang berkaitan dengan QRIS, seperti ikut berkontribusi dalam penyelenggaraan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (BBI) untuk memajukan UMKM melalui digitalisasi pembayaran selama masa pandemi.
DANA juga berkolaborasi dengan komunitas hingga pemerintah daerah di beberapa wilayah untuk memberikan edukasi mengenai digitalisasi pembayaran bagi UMKM, yang dikemas dalam inisiatif sosial, DANA Academy.
"Yang terbaru, DANA ikut menghadirkan Natuna Digital Islands di Kepulauan Natuna yang termasuk ke dalam area 3T (Tertinggal, Terdepan, dan Terluar) untuk memperluas akses layanan keuangan digital lewat teknologi inklusif yang DANA miliki," terang Putri.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News